Doa Ketika Menghadapi Ulangan, Ujian Nasional Atau Ujian Semester, Ulangan Kenaikan Kelas

Doa Ketika Ulangan – Bagi umat beragama, berdoa juga sangat penting untuk melancarkan segala bentuk kegiatan yang anda lakukan sehari – hari. Berdoa, dalam islam diajarkan untuk beribadah sholat 5 waktu yang wajib dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan. Berdoa berharap keinginan diri manusia untuk dikabulkan menjadi kenyataan. Namun semua itu juga tidak akan bisa anda dapatkan tanpa berusaha.

Doa Ketika Ulangan

Memang berdoa ini sangat penting, bagi anda yang beragama islam, terdapat doa – doa khusus untuk bisa melancarkan anda dalam menghadapi bermacam ujian. Baik doa menghadapi ujian nasionalmaupun ujian semester yang akan anda hadapi. Berikut ini doa – doa yang bisa anda baca saat hendak menghadapi ujian.

Doa Menghadapi Ulangan Harian

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa mil ladungka rohmatan wa hayyi’lanaa min amrinaa rosyadaa

Artinya :

“Ya Allah, Tuhan kami berilah kami di sisiMu suatu rahmah, dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjukMu.”

Berdoa memang salah satu penolong agar tetap hidup dalam ridho allah SWT. Apabila sering berdoa dan diringi dengan usaha yang seimbang, maka allah tidak sungkan untuk mengabulkan doa yang telah dipanjatkan.

Doa Menghadapi Ulangan Semester

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta  taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan

Artinya :

“Ya Allah, Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang sudah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendaki – Nya.”

Dalam menghadapi ujian nasional, pasti anda pernah menghadapi kesulitan. Islam telah memudahkan anda untuk berdoa agar kesulitan tersebut berganti dengan kemudahan. Jika allah menghendaki, maka kesulitan yang anda hadapi akan berubah menjadi kemudahan. Adapun doa yang bisa anda lafalkan saat sedang mengalami kesulitan dalam menghadapi ujian yaitu :

Doa Menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas

Inna rabbakum tabaara ka wa ta’aala khayyun karammu yastakh yaa min ;abdihi idzaa rafa’a yadaihi ilaihi anyaruddahumaa shifraan

Artinya :

“Sesungguhnya Tuhan kalian tabaroka wa ta’ala Maha Pemalu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, jika hamba tersebut menengadahkan tangan kepada-Nya , lalu kedua tangan tersebut kembali dalam keadaan hampa.”

Dimanapun kita berdoa juga harus senantiasa berdoa agar dilindungi oleh allah. Tidak ada doa yang percuma apabila kita berdoa dengan penuh kesungguhan berharap ridho allah untuk segera mengabulkan.

Doa Menghadapi Ujian Nasional atau Ujian Sekolah

Qoola robisyrokhlii shodrii wayasshirlii amrii wakhlul ‘uqadatammilisaani yafqaahuu qaulii

Artinya :

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa Menghadapi Ujian / Tes Kerja

Allahumma innii a’udzubika min ilhammi wal khaja ni wa a’udzubika min il ’ajza wa a’udzubika min iljubni wabukhli wa a’udzubika min ghalabatil daini wa qahar rajaali

 Artinya :

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, serta aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang tidak terbayar dan dari ditindas seseorang yang sewenang-wenang.”

Segala bentuk kesulitan yang dihadapi, pasti ada solusi yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikannya. Ini semua bergantung pada bagaimana cara kita untuk terus berusaha dan berdoa. Seberat – beratnya ujian yaang kita hadapi, tak akan bisa mudah tanpa usaha untuk belajar dan berdoa. Baik Doa Ketika Ulangan, ulangan kenaikan kelas, ujian nasional, maupun semester, bagi yang hendak menghadapinya sebisa mungkin dipersiapkan lebih awal sehingga bisa lebih siap menghadapinya hingga akhir.