Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab Latin Dan Artinya

1 min read

Doa Untuk Kedua Orang Tua – Mendoakan orangtua sudah menjadi kewajiban seorang anak sebagai bentuk bakti kepada orangtua. Terkadang anak seirng melupakan hal ini. Orangtua yang sudah merawat dan membesarkan kita mungkin tidak akan pernah meminta balasan yang setimpal atas apa yang sudah mereka lakukan terhadap kita. Namun, sebagai anak pasti ada perasaan ingin sekali membahagiakan orangtua. Selain melihat kita berhasil, tentu kita tidak ingin orangtua kita celaka. Naudzubillahimindzalik.

 

Doa Kepada Orang Tua Paling Lengkap

Maka dari itu sebagai seorang anak yang sampai kapanpun akan menjadi anak orangtua kita. Bagaimana dan seperti apapun kondisinya, kita harus berbakti, menghormati orangtua kita. Lalu kita juga harus senantiasa mendoakan orangtua kita supaya tetap erada dalam lindungan allah swt. Dan apabila kita terdapat banyak dosa kepada orantua kita, hendaklah berdoa dan mendoakan orangtua kita.  Berikut ini doa yang bisa diamalkan oleh kita sebagai anak yang ingin berbakti kepada orangtua kita.

Doa Agar Orang Tua Diampuni Dosanya

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu. “

Doa Untuk Kedua Orang Tua Dalam Al Quran

Selain mendoakan, kita sebagai anak juga tidak boleh berkata kasar kepada orangtua kita. Sebisa mungkin kita harus berkata dan berlaku lembut kepada orangtua kita. Seperti yang firman Allah SWT pada Surat Al- Isro Ayat 23 bahwa :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Waqadarabbuka allaa ta’buduu illaa iyyaa huwa bilwalidiini ikhsaanaa immaa yablu ghunna ‘innadakalkibara akhaduhumaa awkilaa humaa falaa taqulu lahumaa uffin walaa tanhar humaa waqul lahumaa qaulaa kariimaan

Artinya :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia ” ( QS. Al Isra : 23 ).

Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

ROBBIGH FIRLI WA LIWALIDAYYA

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

Artinya :

“Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)

ROBBIRHAMHUMA KAMAA ROBBAYANI SHOGHIRO

وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya :

“Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24)

Doa Membahagiakan Orang Tua

Selain perkataan, sikap kita kepada orangtua juga harus dijaga, seperti jangan melihat dengan tatapan tajam, dan tidak berkata kasar kepada orangtua kita. Seperti firman Allah SWT pada Surat Al-Isra ayat 24 yang mengatakan bahwa :

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Wakhfidh lahumaa janaa khaddzulli minarrakhmati waqul rabbir khamhumaa kamaa rabbayaanii shoghiiraan

Artinya :

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. ” (QS. Al Isra: 24)

Semoga doa – doa tersebut bisa diamalkan sebagai bentuk bakti dan kasih sayang kita kepada orangtua kita yang selama ini sudah merawat, membesarkan, dan juga mendidik kita sebagai anak yang sholeh dan sholehah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *