Bacaan Doa Ayat Kursi Lengkap Arab, Latin dan Arti Terjemahanya

Doa Ayat Kursi – Ayatul Kursi atau Ayat Singgasana merupakan ayat yang paling agung dalam Al Quran. Ayat ini merupakan ayat ke-255 dari Surah Al-Baqarah. Ayat ini berisi keesaan Tuhan serta Kekuasan Allah yang mutlak atas segala sesuatu dan bahwa Dia tidak memiliki kesulitan sedikitpun dalam memeliharanya. Bacaan Ayat Kursisangat dianjurkan dibaca setelah selesai Sholat Fardhu 5 Waktu, karena Ayat ini biasanya menjadi pendamping sebelum Berdoa.

Bacaan Ayat Kursi Lengkap Arab, Latin dan Arti Terjemahanya

Hukum membaca ayat kursi merupakan dianjurkan dan baik untuk kita. Namun, Hukum membaca Ayat Kursi ketika Sholat memiliki daya hukum yang berbeda.

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآَنِ

Artinya: “Maka bacalah apa yang mudah dari Al-Quran.” (Qs. Al-Muzammil: 20)
Maksudnya adalah di dalam shalat (Ma’alimut Tanzil, Al-Baghawy 8/257)

Dengan begitu Hukum membaca Ayat Kursi dalam Sholat setelah membaca Al-Fatihah adalah Diperbolehkan.

Hikmah, Keutamaan dan Manfaat Membaca Ayat Kursi

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran
Dalam beberapa hadits diriwayatkan, ada yang bercerita bahwa pernah pada suatu Waktu Ubay bin Ka’ab menanyakan kepada Rasulullah SAW mengenai “Ayat Mana yang paling diagungkan dalam Al-Qur’an?” Rasulullah menjawab “Ayat Kursi”.

Beberapa alasan mengapa Ayat Kursi masuk dalam ayat yang paling Agung adalah karena Ayat Kursi mengandung nama Allah yang paling Agung, tentang Keesaan Allah serta beryakin diri bahwa tidak ada kesulitan bagi Allah dalam mengatur apa yang ada di langit dan bumi.

2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi
Rasulullah bersabda ‘Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi” H.R. Bukhori dan Muslim. Maka Ayat Kursi memiliki kedudukan  lebih Agung dari Langit dan Bumi.

3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur
Rutinkanlah berdzikir sebelum tidur, karena itu yang dianjurkan oleh Nabi. Ayat Kursi bisa menjadi bacaan dzikir yang harus dibaca sebelum tidur. Karena ada hadits yang mengatakan bahwa Ayat Kursi merupakan amalan agar kita dijaga Allah dari setan serta tidak akan berani setan mendekatimu hingga waktu pagi.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Yang lebih untungnya adalah Ayat Kursi memiliki ayat yang tidaklah panjang. Sehingga para pembaca dapat menghafalnya dengan Mudah.

Kapan Ayat Kursi Dibaca ?

3 Waktu Utama untuk membaca Ayat Kursi :

  1. Ketika masuk waktu Pagi dan Petang
  2. Ketika Sebelum Tidur
  3. Ketika setelah Sholat Fardhu 5 waktu.

Beberapa Khasiat dan Manfaat Dahsyat dari Ayat Kursi

  1. Mempertajam Pikiran, Ingatan dan Akal kita. Khasiat ini pertama kali di populerkan oleh Syeikh Abu Abbas yang meniupkan lebih dari 50 kali Ayat Kursi pada sebuah Air Hujan. Kemudian di minum airnya, maka akal dan pikiran kita lebih terbuka, dan lebih mudah mencerna pengetahuan Baru.
  2. Dijauhkan dari Godaan Syetan dengan cara membaca ayat kursi pada masuk waktu Pagi dan Petang.
  3. Memberikan pengaruh Rezeki, ketika Anda mengamalkan 18 kali Ayat Kursi.
  4. Dijauhkan dari Kejahatan, ketika Anda membaca Ayat Kursi pada Hari Jum’at.
  5. Ketika dalam bepergian, dijauhkan dari kekafiran selama perjalanan.
  6. Diberikan keselamatan ketika perjalanan.
  7. Mendapatkan Cinta dan Sayang dari Rasulullah SAW.
  8. Menjadi bekal diri bagi Orang tersebut, bisa sebagai senjata dari segala kejahatan.
  9. Menjadi Benteng bagi diri sendiri.
  10. Saat dibaca ketika tidur, maka Rumah tersebut akan dijaga oleh Allah SWT.

Teks Bacaan Ayat Kursi Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Bacaan Arab Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Latin Ayat Kursi

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU.
LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM.

LAHUU MAA FISSAMAA WAATI WA MAA FIL ARDHI.
MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI.
YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM.
WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A.
WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA.

WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM

Arti Bacaan Ayat Kursi

Allah,
Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Video Lafadz Ayat Kursi

Demikian Artikel mengenai Bacaan Ayat Kursi Lengkap Arab, Latin dan Arti Terjemahanya. Jika ingin menambah pahala, silahkan klik bagikan artikel ini kepada teman, saudara dan keluarga melalui sosial media. Semoga bermanfaat untuk kelancaran ibadah puasa para pembaca.