Doa Ketika Seseorang Tertimpa Musibah Teman, Saudara atau Diri Sendiri Lengkap !

Doa Ketika Seseorang Tertimpa Musibah – Musibah dapat diartikan sebagai peringatan sebagai ujian atau juga sebagai cobaan. Setiap orang yang hidup di dunia pasti diuji, diuji dengan suatu hal, ujian ini berfungsi untuk apa? Ujian tidak lain dan tidak bukan berfungsi untuk mengukur diri kita, seberapa dewasa kita bisa menghadapi sebuah ujian, apa yang akan kita lakukan setelah mendapat ujian, ujian ini juga berfungsi sebagai media pembelajaran bagi kita, dan ujian juga berfungsi sebagai tangga bagi kita untuk menjadi semakin tinggi setelah berhasil melewati ujian tersebut.

Doa Ketika Seseorang Tertimpa Musibah
Doa Ketika Seseorang Tertimpa Musibah

Saat anda melihat atau mendengar orang lain mengalami musibah atau kabar duka biasanya sontak anda mengucapkan “Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’un” bukan? ucapan ketika melihat musibah ini memiliki arti “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali” , dari kata ini kita semua diharapkan menyadari bahwa semua yang terjadi di dunia adalah kehendak Allah, semua yang ada di dunia adalah milik Allah, dan semua yang ada di dunia ini akan kembali padanya.

Kita sebagai umat muslim harus memiliki rasa toleransi yang tinggi, saat saudara kita ada yang mengalami musibah ,mari bersama bantu saudara kita, namun jika keadaan tidak memungkinkan untuk memebantu secara fisik, doa juga akan sangat memebantu bagi saudara kita.

Doa Ketika Tertimpa Musibah

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya”

Dalam hadits Shahih Muslim disebutkan bahwa saat kita mendapatkan suatu musibah dan kita melafalkan doa tersebut dan selalu mengingat Allah serta berserah diri pada Allah niscaya Allah akan memberikanya pahala atas musibah yang terjadi padanya, dan akan menggantikanya dengan yang lebih baik.

Adab Ketika Mengalami atau Mendengar Musibah

Selain harus mendoakan orang yang tertimpa musibah, juga ada 3 hal yang perlu anda lakukan saat melihat atau mengalami musibah :

Ambil tindakan dan musahabah diri

Musibah datang untuk kita hadapi, maka dari itu kita harus berpikir taktis untuk mengambil tindakan dalam menghadapi musibah, dan jangan lupa, musibah datang pasti ada sebabnya, carilah penyebab dari musibah tersebut lalu muhasabah diri,agar musibah yang sama tidak kembali terulang.

Positif thingking

Positif Thinking

Musibah kadang datang sebagai teguran bagi kita, teguran ini berarti Allah masih memperhatikan kita dan masih menyayangi kita, maka sebaiknya kita berpikir postitif pasti ada hikmah yang bisa diambil dari musibah yang menimpa kita ini.Karna Allah sayang pada kita, Allah pasti memberikan musibah sesuai dnegan kapasitas kita, dimana kita pasti bisa menghadapi dan melewati musibah tersebut.

Jangan mudah mengeluh ataupun mencela musibah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas musibah datang sebagai tolak ukur kita dalam menghadapinya, maka kita dianjurkan untuk menghadapinya dengan lapang dada, jangan mudah mengeluh pada musibah, apa lagi sampai kita mencela musibah dan berpikiran bahwa musibah datang karna Allah tidak sayang dan tidak peduli pada kita.

Demikian artikel tentang Doa ketika seseorang tertimpa musibah semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Tags: