✔ Doa Mandi Nifas Beserta Niat dan Tata Cara Mandi Nifas Setelah 40 Hari Melahirkan

2 min read

Doa Mandi Nifas – Mandi nifas merupakan suatu ibadah yang khusus dilakukan oleh setiap wanita muslim ketika keluar nifas. Nifas itu sendiri merupakan darah yang keluar saat wanita tersebut melahirkan anak. Jangka waktu yang terjadi setelah keluar darah nifas sendiri antara 40 sampai 60 hari, ketika sudah melewati 60 hari dan masih mengeluarkan darah itu artinya bukan darah nifas lagi.

Doa Mandi Nifas Setelah Melahirkan

Sehingga seorang wanita harus melakukan mandi janabah untuk menyucikan diri dari hadats besar. Kadangkala seorang wanita melahirkan anak tanpa mengeluarkan darah sedikitpun, sehingga wanita tersebut tetap melakukan mandi wajib walaupun tanpa mengeluarkan nifas sedikitpun. Hal tersebut dilakukan karena jika seorang wanita tidak melakukan mandi wajib maka segala peribadatan yang dilakukan tidak akan diterima amalannya oleh Allah SWT, karena wanita tersebut masih mempunyai hadats besar.

Mandi wajib sendiri merupakan suatu ibadah menyucikan diri dari hadats besar dengana cara mandi atau menyiramkan air suci dan bersih ke sekujur tubuh dan diawawil dengan niat. Hukum dari mandi wajib sendiri adalah wajib bagi setiap orang yang melakukan atau memiliki hadats besar. Jika hal ini diabaikan maka segala ibadah yang dilakukan akan tidak sah di mata Allah SWT.

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Nifas

Mengambil referensi dalil hadits dari ‘Aisyah RA dan hadits dari Maimunah (Istri Rasulullah SAW), Tata Cara mandi wajib setelah nifas yang sah adalah sebagai berikut :

  1. Mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali (dilakukan sebelum mandi wajib)
  2. Dilanjutkan dengan membersihkan bagian kemaluan dan kotoran yang ada menggunakan tangan kiri.
  3. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun.  Atau juga bisa menggunakan tanah jika tidak ada sabun.
  4. Melakukan wudhu yang sempurna sama seperti ketika kamu wudlu untuk melaksanakan sholat.
  5. Mengguyur air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke ujung rambut.
  6. Mencuci kepala bagian kanan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan ke kepala bagian kiri
  7. Pastikan air memasuki sela-sela rambut.
  8. Mengguyur air ke seluruh badan dimulai dari sisi kanan dan dilanjutkan ke bagian sisi sebelah kiri.
  9. Usahakan tanganmu tidak menyentuh bagian kemaluan karena jika tersentuh baik sengaja ataupun tidak di sengaja, kamu harus berwudhu kembali.

Mandi wajib ini tidak hanya dilakukan pada saat mengeluarkan nifas saja, akan tetapi saat seseorang tersebut mengalami keguguran atau melahirkan namun tidak mengeluarkan darah. Maka dari itu kami akan membagikan ulasan mengenai Doa Mandi Nifas yang insya Allah menjadi berkah untuk kita semua

Doa Niat Mandi Nifas

Doa niat merupakan doa yang diperuntukan untuk memulai suatu ibadah tertentu agar mendapat ridho dari Allah SWT. Banyak sekali doa niat saat melakukan ibadah, tidak terkecuali doa niat mandi nifas. Mengenai tata caranya sendiri cukup mudah, yakni setelah berdoa anda dianjurkan untuk menggunakn sabun dan melepas gelungan rambut agar air bisa menyentuh pangkal rambut anda. Sama hanya dengan mandi junub namun perbedaanya hanya pada doa niatnya saja.

Seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya :

“Kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu wudhu dengan sempurna. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya, lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya. Kemudian engkau mengambil kapas bermisik, lalu bersuci dengannya.” (HR. Bukhari no. 314 & Muslim no. 332).

Hadist di atas menyimpulkan bahwa mandi nifas ini tidak akan cukup hanya menggunakan air biasa saja, namun disertai dengan menggosok seluruh badan dengan sabun dan shampo. Adapun bacaan doa niat mandi nifas dalam bahasa arab latin dan artinya bisa anda lihat di bawah ini :

 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Lirof’i Khadatsin Nifaasi Lillaahi Ta’aala

Artinya

Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta’ala

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai doa niat mandi nifas dalam bahasa arab latin dan artinya. Bantu share info ini kepada sanak saudara atau teman teman adan agar informasi ini menjadi berkah bagi kita semua dan semoga info ini dapat membantu anda memecahkan masalah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *