Bermacam-macam Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Bulan ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia. karena pada bulan tersebut, semua pahala yang dilakukan oleh umat muslim dilipat gandakan oleh Allah SWT. Ada beberapa kumpulan doa menyambut bulan puasa ramadhan yang umum diucapkan oleh sebagian besar umat muslim karena sangat bahagia dengan datangnya bulan penuh keberkahan tersebut. Sebagian besar ulama juga sering memberikan ilmu atau pengetahuan tentang doa menyambut bulan ramadhan kepada jama’ahnya untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi amal jariyah.

Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Doa menyambut bulan puasa ramadhanada beberapa macam yang bisa Anda hafalkan dan ucapkan ketika bulan ramadhan akan tiba. Doa ini sangat dianjurkan karena menyimpan banyak arti yang mendalam tentang rasa syukur kita karena akan dipertemukan kembali pada bulan suci yaitu ramadhan. Puasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban setiap umat muslim yang mampu dan memenuhi syarat syah wajib puasa. Setiap ibadah yang dilakukan pada bulan puasa akan dilipat gandakan berkali-kali, maka sayang jika bulan ramadhan dilewatkan begitu saja.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Ada beberapa doa sebelum puasa ramadhan yang dapat dihafalkan dan bisa diajarkan kepada anak, saudara atau orang-orang disekitar agar ilmu yang kita punya dapat bermanfaat bagi orang lain. Adapun doa menyambut bulam suci ramadhan diantaranya yaitu :

Doa Sebelum Datangnya Bulan Ramadhan

Datangnya bulan ramadhan adalah salah satu berkah yang luar biasa karena itu tandanya Allah masih mengizinkan kita untuk bertemu dengan bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Oleh karena itu, ada salah satu ucapkan doa menyambut ramadhan yang disunnahkan, doanya sebagai berikut :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ

وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

Sangat mudah bagi Allah untuk mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan umat-Nya. Oleh karena itu, jangan pernah berputus asa dalam berusaha dengan diiringi oleh doa untuk meminta keberkahan disetiap langkah agar selalu dilindungi oleh Allah SWT. Doa tersebut adalah doa meminta keberkahan di bulan Rajab, bulan Sya;ban hingga bulan Ramadhan yang bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan berkah di tiga bulan tersebut.

Doa Memohon Dipertemukan Ramadhan

Doa menyambut bulan puasa ramadhan ada beberapa contoh yang bisa dihafalkan. Untuk doa ini tujuannya untuk dipertemukan pada bulan suci ramadhan dan diterima amalan-amalan saat bulan ramadhan oleh Allah SWT. Adapun doanya adalah :

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ

وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ

وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Artinya :

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif, 148)

Doa  Hari Pertama Di Bulan Ramadhan

Allahummaj’al shiyaamii fiihi shiyaamash shaaimiin, waqiyaamii fiihi qiyaamal qaaimiin, wanabbahni fiihi ‘an nawmatil ghaafiliin, wahablii jurmii fiihi yaa ilahal ‘aalamiin, wa’fu annii yaa ‘aafiyan ‘anil mujrimiin.

Artinya :

“Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini sebagai puasa orang-orang yang berpuasa sebenarnya, shalat malamku di dalamnya sebagai orang yang shalat malam sebenarnya, bangunkan daku di dalamnya dari tidurnya orang-orang yang lalai. Bebaskan aku dari dosa-dosaku wahai Tuhan semesta alam. Maafkan aku wahai Yang Memberi ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa.”

Doa ini diucapkan agar amalan-amalan Anda selama bulan puasa bisa diterima oleh Allah dan menjadi amalan yang mendapatkan keberkahan.

Doa menyambut bulan puasa ramadhan tersebut bisa Anda praktekkan ketika menjelang datangnya bulan puasa ataupun pada saat hari pertama puasa untuk mendapatkan ampun dan keberkahan serta limpahan pahala yang dilipat gandakan oleh Alah SWT.

Tags: