Bacaan Doa Setelah Membaca Al Quran Lengkap Arab Latin Dan Terjemahannya

Doa Setelah Membaca Al Quran – Al-Quran merupakan sebuah kitab suci bagi agama islam dan merupakan kitab penyempurna dari agama-agama sebelumnya. Apabila Anda selesai membaca al-quran, maka ada doa setelah membaca al-quran lengkap arab latin dan terjemahannya yang harus diketahui dan dipraktekkan sehari-hari. Doa yang dibaca setelah mengaji ini bertujuan agar mendapatkan syafaat dari ilmu al-quran yang telah dibaca.

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al-Qur'an
Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al-Qur’an

Doa setelah membaca al-quran bisa Anda pelajari dan kemudian dipraktekkan secara benar. Dengan adanya doa ini diharapkan setiap umat muslim yang selesai membaca al-quran dapat memahami isi dan maksud dari kitab suci yang langsung diturunkan oleh Allah SWT. kepada umatnya melalui wahyu yang diberikan kepada rasullullah SAW. Doa tersebut juga merupakan suatu permohonan kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan dalam membaca dan mempelajari kitab suci al-quran.

Doa-Doa dalam Membaca Al-Qur’an

Dalam agama islam sangat dianjurkan untuk umat muslim membaca doa setelah baca quran yang tujuannya untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Agar ilmu yang diperoleh dari membaca al-quran mendapatkan keberkahan dan bermanfaat, maka bacalah doa yang dianjurkan oleh ulama dan imam besar dalam islam. Doa-doa tersebut diantaranya adalah :

Doa Sebelum Membaca Al-Quran

Sebelum mempraktekkan doa setelah membaca al-quran lengkap arab latin dan terjemahannya, Anda sebaiknya membaca doa sebelum memulai membaca al-quran agar dipermudah dan dilancarkan bacaannya oleh Allah SWT. Bagaimana doanya? Doa yang bisa diucapkan adalah sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Setelah Membaca Al-Quran

Bacaan doa setelah membaca al-quran sesuai sunnah biasanya diucapkan untuk mendapatkan syafa’at ilmu dari apa yang Anda baca.  Bacaan doa semacam ini juga biasa dilantunkan saat kegiatan khataman al-quran atau saat-saat ketika seseorang telah menuntaskan bacaannya. Dalam agama islam, doa bacaan setelah mengaji ini sangat bagus untuk dibaca dan dipraktekkan agar memperoleh manfaat, syafa’at dan kebaikan dari kegiatan yang Anda lakukan. Berikut doa bacaannya :

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ

. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً

. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ

. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ

. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahummarhamnii bil qur’aani. Waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohmah. Allaahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu. Warzuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaar. Waj’alhu lii hujjatan yaa rabbal ‘aalamiina.

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Baik sebelum ataupun setelah membaca al-quran, telah diberikan doa-doa yang baik agar ilmu yang diperoleh mendapatkan keberkahan yang melimpah dari Allah SWT. Doa setelah membaca al-quran lengkap arab latin dan terjemahannya beserta doa sebelum membaca al-quran telah disajikan pada ulasan di atas. doa ini bisa Anda pakai agar terbiasa.