Doa Ketika Musim Hujan Datang Lengkap Arab Latin dan Terjemahannya

1 min read

Doa Ketika Musim Hujan – Seperti yang kita ketahui ada beragam doa di dalam agama islam salah satunya adalah doa pada saat musim hujan. Dalam kepercayaan Islam dan sudah tertera di dalam kita suci Al Quran, hujan salah satu keadaan yang membawa berkah untuk manusia. Nah terkait dengan itu terdapat doa ketika musim hujan datang lengkap arab latin dan terjemahannya. Doa tersebut harus dilafalkan pada saat hujan turun. Hal tersebut dikarenakan telah ada syariat islam yang mengharuskan umatnya untuk melafalkan doa tersebut. Penasaran dengan lafalnya? Yuk simak uraian dibawah ini.

Doa Meminta Hujan Berkah

Doa Turun Hujan Allahumma Shoyyiban Nafi’an

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa dibawah ini akan dijelaskan lafal atau bacaan dari doa ketika hujan turun. Lets check it!

اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Allahumma Ayyiban nafi’an.

Artinya :

Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. (HR. Bukhori : 1032)

Nah dari terjemahan doa ketika hujan turun diatas dapat disimpulkan bahwa kita sebagai umat muslim memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun dapat mendatangkan manfaat. Selain itu terjemahan diatas juga menyiratkan agar Allah SWT mendatangkan keberkahan dari turunnya hujan.

Padahal yang kita tahu banyak orang yang mengeluh ketika hujan turun. Hal ini dikarenakan aktivitas dapat terganggu seperti tidak bisa keluar rumah, dan masih banyak yang lainnya. Hal yang harus anda ketahui bahwa mengeluh jika hujan turun sama saja menolak keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.

Disarankan jika hujan turun kita mengucapkan Hamdallah dan membaca doa seperti yang telah dipaparkan diatas. Namun jika hujan turun secara terus menerus dalam beberapa hari yang tentunya membuat aktivitas sehari hari cukup terganggu anda juga dapat memohon kepada Allah SWT agar hujan segera reda.

Doa Ketika Hujan Mustajab

Permohonan tersebut dipanjatkan dengan cara membaca doa. Bagi sebagian orang pasti tidak tahu atau baru mendengar mengenai doa agar hujan segera reda. Penasaran? Yuk simak uraian berikut ini.

للَّھُمَّ حَوَالَیْنَا وَلاَ عَلَیْنَا، اَللَّھُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِیَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari

Artinya:

“Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Dari arti atau terjemahan doa tersebut dapat disimpulkan bahwa kita sebagai umat muslim meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan yang tidak membawa kemanfaatan. Selain itu terjemahan diatas menjelaskan bahwa kita memohon agar hujan diturunkan di daerah dataran tinggi, bukit (pegunungan) yang terdapat banyak pepohonan dan minim penduduk yang menetap.

SubahanAllah baik sekali arti dari doa diatas bukan? Tetapi di era sekarang hujan di Indonesia jarang sekali turun. Hal ini diakibatkan ketidakstabilan iklim dan cuaca di Indonesia. Indonesia cenderung mengalami musim kemarau panjang. Sekalinya turun hujan akan berlangsung berhari hari tanpa jeda yang mengakibatkan banjir di daerah yang minim saluran pembuangan air.

Terlepas dari itu semua, kita sebagai umat yang beragam harus selalu mensyukuri apa yang Tuhan berikan. Nah selesai sudah pembahasan mengenai doa ketika musim hujan datang lengkap arab dan latinnya. Penjelasan diatas semoga menambah pengetahuan para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *