Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Selesai Hujan Bahasa Arab Latin dan Artinya

Ketika turun hujan, sebagian besar masyarakat akan mengeluarkan berbagai macam keluhan. Memang terkadang hujan akan membawa beberapa perubahan pola rutinitas kegiatan, namun tidak seharusnya Anda mengeluhkan datangnya hujan ya. Hujan merupakan rahmat terbesar bagi umat manusia. Allah menurunkan hujan untuk menyuburkan aneka tanaman dan juga sebagai salah satu waktu yang mustajab untuk terkabulnya sebuah doa. Sebagai bahan referensi sekaligus untuk menambah wawasan Anda, artikel ini akan membahas mengenai doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan bahasa arab latin dan artinya. Simak penjelasannya berikut ini.

Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Turun Hujan

Hadits Tentang Hujan Rahmat

Air merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan tentu memerlukan air untuk memenuhi segala aktivitasnya. Untuk menjaga agar siklus daur air di bumi tetap terjaga, maka Allah SWT menurunkan hujan sebagai sumber utama adanya air di bumi. Oleh sebab itu, dapat kita kaji bersama bahwa hujan merupakan salah satu rahmat dari Allah SWT untuk semua makhluknya di bumi. Besar kecilnya intensitas hujan yang Allah turunkan sebenarnya sudah disesuaikan oleh Yang Maha Kuasa. Hanya saja, terkadang jika suatu masa terjadi bencana banjir akibat curah hujan yang tinggi, itu semua tidak lepas dari ulah usil tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُّبَارَكاً فَأَنبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS. Qaaf [50] : 9).

Sebagai makhluk yang berpegang teguh pada ajaran agama, tentu kita wajib mempercayai bahwa hujan memang merupakan rahmat terbesar bagi umat manusia pada khususnya. Disamping dapat menyuburkan berbagai macam tanaman yang ditanam, mencukupi kebutuhan sehari-hari, nyatanya ketika hujan turun pun terdapat berkah yang dapat kita optimalkan dengan baik. Sesuai dengan firman Allah SWT :

وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiya’ [21] : 30).

Firman Allah tersebut diperjelas dengan Hadits Riwayat Ahmad yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Segala makhluk hidup tercipta dari air”. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya air untuk kehidupan di muka bumi (hujan merupakan rahmat terbesar bagi semua makhluk).

Doa Ketika Hujan Turun Deras

Agar Anda mendapatkan rahmat ketika hujan turun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satu diantara beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah mengucapkan doa :

اَللَّهُمَّصَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma Shoyyiban Nafi’an

Artinya:

“Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat “ (HR. Bukhari No. 1032)

Doa Setelah Turun Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah

Adapun makna doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan bahasa arab latin dan artinyatersebut yakni meminta diturunkan hujan yang bermanfaat – hujan yang mengandung berkah didalamnya. Dengan kata lain, hujan tersebut dapat membawa manfaat dan bukan malah mudharat. Wallahua’lam bishowab.

Malaikat Turun Saat Hujan

Pernahkah Anda mendengar bahwa hujan merupakan suatu waktu yang mustajab untuk terkabulnya sebuah doa?. Memang benar adanya bahwa salah satu waktu yang mustajab adalah ketika hujan turun karena malaikat turut turun ke bumi untuk membagi keberkahan pada setiap makhluk yang ada di bumi.

قُلْتُ: عَلَى أَيِّ شَيْءٍ مِيكَائِيلُ؟ قَالَ: عَلَى النَّبَاتِ وَالْقَطْرِ

“Aku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) bertanya, “Tentang apakah Mikail itu ditugaskan? Ia (yaitu Jibril) menjawab, “Ia ditugaskan mengurus tanaman dan hujan.

Untuk itu, dianjurkan pada setiap mukmin agar berdoa di waktu tersebut disertai dengan keyakinan yang tinggi. Jangan sebaliknya, mengeluh karena tiba-tiba cuaca berubah dan berpikiran bahwa akan menghambat segala rutinitas harian.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai makna doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan bahasa arab latin dan artinya. Semoga penjelasan tersebut dapat memberikan wawasan pengetahuan yang baru agar suatu saat ketika turun hujan Anda bisa mempraktikannya dengan penuh kesadaran diri. Semoga bermanfaat.

Tags: