Bacaan Tahiyat Awal Dan Tahiyat Akhir Arab Latin Dan Artinya Lengkap

Bacaan Sholat Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir –  sering disebut juga dengan sebutan duduk tasyahud awal dan tasyahud akhir. Untuk sholat yang terdiri dari 4 rakaat, maka tahiyat awal dibaca pada rakaat kedua, sedangkan tahiyat akhir dibaca pada rakaat ke 4. Untuk sholat yang terdiri dari 3 rakaat, maka tahiyat wal dibaca pada rakaat ke 2 dan tahiyat akhir dibaca pada rakaat ke 3. Adapun untuk sholat yang tediri dari 2 rakaat, maka tahiyat awal pada rakaat kedua tidak perlu dibaca, artinya pada rakaat ke 2 ini Anda dapat langsung membaca bacaan tahiyat akhir/tasyahud akhir.

Tata Cara Tasyahud Awal Dalam Salat

Pada rakaat kedua, setelah sujud kedua, disyariatkan untuk duduk tasyahud awal dan membaca doa tasyahud awal. Duduk tasyahud awal dan doanya, keduanya hukumnya wajib. Cara duduk tasyahud awal adalah dengan duduk iftirasy, sama seperti duduk di antara dua sujud, yaitu telapak kaki kiri dibentangkan dan diduduki, kemudian telapak kaki kanan ditegakkan. Ketika tasyahud, jari telunjuk tangan kanan berisyarat ke arah kiblat dan pandangan mata ke arah jari telunjuk tersebut.

Bacaan Doa Tahiyat Awal

Bacaan Doa Tahiyat Awal Arab

Bacaan Tahiyat Awal Arab Latin dan Terjemahan
Bacaan Tahiyat Awal Arab Latin dan Terjemahan

Bacaan Doa Tahiyat Awal Latin

At’tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. As-salaamu’alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullaah. allaahumma shalli’alaa sayyidinaa muhammad.

Arti Doa Tahiyat Awal

“Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas engkau wahai Nabi Muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh – shaleh.

Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahilah rahmatMu kepada Nabi Muhammad.”

Tata Cara Tasyahud Akhir Dalam Salat

Tasyahud akhir dilakukan setelah sujud kedua pada rakaat paling terakhir dalam salat. Duduk tasyahud akhir dan bacaannya adalah rukun salat.  Cara duduk tasyahud akhir adalah dengan duduk tawarruk, yaitu duduk di lantai, kedua kaki diletakkan di sebelah kanan pinggang, kaki kiri dibentangkan, sedangkan kaki kanan ditegakkan.

Bacaan tasyahud akhir sama dengan bacaan tasyahud awal hanya saja ada tambahan shalawat.

Bacaan Doa Tahiyat Akhir

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Arab

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ 

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Latin

Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu laillah. Assalamu’alaika aiyuhan nabiyu warahmatullayhi wabarakatuh. Assalamu’alaina wa’la ‘ibadillahis salihin. Asyahadu alla illaha illallah. Wa’asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma solli’ala sayyidina muhammad. Wa’ala ali sayyidina muhammad. Kama sollaita’ala sayyidina ibrahim wa’ala ali sayyidina ibrahim. Wabarik ‘ala sayyidina muhammad wa’ala ali sayyidina muhammad. Kama barakta ‘ala sayyidina ibrahim wa’ala alisayyidina ibrahim. Fil ‘alamina innaka hamidummajid.

Arti Bacaan Doa Tahiyat Akhir

“Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. Keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh – shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. Dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. Ya allah! limpahilah rahmatmu kepada nabi muhammad. Ya allah! limpahilah rahmat atas keluarga nabi muhammad. Sebagai mana telah engkau beri rahmat kepada nabi ibrohim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas nabi muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada nabi ibroohiim dan keluarganya. Bahwasanya engkau tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

Demikian Artikel mengenai Tata Cara dan Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir. Semoga Bermanfaat untuk kalian belajar sholat. Terima Kasih.