Doa Ketika Direprepi atau Ketindihan Saat Tidur

Doa Ketika Direprepi– Jika Anda dalam keadaan tidur, tentunya pernah terbangun dalam keadaan tubuh tidak bisa digerakkan. Seperti ada sesosok makhluk hitam besar dan berat yang menindihi tubuh Anda, sehingga Anda merasa berat dan tubuh sangat sulit digerakkan. Bahkan Anda sulit berbicara untuk meminta tolong supaya segera dibangunkan dari tidur. Orang yang mengalami ini seperti mimpi buruk dan akan merasa takut.

Doa Ketika direprepi atau Ketindihan
Doa Ketika direprepi atau Ketindihan

Jika Anda mengalami reprepan, maka tidak perlu khawatir karena hampir semua orang pernah mengalami. Reprepan ini bisa terjadi karena jin, namun bisa dijelaskan secara ilmiah. Tindihan dapat terjadi karena faktor fisik yang lelah, faktor pikiran stress, atau faktor rukhiyah seperti lupa berdoa.

Sebaiknya anda berdoa sebelum tidur seperti yang telah diajarkan dalam Islam. Hal ini supaya jin tidak bisa menganggu Anda ketika tidur. Dengan berdoa, juga dapat membantu mengatasi susah tidur malam hari dan mencegah mimpi buruk. Namun, jika anda tetap mengalami tindihan, maka segeralah membacadoa ketika direprepi tindihan saat tidur. Supaya, tindihan tidak terulang lagi ketika anda hendak tidur kembali.

Doa Ketika Reprepan atau Tindihan Saat Tidur

Reprepan atau tindihan merupakan suatu kejadian dimana tubuh Anda terasa kaku, berat, tidak bisa digerakkan, bahkan Anda tidak bisa membuka mata atau menjerit. Agar anda tidak mengalami reprepan, tentunya harus berdoa sesuai yang telah diajarkan dalam Islam. Simak juga doa ketika reprepan tindihan saat tidur berikut ini.

Fenomena Reprepan atau Tindihan

Reprepan saat tidur dapat disebabkan oleh jin, namun ini bisa dijelaskan secara medis. Dalam medis, reprepan disebut sleep paralysis atau tidur lumpuh. Hal tersebut karena saat tidur tubuh tidak bisa digerakkan dan seperti lumpuh dimana mekanisme otak dan tubuh saling bertubrukan. Atau bisa disebut setengah sadar dan setengah tidur. Itulah yang membuat Anda merasa kaku, sulit bergerak, dan bernafas.

Tindihan dapat disebabkan banyak hal. Secara medis tindihan disebabkan oleh tubuh yang sangat lelah, kurangnya waktu tidur, faktor stress, pengaruh obat, dan perubahan pola tidur. Reprepan juga dapat terjadi jika Anda tidak membaca doa sebelum tidur.

Cara Mencegah Reprepan

Saat reprepan menimpa anda, sebaiknya anda tidak panik dan tarik napas supaya merasa santai, kepalkan tangan Anda secara perlahan untuk mengendurkan kelumpuhan. Hal penting ketika sudah sadar yaitu bacalah doa dan segera bangun kemudian ambil air wudhu.

Untuk mencegah reprepan menimpa anda, Islam mengajarkan doa-doa sebelum tidur. Selain itu membaca bacaan yang dianjurkan Rasulullah menjelang tidur. Dianjurkan juga untuk membaca Surat Al-Fatikhah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Setelah itu bacalah ayat kursi dan bertasbih kepada Allah. SWT.

Doa Ketika Reprepan Saat Tidur

Walaupun sudah dijelaskan bahwa tindihan reprepan adalah gejala medis, namun tidak menutup kemungkinan adanya jin yang mengganggu Anda saat tidur dan membuat mimpi yang tidak baik.  Jika Anda mengalami tindihan, setelah tersadar hendaknya membaca doa agar tidak diganggu setan. Inilah Doa ketika direprepi tindihan saat tidur.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ

A’udzu bikalimatillahit tammati min ghodlobihi waiqobihi, wasyarri ibaadihi, wa min hamazaatis syayatiini wa ayyahdluruna

Artinya :

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari godaan setan serta jangan sampai setan mendatangiku(HR. Abu Dawud 4/12. Shahih Tirmidzi 3/171)

Itulah doa ketika reprepan tindihan saat tidur.Silahkan amalkan doa tersebut ketika reprepan. Membaca doa sebelum tidur untuk mencegah reprepan atau tindihan terjadi pada Anda dan supaya tidur Anda nyaman dan dilindungi oleh Allah SWT dari jin dan setan yang menganggu.