Doa Khotmil Quran dan Doa Khataman Al Quran Lengkap

Doa Khotmil Quran – Al-Quran merupakan kitab suci umat muslim yang didalamnya berisi tata cara, aturan maupun firman Allah SWT yang dijadikan sebagai pedoman umat manusia. Sebagai seorang muslim tentu diwajibkan untuk membaca sekaligus mentadabburi isi dari firman Allah SWT tersebut. Sebagai gambaran, Al-Quran terdiri atas 6666 ayat, 114 surat dan 30 juz. Didalamnya terkandung berbagai macam nasihat, ancaman bagi orang yang tidak bertakwa dan kisah-kisah nabi dan rasul terdahulu yang wajib untuk kita imani. Biasanya setelah menyelesaikan 30 juz seseorang akan melakukan khotmil quran. Untuk menambah wawasan Anda terkait pelaksanaan khotmil quran, berikut ini akan dibahas mengenai doa khotmil quran doa khataman Al-Quran lengkap. Simak penjelasannya berikut ini.

Doa Khotmil dan Doa Khataman Quran

Manfaat Membaca dan Menamatkan Bacaan Al-Quran

Sudah sepantasnya sebagai seorang muslim yang taat, kita harus senantiasa melaksanakan setiap amalan maupun sunnah yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salh satu amalan wajib yang bisa Anda laksanakan mulai dari sekarang yakni membaca Al-Quran sebagai pedoman hidup di dunia. Terdapat berbagai macam manfaat membaca Al-Quran dan mengkhatamkan bacaan tersebut. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut akan dibahas secara lebih terperinci.

  1. Mengeratkan ukhuwah dan tali silaturahim.

Dengan mengkhatamkan Al-Quran Anda bisa melakukan khotmil quran sembari mengundang keluarga dan tetangga. Tentu hal tersebut dapat mempererat tali silaturahim dan ukhuwah.

  1. Mendapatkan syafa’at bagi pembacanya.

Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang yang senantiasa membaca Al-Quran maka insyaallah Anda di yaumul akhir nanti akan mendapatkan syafa’at melalui bacaan Al-Quran yang dibaca ketika di dunia.

  1. Sebagai obat hati dan jiwa.

Al-Quran mengandung berbagai macam nasihat, pedoman, maupun ancaman bagi kaum yang tidak bertakwa. Diantara semua hal tersebut, jika Anda rutin membacanya maka ada hikmah luar biasa yang bisa Anda dapat yakni bisa mengobati jiwa maupun hati yang keras.

Tata Cara Khatam Quran Sendiri

Setelah menyimak penjelasan sebelumnya, mungkin sebagian dari Anda akan bertanya bolehkah khotmil quran dilaksanakan sendiri tanpa mengundang keluarga maupun tetangga. Tentu jawabannya adalah boleh-boleh saja. Lantas samakah tata cara yang harus dilalui? Untuk pertanyaan tersebut akan dibahas selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Tidak jauh berbeda dengan khotmil quran yang dilaksanakan secara berjamaah, tentu setiap awal akan memulai bacaan surat dari Ad-Dhuha hingga An-Naas untuk membaca takbir:

Bacaan Takbir
Bacaan Takbir

Selanjutnya membaca doa khotmil quran doa khataman Al-Quran lengkap, dan dilanjutkan dengan membaca surat Al-Baqarah ayat 1-6. Untuk dia khotmil quran tersebut akan dibahas pada penjelasan selanjutnya.

Doa Khatam Quran Sesuai Sunnah

Doa khotmil quran doa khataman Al-Quran lengkap yang bisa Anda baca ketika melakukan khatam Al-Quran adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا بِالقُرْءَانِ

وَاجْعَلْهُ لَنَا إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًا وَرَحْمَةً

اللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِينَا

وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا

وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ ءَانَآءَ الَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ

وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahummarhamna bil quran

waj’alhulana imama wa nuro wa huda wa rohmah

Allahumma dzakkirna minhuma nasina

wa ‘alimna minhuma jahilna

warzuqna tilawatahu

ana allayli wa athro fannahar

wa’alhulana hujjatayya robbal’alamin

Artinya:

“Ya Allah, dengan Al-Quran, karunia-kanlah kasih sayang-Mu kepada hamba. Jadikanlah Al-Quran sebagai imam, cahaya, hidayah, dan sumber rahmat bagi hamba. Ya Allah, ingatkan hamba bila ada ayat yang hamba lupa mengingatnua, Ajarkan pada hamba, ayat yang hamba bodoh memahaminya. Karuniakan pada hamba kenikmatan membacanya, sepanjang waktu, baik tengah malam atau tengah hari. Jadikan Al-Quran bagi hamba sebagai hujjah, ya Rabbal-‘Alamin.”

Itu dia penjelasan singkat terkait Doa khotmil quran doa khataman Al-Quran lengkap yang bisa Anda praktikkan ketika Anda akan melaksanakan khataman Al-Quran. Terdapat berbagai macam doa khotmil quran yang ada, namun doa tersebut merupakan doa yang sering digunakan ketika melaksanakan khataman Al-Quran. Semoga bermanfaat.