Doa Ketika Galau Hati Gundah Sedih Dan Berduka Dalam Bahasa Arab Dan Artinya

Apakah Anda pernah merasakan kesedihan? Tentu ada banyak sekali penyebab dari kesedihan. Dalam Islam diajarkan doa-doa untuk memohon dihilangkan kesedihan. Daripada Anda berlarut-larut dalam kesedihan, lebih baik panjatkan doa-doa yang telah diajarkan. Jika Anda belum mengerti doa yang harus dilantunkan, mari simak penjelasan doa ketika galau hati gundah sedih dan berduka dalam bahasa arab dan artinyalengkap dibawah ini.

Panduan Doa-Doa Saat Bahagia

Ada 3 perasaan yang muncul yang mengganggu jiwa manusia. Ketiga perasaan tersebut adalah Huzn, Hamm dan Ghamm. Huzn adalah perasaan sedih terhadap apa yang terjadi pada masa lalu. Selanjutnya adalah Hamm yang berarti keresahan karena khawatir tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Perasaan terakhir adalah Ghamm, yakni perasaan gundah karena menghadapi kenyataan yang sulit. Perasaan yang telah disebutkan di atas tidak akan lenyap, kecuali berserah diri kepada Allah.

Doa Ketika Galau

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa siapapun memanjaatkan doa ketenangan hati meminta dihilangkan kesedihannya, tentu Allah akan mengabulkan. Berikut adalah hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud

“Tidaklah seorang hamba mengucapkan doa berikut (ini), tatkala ia didera keresahan atau kesedihan, melainkan Allah pasti akan menghilangkan keresahannya, dan akan menggantikan kesedihannya dengan kegembiraan. Para Sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, sudah seharusnya kami memelajari doa tersebut. Rasulullah ﷺ menjawab: “Benar. Sudah seharusnya orang yang mendengarnya mau memelajarinya”. [HR. Musnad Ahmad 1/391 (Ash-Shahihah no 199)]

Doa Ketika Hati Galau, Gundah dan Sedih

Ada banyak sekali doa yang bisa dipanjatkan saat sedih. Namun, tidak semua doa yang ada merupakan doa yang dianjurkan oleh Nabi. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kembali doa yang hendak dipanjatkan. Doa-doa yang dipanjatkan akan menenangkan hati. Kekacauan akan mereda sehingga jiwa terasa lapang. Berikut adalah beberapa doa ketika galau hati gundah sedih dan berduka dalam bahasa arab dan artinya yang direkomendasikan :

Doa Saat Sedih

اللهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

Ya Allāh , sesungguhnya diri ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba laki-laki Mu, dan anak dari hamba perempuan-Mu, Ubun-ubunku berada dalam genggaman-Mu, Hukum-Mu telah berjalan, dan keputusan-Mu merupakan keputusan yang adil, Aku memohon dengan seluruh nama-nama-Mu, yang engkau namai diri-Mu,atau nama yang engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau telah engkau ajarkan kepada seseorang dari hamba-Mu, atau nama yang masih engkau simpan di sisi-Mu. Jadikan Al-Quran sebagai penentram jiwaku, cahaya hatiku, pelenyap dukaku dan laraku.”

Doa Saat Sedang Gundah

Doa ketika galau hati gundah sedih dan berduka dalam bahasa arab dan artinyalainnya yang sering dibaca saat muslim merasa galau adalah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ، وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gundah gulana dan kesedihan, begitu pula dari kelemahan dan kemalasan, kekikiran, sifat penakut, lilitan hutang dan penindasan.

Doa Saat Galau

Galau biasanya muncul jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Padahal sebagai seorang mukmin, kita tidak pantas merasa galau. Apapun yang kita dapatkan, sebaiknya kita bersyukur pada Allah. Cara menenangkan hati tidak mudah untuk dilakukan. Namun, niatkan untuk terus bersyukur apapun kondisinya dan berdoalah agar dipermudah. Doa ini bisa dibaca saat Anda merasa galau.

اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ سَهْلًا إِذَا شِئْتَ

“Wahai Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, Engkau yang menjadikan kesulitan menjadi kemudahan, jika Engkau kehendaki.” HR. Ibnu Hibban dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Alhadits Ash Shahihah, no. 2886.

Itulah beberapa doa yang bisa dipanjatkan saat Anda dalam kondisi jatuh. Semoga dengan doa ketika galau hati gundah sedih dan berduka dalam bahasa arab dan artinya diatas, maka Anda menjadi lebih tenang. Jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan ya. Ada banyak hikmah yang bisa Anda dapatkan dari apapun yang Anda selami.