✔ Doa Mohon Keluarga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

1 min read

Menikah adalah menurut agama islam adalah suatu ibadah. Maksud ibadah disni yaitu semua yang dilakukkan dalam pernikahan selama itu baik adalah suatu ibadah. Laki-laki dan perempuan yang telah siap lahir dan batin diharuskan segera menikah agar terlindungi dan tenang hidupnya.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.”(QS. an-Nur: 32).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:

“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku berarti bukan dari golonganku. Hendaklah kalian menikah, sungguh dengan jumlah kalian aku akan berbanyak-banyakkan umat. Siapa memiliki kemampuan harta hendaklah menikah, dan siapa yang tidak hendaknya berpuasa, karena puasa itu merupakan tameng.”

Setelah menikah tentunya menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan wa rahmah adalah suatu impian semua. Walaupun nantinya dalam keluarga akan banyak cobaan yang dihadapi, tapi itu bukanlah masalah tanpa solusi. Agar keutuhan keluarga terjaga tentunya perlu kerjasama keduanya untuk menyelesaikan setiap masalah. Doa mohon keluarga sakinah mawadah wa rahmah bisa Anda panjatkan agar masalah yang dihadapi dapat menemukan solusinya.

Doa Agar Keluarga Sakinah Mawadah dan Wa Rahmah

Setelah selesai solat fadhu dan sunah, Anda bisa memanjatkan doa mohon keluarga sakinah mawadah wa rahmah dengan sungguh-sungguh. Berikut doanya:

Doa Mohon Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Artinya:

“Yaa Allah, rekatkanlah kami, perbaikilah hubungan kami, tunjukkan kepada kami jalan-jalan keselamatan. Selamatkan kami dari kegelapan menuju cahaya dan jauhkanlah kami dari segala kemungkaran yang nampak maupun tersembunyi. Berkahilah kami dalam pendengaran, pengelihatan, hati, pasangan hidup dan keturunan kami. Terimalah taubat kami, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Taubat dan Maha Penyayang. Jadikanlah kami orang-orang yang bersyukur atas segala nikmat-Mu, memuji nikmat-Mu dan menerima nikmat-Mu, maka sempurnakanlah nikmat-Mu atas kami. Dan semoga keselamatan tercurahkan kepada nabi kami Muhamad dan atas keluarganya dan para sahabatnya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam“.

Berdasarkan ayat tersebut terdapat bacaan “litaskunu” yang memiliki arti sakinah mawaddah dan rohmah. Sehingga dapat diartikan dari ketika kata tersebut yaitu hubungan keluarga yang tentram, damai, harapan, dan cinta kasih. Menurut Hasan Al-Basri, mawaddah mengandung arti bahwa pernikahan atau keluarga memiliki penggeraknya agar terus berputar atau berkelanjutan. Penggerak yang dimaksud yaitu jujur, member hadiah, mengingat kebaikan, dan menjalin komunikasi yang baik. Sikap saling menjaga, saling membantu, melindungi dan memahami kewajiban dan hak merupakan arti dari Rahmah.

Doa ini dapat anda amalkan sebanyak 1 kali setelah selesai sholat sunnah maupun fardhu. Jika doa ini dia amlakan secar terus-menerus, maka Insya Allah doa mohon keluarga sakinah mawadah wa rahmah akan terkabul.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah atas diri kami, harta dan agama kami. Yaa Allah, ridhoilah kami dari ketetapan-Mu. Berilah keberkahan kepada kami atas segala apa-apa yang telah Engkau putuskan, sehingga kami tidak suka mempercepat apa yang Engkau akhirkan dan tidak pula mengakhirkan apa yang telah Engkau percepatkan“.

Demikian pembahasan mengenai doa mohon keluarga sakinah mawadah wa rahmah. Semoga dengan adanya bacaan ini dapat menambah wawasan anda dan menjadi keluarga yang harmonis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *