Doa Khatam Al Quran Latin Dan Artinya Mp3 Dan Video Lengkap

Doa Khatam Al Quran – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo kawan-kawan bertemu lagi dengan saya di doaseharihari, yang mana adalah merupakan sebuah website yang didalamnya berisikan pembahasan dari berbagai macam doa yang sering kita panjatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Doa khatam Al Quran.

Gambar Doa Khatam Al Quran 1
Gambar Doa Khatam Al Quran 1

Pengertian Khatam Al Quran

Khatam berasal dari kata dalam bahasa arrab yang artinya tamat. Khatam sendiri lebih mengacu pada telah selesainya pembacaan 30 Juz dalam Al Quran oleh seorang anak.

Sebenarnya akan lebih baik bagi seorang anak yang belum berumur 13 tahun untuk khatam Al Quran. Akan tetapi kalau belum bisa, ya tidak akan menjadi masalah.

Khatam Al Quran sendiri biasanya dikaitkan dengan diadakannya suatu perayaan, seperti ulang tahun sultan ataupun saat menyambut datangnya bulan ramadahan.

Dalam acara khataman ini biasanya akan ada orang-orang, terutama orang yang sudah dewasa untuk membaca Al Quran secara bergantian

Gambar Doa Khatam Al Quran 2
Gambar Doa Khatam Al Quran 2

Setelah kita khatam Al Quran, sangat dianjurkan untuk membaca doa. Karena doa memang dianjurkan untuk dibaca kapan pun.

Sebelum mengkhatamkan Al Quran kita juga harus membaca doa telebih dahulu. Sebenarnya ada benyak sekali versi doa yang ada saat ini. Ada yang panjang dan ada pula yang pendek dan juga singkat.

Doa Khatam Al Quran

Oleh karena banyak sekali doa yang ada, maka saya akan menyebutkan yang pendek dan ringkas saja untuk anda.

Gambar Doa Khatam Al Quran1
Gambar Doa Khatam Al Quran1

Ada juga Doa yang seperti dibawah ini.

Gambar Doa Khatam Al Quran2
Gambar Doa Khatam Al Quran2

Artinya sebagai berikut ini.

Gambar Doa Khatam Al Quran3
Gambar Doa Khatam Al Quran3

Doa yang selanjutnya adalah:

Gambar Doa Khatam Al Quran4
Gambar Doa Khatam Al Quran4

Artinya:

Gambar Doa Khatam Al Quran5
Gambar Doa Khatam Al Quran5

Video Doa Khatam Al Quran

Berikut ini adalah video yang dapat membantu anda dalam melafalkan doa khatam Al Quran ini:

Keutamaan Doa Khatam Al Quran

1.Merupakan amalan yang sangat dicintai Allah

Ini karena semua isi dalam Al quran aalah firman dari Allah. Dan apabila ada hamba yang membacanya apalagi sampai hatam akan sangat dicintai Allah. Dan akan dilapangkan segala urusannya didunia ini. Dan akan diberi kekuatan untuk dapat sukses di dunia dan juga sukses di akhirat kelak nanti.

2. Orang yang membaca Al Quran seperti mengikuti pembagian Ghanimah

Ghanimah sendiri secara harfiah artinya adalah sesuatu yang diperoleh dengan melakukan usaha tertentu. Sedangkan menurut istilah ghanimah artinya adalah harta yang diambil dari musuh islam dengan cara berperang. Bentuk dari hartanya itu bisa dalam bentuk harta bergerak maupun yang mati dan bisa berupa tahanan perang.

Kalau dilihat dari sejarahnya, kebiasaan ghanimah ini sudah dilakukan sejak sebelum orang islam melakukannya. Hasil rampasan perang yang telah didapat akan dibagikan kepada semua pasukan yang telah mengikuti perang tersebut, dan tentunya pemimpin akan mendapatkan bagian yang lebih besar dibandingkan yang lainnya.

3. Mendapatka doa dan sholawat dari malaikat

Ini terjadi karena saat kita sedang membaca Al Quran maka para malaikat akan tertarik untuk mendekat kepada kita. Dan setelah mereka mendekati kita, pasti otomatis mereka akan berdoa dan juga berdzikir kepada Alloh.

4. Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW

Karena doa khatam Al Quran memang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita melalui para sahabat nabi. Dan apabila kita membacanya maka kita akan mendapatkan berbagai macam keutamaan yang akan sangat berharga bagi kita untuk menghadapi dunia dan juga untuk menghadapi alam akhirat kelak nanti di hari kiamat.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengkhatamkan Al Quran

Semua waktu didunia ini sebenarnya baik. Akan tetapi ada beberapa waktu yang afdhol untuk menghatamkan Al Quran. Nabi Muhammad SAW pernah menganjurkan untuk menghatamkan Al Quran minimal sebulan sekali, kalau tidak bisa sebulan sekali, maka bisa menghatamkannya dbulan sekali.

Tidak boleh terlalu cepat juga dalam menghatamkan Al Quran. Karena apabila terlalu cepat maka si pengkhatam itu tidak dapat memahami isi kandungan Al Quran dengan baik. Maka dari itu Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidak terlalu cepat

Dari hadis tersebut jelas bahwa Rasulullah SAW menganjurkan kita mengkhatam Al-qur’an minimal sebulan sekali atau kalau kita mampu sebulan 2 kali khatam. Tidak boleh mengkhatam Al-qur’an kurang dari tiga hari.

Karena orang yang khatam dalam tempo kurang dari 3 hari, ia tidak dapat menghayati kandungan isi Al-Qur’an tersebut, Makanya Rasulullah SAW melarangnya. Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk tidak terburu-buru dalam membaca al-Qur’an, supaya kita dapat memahami kandungan isinya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai doa khatam Al Quran. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari tahu tentang doa khatam Al Quran latin beserta artinya. Saya harap setelah anda dapat mengkhatamkan Al Quran, anda harus membaca doa-doa diatas.

Saya berpesan pada saya berpesan pada satu hal, yaitu apabila anda sedang mencari tahu tentang doa apapun, mampirlah ke website doaseharihari ini. Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: