✅ Kumpulan Doa Setelah Istinja atau Cebok Buang Air Besar, Kencing Atau Berak

Doa Istinja– Semua kegiatan sehari-hari umat islam tentu sudah diatur dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat agar mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT. Adab-adab tersebut termasuk mengatur tentang doa setelah cebok istinjak kencing atau berak yang telah tersedia disetiap ilmu doa keseharian umat muslim. Jika Anda sudah mempunyai ilmunya, jangan lupa untuk dipraktekkan dan diajarkan kepada sesama umat muslim. Karena hakekat sebenarnya dalam ilmu adalah untuk diajarkan dan sebarluaskan agar dapat bermanfaat bagi umat muslim yang lainnya.

Ada beberapa macam doa setelah cebok istinja kencing atau berak yang diajarkan dalam fikih agar setiap kegiatan selalu melibatkan Allah SWT. di dalamnya. Doa ini juga berarti meminta pertolongan dan ridho Allah untuk senantiasa di lindungin dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di dunia. Jika Allah ridho, maka semua hal akan menjadi mudah dan berjalan dengan lancar.

Niat Niat Istinja Beserta Tata Caranya

Berikut adalah Tata Cara Istinja yang Baik dan Benar.

1. Berniat Istinja terlebih dahulu

nawaitu istinja minal bauli wal ghaiti

2. Setelah buang air kecil, disunnahkan untuk berdehem beberapa kali.

3. Urutlah kemaluan dari pangkal ke ujung batang bagian bawah beberapa kali hingga tidak ada lagi air kecing.

4. Setelah yakin tidak ada lagi air yang tersisa, basuhkan dengan air.

Doa Setelah Buang Air Besar dan Buang Air Kecil

Doa-doa dalam agama islam sangat penting untuk dihafalkan dan diajarkan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Doa-doa setelah buang air besar maupun kecil sangat dianjurkan untuk dibaca agar terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun beberapa doanya antara lain :

Doa Setelah Berak, Istinja atau Buang Air Besar

Sebagai informasi yang sangat penting, ternyata setelah Anda membuang kotoran dalam tubuh seperti halnya buang air besar atau kecil dianjurkan untuk membaca doa. Doanya adaah sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ حَسِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاخِشِ وَظَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ

Allaahumma hassin farjii minal fawaahisyi wa thahhir qolbii minan nifaaqi

Artinya : “Ya Allah bersihkanlah farjiku (kemaluan) dari keburukan dan bersihkan hatiku dari nifaq (kemunafikan).”

Doa Istinja

Doa sebelum istinja tersebut dibaca saat Anda selesai buang hajat, hal ini bertujuan agar Allah SWT. melindungi dimanapun Anda berada dan mengabulkan doa-doa Anda. Jika sudah terbiasa membaca doa seperti ini, maka keberkahan akan selalu menyertai Anda.

Doa Setelah Buang Air Kecil atau Kencing

Doa setelah cebok istinja kencing atau berak yang sering diucapkan dan diajarkan serta menurut para imam atau ulama besar doanya adalah :

اللهـّـــمّ طهـّـر قلبى من النّفاق وحصـّــن فرجى من الفواحش

“Allahumma Thahhir Qalbii Minan Nifāq wa Haṣṣin Farjī Minal Fawahisy”

Artinya . “Ya Allah sucikanlah hatiku dari kemunafikan dan jagalah farjiku dari perkara-perkara keji/zina”.

Setelah Anda membuang air besar atau buang air kecil, sebaiknya membaca doa di atas hanya di dalam hati saja. Hal tersebut karena posisi Anda masih di dalam kamar mandi yang notabennya tidak boleh membaca dan membawa lafadz Allah.

Membaca Hamdallah

Bacaan doa istinja alhamdulillah biasanya selalu dibaca setelah melakukan aktivitas apapun dalam keseharian. Hal ini juga berarti mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. membaca hamdallah di akir kegiatan juga dianurkan karena terdapat keberkahan di dalamnya. Alhamdulillah berarti segala puji bagi Allah SWT. bersyukur atas nikmat Allah yaitu berupa kesehatan dan kelancaran termasuk kelancaran dalam melakukan kegiatan pembuangan kotoran di dalam tubuh. karena jika tidak dikeluarkan secara rutin maka, kotoran dalam tubuh akan menjadi racun yang merugikan bagi tubuh itu sendiri.

Doa setelah cebok istinja kencing atau berak yang telah dijelaskan di atas, dianjurkan oleh ulama dan imam-imam besar untuk dibaca setelah buang air kecil maupun besar agar mendapatkan ridho dan perlindungan dari Allah SWT. Doa ini berarti bahwa kita memohon perlindungan untuk hati dan pikiran agar selalu lurus dalam jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.