Doa Ketika Sampai Di Tempat Tujuan Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Ketika sampai di tempat tujuan kita akan sangat merasa senang dan merasa bersyukur karena perjalanan yang dilalui lancar tanpa ada kendala. Karna kita merasa beryukur sudah sepatutnya kita bersyukur pada Allah atas perjalanan yang lancar tersebut, jangan lupa untuk berdoa ketika sampai ditempat tujuan.

Doa Ketika Sampai Di Tempat Tujuan Lengkap

Doa Ketika Sampai Di Tempat Tujuan Lengkap Arab Latin dan Artinya. 

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا

وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا

وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa

Artinya

“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya”

Sebelum menempuh perjalan, anda sebaiknya memperhatikan persiapan sebelum perjalanan, dan juga hal hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan.

Hal – hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan

  1. Memilih hari perjalanan

Memilih hari untuk melakukan perjalanan adalah hal yang sangat penting karna adanya anjuran hari dan larangan hari untuk melakukan perjalanan. Waktu yang baik untuk bepergian adalah hari Selasa, kamis, atau sabtu. Dan hari yang tidak dianjurkan untuk bepergian adalah hari Senin, Rabu, dan hari Jumat, tepatnya sebelum sholat Jumat.

  1. Memilih teman perjalanan.

Teman perjalanan harus kita pilih dengan hati – hati, karna bisa jadi di perjalanan panjang tersebut kita mengalami sebuah konflik, jika tidak memilih teman secara hati – hati maka  anda bisa jadi kesusahan di jalan nanti, dan sebuah perjalanan adalah cara terbaik kita lebih mengenal teman kita, saat di jalan kita mengalami kendala kita jadi mengetahui seperti apa cara teman kita menghadapi dan menangani suatu masalah.

  1. Menyiapkan bekal.

Jika perjalanan yang akan anda lalui terhitung panjang dan lama, maka akan lebih baik bila nanda membawa bekal saat perjalanan. Membawa bekal sendiri sangat bermanfaat bagi kita karna, ada jaminan kita tidak kelaparan di perjalanan, menghemat uang jajan, terjamin kebersihan dan kehalalnya.

  1. Berdoa sebelum berangkat.

Sebelum memulai perjalanan dianjurkan untuk berdoa, karna berdoa adalah salah satu sarana komunikasi hamba dengan tuhanya maka, berdoalah meminta dimudahkan dna dilancarkan dalam menempuh perjalana.Adapun doa perjalanan jauh adalah:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”

  1. Membawa pulang oleh – oleh

Membawa pulang oleh – oleh setelah perjalanan sangat dianjurkan, Rasulullah SAW bersabda “Jika salah seorang dari kalian keluar melakukan perjalanan, tatkala kembali ke tengah keluarganya hendaklah membawakan untuk mereka hadiah meskipun hanya sepotong batu.” (Bihârul Anwâr, jil. 76, bab 52), membawa oleh – oleh sangat dianjurkan karena akan mendatangkan kebahagiaan bagi orang – orang dirumah, maksud kata sepotong batu di sini adalah oleh oleh sekecil apapun.

Demikian artikel tentang doa ketika sampai di tempat tujuan lengkap arab latin dan artinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. 

Tags: