Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Berpuasa pada hari senin dan kamis merupakan amalan positif yang sangat bermanfaat bagi kita. Berpuasa termasuk ibadah yang tujuannya langsung ke Allah SWT. Selain itu, berpuasa senin kamis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, bahka ini sudah terbukti melalui medis. Sehingga insyaAllah dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit.

Daftar Isi

  • Hukum dan Dalil Puasa Senin Kamis
  • Hukum Puasa Senin Kamis Tidak Sahur
  • Hikmah dan Manfaat Puasa Senin Kamis
  • Bacaan Arab Niat Puasa Senin
  • Bacaan Latin Niat Puasa Senin
  • Arti Bacaan Niat Puasa Senin
  • Bacaan Arab Niat Puasa Kamis
  • Bacaan Latin Niat Puasa Kamis
  • Arti Bacaan Niat Puasa Kamis
  • Niat Berbuka Puasa Senin Kamis
  • Video Lafadz Niat Puasa Senin Kamis

Hukum dan Dalil Puasa Senin Kamis

Adapun Hukum berpuasa Senin Kamis adalah Sunnah yang disukai Nabi Muhammad SAW.

[Dalil pertama]

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”

[Dalil kedua]

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”

[Dalil ketiga]

Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.”

Hukum Puasa Senin Kamis Tidak Sahur

Sahur merupakan kegiatan yang dilakukan agar kita kuat dalam menjalankan Puasa seharian. adapun Hukum Puasa bagi orang yang tidak Sahur adalah Tetap Sah.
Bagaimana Hukum Puasa Senin Kamis Tidak Sahur ? Diambil dari berbagai kisah, Rasulullah SAW seringkali berniat puasa setelah saat siang hari tidak ada makanan. untuk itu, Baginda langsung berniatkan untuk Berpuasa.

Hikmah dan Manfaat Puasa Senin Kamis

  1. Peremajaan Sel Kulit
    Awalnya saya kurang begitu percaya mengenai manfaat yang satu ini, akan  tetapi pandangan saya berubah ketika bertemu dengan kawan saya yang sekarang menjadi lebih cantik dan bersih. Kemudian saya tanya, apa rahasia dia, kok sekarang bisa menjadi lebih putih dan bersih? Kemudian ia menjawab kalau ia mulai rajin berpuasa senin kamis setelah lulus. Ia bercerita mendapat tips tersebut dari dokter kecantikan yang bilang bahwa ini adalah rahasia dokter. Karena sejatinya, tubuh kita memiliki sistem mereparasi dengan sendirinya, akan tetapi sering terhambat karena zat-zat dari aktifitas kita yang kurang baik.
  2. Mengeluarkan Racun Pada Tubuh
    Racun pada tubuh dapat masuk ketubuh melalui makanan. untuk itu, kita perlu mengeluarkannya dengan mengatur pola makan. dengan begitu, lemak yang masuk ke tubuh kita juga berkurang. sehingga racun-racun baru berkurang karena kita berpuasa. Mengapa makanan kita terdapat racun ? penggunaan bahan kimia pada makanan lah yang berperan memasukkan racun ke tubuh kita sehari-hari sehingga akan mengumpul dan terus mengumpul menjadi penyakit seperti kanker dan lain sebagainya.
  3. Menurunkan Kadar Lemak
    Salah cara diet paling efektif adalah berpuasa, ini sudah di buktikan oleh medis. dimana menahan makan merupakan cara yang bagus bagi tubuh untuk membakar lemak-lemak cadangan. secara logika, untuk dapat menurunkan berat badan adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh lebih tinggi daripada jumlah kalori yang masuk melalui makan kita sehari-hari. dengan begitu, defisit kalori ini secara otomatis diambilkan oleh tubuh ke cadangan lemak kita. alhasil, lemak-lemak pada tubuh berhasil dimanfaatkan. dan membuat tubuh kita bisa lebih ramping.
 

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Adapun tata cara puasa senin kamis adalah sama dengan puasa-puasa lainnya serta puasa romadhon. yaitu berpuasa dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari (maghrib). pada saat itu, kita dilarang untuk makan, minum dan menahan hawa nafsu.
 
Perbedaan dengan puasa sunnah dan puasa wajib Ramadhan adalah terletak pada niatnya dan waktu berniatnya. Waktu berniat pada Senin Kamis diperbolehkan dilakukan saat setelah matahari terbit. Karena Rasulullah seringkali melakukan niat puasa saat menyadari tidak ada makanan yang tersaji.
 

Bacaan Arab Niat Puasa Sunnah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Puasa Sunnah Hari Senin

 NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Arti Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Senin

Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala

Bacaan Arab Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

 NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Arti Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Niat Berbuka Puasa Senin Kamis

 Lafadz Niat Arab Berbuka Puasa Senin Kamis

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

 Niat Latin Berbuka Puasa Senin Kamis

Allaahumma laka shumtu wa ‘alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.
 Arti Niat Berbuka Puasa Senin Kamis
Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Video Lafadz Niat Puasa Senin Kamis

Demikian Artikel mengenai Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya. Jika ingin menambah pahala, silahkan klik bagikan artikel ini kepada teman, saudara dan keluarga melalui sosial media. Semoga bermanfaat untuk kelancaran ibadah puasa para pembaca.

Tags: