Do’a Melihat Ka’bah Saat Haji dan Umrah

Do’a Melihat Ka’bah Saat Haji dan Umrah – Sebenarnya, tidak dijumpai dalil yang valid dari Rasulullah yang mengajarkan do’a khusus melihat Ka’bah. Namun ada beberapa ulama yang menganjurkan untuk membaca doa melihat Ka’bah saat haji dan umrah. Berikut doa yang sering dijumpai di masyarakat.

Doa Melihat Ka'bah

Do’a Melihat Ka’bah Saat Haji dan Umrah

Haji dan Umrah merupakan ibadah yang selalu diinginkan bagi setiap muslim, salah satunya karena bisa melihat Ka’bah langsung. Adab melihat ka’bah salah satunya yaitu mengucapkan doa. Untuk itu, simak doa melihat Ka’bah saat haji dan umrah berikut ini.

Doa Saat Melihat Ka’bah

Saat memasuki kota Makkah, dan berhenti di Ra’sur Radam, yaitu tempat pertama kali dimana Ka’bah dapat di lihat langsung, hendaknya membaca do’a melihat Ka’bah. Simak berikut ini.

لا إِلَهَ إِلَّا اللهَ واللُه أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ

وَدَارُكَ دَارُ السَّلَامِ

تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

الَّلهُمَّ إِنَّ هَذَا بَيْتُكَ عَظَّمْتَهُ وَكَرَّمْتَهُ وَشَرَّفْتَهُ

اللَّهُمَ فَزِدْهُ تَعْظِيمًا وَزِدْهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا

وَزِدْهُ مَهَابَةً وَزِدْ مَنْ حَجَّهُ بِرًّا وَكَرَامَةً

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَأَدْخِلْنِي

جَنَّتَكَ وَأَعِذْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

laa ilaha illallaha, allahu akbar, allahuma antas salam wa minkas salam wa darukas salam, tabaarakta ya dzal jalali wal ikram, allahuma inna hadza baituka ‘adzdzamtahu wa karamtahu wa syarriftahuK allahuma fazidhu ta’dziman wa zidhu tasyrifan wa takriman wa zidhu mahabatan wa zid man hajjahu birran wa karamatan, allahumaftah li abwaba rahmatik wa adkhilni jannataka wa a’idzni minasy syaithanirrajim

Artinya:

“Tidak Ada Tuhan Selain Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, engkaulah keselamatan, dari Mu keselamatan dan dari Mu adalah rumah penuh keselamatan. Maha Suci Engkau, Wahai Dzat Pemilik Keagungan dan Kemuliaan. Ya Allah, sesungguhnya ini adalah rumah Mu yang telah Engkau anugerahi kemuliaan, dan kehormatan. Ya Allah maka dari itu tambahkanlah keangungannya, dan kehormatan, tambahkan wibawanya, kebaikan dan kehormatan  bagi yang pergi ke sana. Ya Allah bukakanlah pintu-pintu Rahmat Mu dan masukkanlah aku ke dalam surgaMu serta lindungi dari godaan setan yang terkutuk .

Doa Ketika Melihat Ka’bah Saat Haji dan Umrah

Selain doa melihat Ka’bah diatas, ada do’a melihat Ka’bah saat haji dan umrah, yaitu.

لللَّهُمَّ زِدْ هَذَا البَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَبِرًّا

 وَزِدْ مِنْ شَرَفِهِ وَكَرَمِهِ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِ اعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَعظِيمًا

Allahumma zid haadzal baita tasyriifan wa ta’dhiiman wa takriiman wa mahaabatan. Wa zid man syarrafahu wa ‘adhdhomahu wakarromahu mimman hajjahu awi’tamarohu tasyriifan wa ta’dhiiman.

Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Baik (Ka’bah) ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, menghormatinya diantara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan.

Doa Melihat Ka’bah Saat Menaiki Bukit Shafa

Saat  menaiki bukit Shafa, kemudian menghadap ke arah Ka’bah hingga melihatnya. Selanjutnya yaitu membaca doa.

  اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ

وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ

Artinya:

“Allâh Mahabesar, Allâh Mahabesar, Allâh Mahabesar. Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allâh semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah segala kerajaan dan segala pujian untuk-Nya. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu”.

Itulah doa ketika melihat Ka’bah saat haji dan umrah. Bacalah doa melihat ka’bah, sebagai bentuk rasa syukur karena telah diberi kesempatan untuk melihat langsung.  Semoga Allah SWT memberikan kemuliaanNya.

Tags: