Doa Ketika Memejamkan Mata Mayit Lengkap Arab Latin dan Terjemahannya

Semua yang hidup dan diciptakan Tuhan pastinya akan mati tidak terkecuali dengan manusia. Di dalam agama Islam, orang yang sudah mati atau dalam bahasa halusnya sudah meninggal harus diurus dengan baik sesuai dengan syariat yang ada. Mulai dari keadaan si mayit sakaratul maut sampai dikebumikan. Sama halnya dengan Doa memejamkan mata mayit lengkap dengan arab latin dan terjemahannya merupakan hal yang harus dilakukan dalam mengurusi orang yang sudah meninggal.

Doa Ketika Memejamkan Mata Mayit

Doa ketika memejamkan mata mayit memang terdengar asing bagi sebagian orang, padahal di dalam agama islam hal tersebut wajib dan harus dilakukan. Penasaran dengan doa memejamkan mata mayit dalam agama islam dan bagaimana cara caranya? Silahkan perhatikan uraian dibawah ini.

Cara Memejamkan Mata Mayit Beserta Doanya

Untuk mengobati rasa penasaran para pembaca, dibawah ini akan dijelaskan cara cara memejamkan mata orang yang sudah meninggal berikut beserta doa dan terjemahannya. Lets check it!

Doa ketika memejamkan mata mayit dalam islam :

بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِرَ سُوْلِ اللهِ صَلَّى الل هُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahi Wa ‘Alla Millati Rossuulillaahi Shollalloohu ‘Alaihi Wa Sallama

Artinya :

Dengan nama Allah semoga kamu tetap pada agama Rasulullah SAW.

Doa diatas diawali dengan kata Bismillah yang artinya meminta izin kepada Tuhan yaitu Allah SWT untuk menutup mata jenazah. Didalam arti doa tersebut yaitu diharapkan si mayit atau jenazah tetap berada di jalan yang benar yaitu pada agama islam sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

Kemudian ada juga versi doa memejamkan mata jenazah yang lebih shahih. Doa yang lebih shahih dapat dikatakan doa yang paling mujarab dan langsung sampai di Allah SWT, berikut doa nya.

Doa Memejamkan Mata Mayit Lengkap

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ِلأَبِي سَلَمَةَ

وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ

وَاخْلُفْ فِيْ عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ

وَاغْفِرْلَناَ وَلَهُ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

وَافْسَحْ لَهُ فِيْ قَبْرِهِ, وَنَوِّرْ لَهُ فِيْهِ

‘Ya Allah, ampunilah dosa dan kesalahan Abu Salamah, tinggikanlah derajatnya di kalangan orang-orang yang diberi petunjuk, dan jagalah keturunan sesudahnya [4] agar termasuk dalam orang-orang yang selamat [5] . Ampunilah kami dan ia, lapangkanlah kuburnya serta berilah cahaya di dalamnya.’” [6] [4]. ‘Aqibihi: Anak dan cucunya [5]. Al-Ghaabiriin: Yang tersisa (selamat) [6]. Shahih: [Ahkaamul Janaa-iz (no. 12)], Shahiih Muslim (II/634, no. 920), Sunan Abi Dawud (‘Aunul Ma’buud VIII/387, no. 3102), tanpa ada kalimat: “Se-sungguhnya ruh.”

Nah setelah kita mengetahui doa doa dalam memejamkan mata jenazah, kini saatnya untuk mengetahui tata cara dalam menutup mata jenazah yang benar dan sesuai dengan syariat islam. Sebenarnya cukup mudah hanya ada satu cara dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Caranya yaitu dengan melebarkan telapak tangan dan diletakan diatas kepala jenazah kemudian gerakan turun sampai ke dahi, mata, hidung, dan mulut jenazah. Tidak lupa sambil memanjatkan doa menutup mata mayit seperti diatas. Usahakan pada saat mengusap pada bagian mata jenazah gerakan akan ditekankan. Hal ini dilakukan untuk menutup mata jenazah dengan sempurna.

Sebagian orang mungkin meninggal dengan keadaan mata terbuka dan ada juga dengan keadaan mata tertutup. Ada banyak faktor yang menyebabkan orang menunggal dengan mata terbuka salah satunya adalah karena menahan rasa sakit akibat sakaratul maut.

Penjelasan diatas mengenai Doa memejamkan mata jenazah lengkap arab latin dan terjemahannyabeserta cara cara melakukannya semoga dapat menjadi wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca. Doa ini harus dipanjatkan karena merupakan syariat islam yang tentunya wajib dilaksanakan.

Tags: