Doa Ketika Salah Satu Anggota Tubuh Sakit

Doa Ketika Salah Satu Anggota Tubuh Sakit – Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada bagian bagian tubuh yang dibarengi dengan berubahnya warna kulit menjadi lebam atau ungu, dan kadang tanpa diketahui apa penyebanya. Akan sangat membuat kita tidak nyaman dan mencari tahu apa penyebab dari rasa sakit tersebut. namun bila anda tidak kunjung menemukan penyebab dari rasa sakit tersebut tidak apa – apa anda bisa memeriksakanya pada dokter.

Doa Ketika Anggota Tubuh Sakit

Namun untuk penanganan awal menghadapi penyakit yang tiba – tiba saja muncul islam memiliki cara penanggulanganya tersendiri untu melakukan penanganan awal, dengan bertawakal dan meminta pertolongan dari Allah tentunya.

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan bahwaada sahabat rasul yakni Utsman bin Al Ash rdhiyallahu ‘anhu yang menghadap dan bertanya dibarengi dengan mengeluhkan rasa sakit pada tubuhnya sejak ia masuk Islam. Lalu Rasulullah mengajarkan cara dan doa agar dirinya terbebas dari rasa sakit tersebut.

Cara dan Doa Ketika Salah Satu Anggota Tubuh Sakit

  1. Letakkan tangan pada bagian tubuh yang sakit

Untuk mengobati rasa sakit yang ada pada tubuh anda, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan meletakan tangan anda pada bagian tubuh yang mengalami rasa sakit. Misal anda memiliki rasa sakit pada bagian lambung maka anda letakan tangan kanan anda pada bagian perut kiri atas.

  1. Baca bismillah tiga kali

Baca bismilah sebanyak tiga kali. Kata berbahasa arab dengan arti“Dengan menyebut nama Allah” ini memang sepatutnya kita ucapkan saat akan memulai sesuatu, terlebih lagi saat memohon kesembuhan.

  1. Baca doa ini tujuh kali

(أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir ”

Artinya

Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspada (HR. Muslim no. 2202)

Doa ini di baca sebanyak tujuh kali sambil tangan tetap di letakan pada bagian yang dirasakan sakit.

Hadits Nabi Muhammad SAW tentang Doa Ketika Salah Satu Anggota Tubuh Sakit

Do’a ini jika kita aplikasikan sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Maka saat kita mengamalkan sunah insyaaAllah bernilai pahala. Do’a ini pun memiliki makna yang sangat indah.

Hal pertama, di awal do’a ini kita membaca bismillah sebanyak tiga kali, ini berarti kita meminta kesembuhan hanya pada Allah SWT dan dengan mengharap ridhonya.

Lalu dilanjutkan berdoa sebanyak 7 kali bahwa dengan menyebut nama-Nya dan berlindung di balik kekuasaan-Nya kita meminta agar terlindung dari berbagai keburukan yang telah didapatkan (penyakit) maupun keburukan yang masih diwaspadai (tidak diharapkan datang).

Do’a di atas diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada ‘Utsman bin Abu Al-Asy’ash Ats-Tsaqafi, di saat ‘Utsman mengeluhkan ia menderita penyakit sejak masuk Islam dan tidak kunjung sembuh. Mendengar penjelasan ‘Utsman , Rasulullah SAW mengajarkan do’a ini, dibacakanlah doa ini sembari memegang anggota bagian tubuh yang terasa sakit tersebut.

Cara ini bisa Anda coba saat anda merasakan nyeri-nyeri sederhana semisal sakit gigi, pusing, keselo, atau encok dan atau sakit lainya. Mengamalkan do’a ini selain bisa membawa manfaat kesembuhan juga insyaaAllah mendapatkan pahala karna mengamalkan sunah rasul.

Demikian artikel tentang doa ketika salah satu anggota tubuh sakit, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Tags: