Kumpulan Doa Mensyukuri Nikmat Allah Lengkap Arab Dan Artinya

Doa Mensyukuri Nikmat – Dalam agama islam, semua perilaku sehari-hari manusia sudah diatur dengan jelas di daam kitab suci A-Quran dan hadist shahih dari Nabi Muhammad saw. Allah telah memberikan nikmat kepada umatnya yang tidak ada habisnya, oleh sebab itu kita sebagai hamba-Nya wajib mensyukuri nikmat tersebut. Ada bermacam Doa yang bisa Anda praktekkan sehari-hari. Doa ini bisa dihafalkan, kemudian diajarkan kepada anak, saudara atau orang-orang disekitar agar pahala selalu mengalir  kepada Anda.

Doa Mensyukuri Nikmat

Sebaik-baik ilmu adalah yang diamalkan dan diajarkan kepada sesama manusia. Oleh sebab itu jika Anda mempunyai pengetahuan atau ilmu segera ajarkan kepada orang lain. Sebagai contoh Anda megetahui Doa mensyukuri nikmat Allah lengkap arab dan artinya, maka akan lebih baik jika diamalkan dan diajarkan sebagai amal jariyah Anda. Amalan seperti ini akan terus mengalir meskipun Anda telah tiada di dunia.

Macam-Macam Doa Mensyukuri Nikmat

Bacaan doa mensyukuri nikmat dan terjemahannya ada bermacam-macam yang berasal dari ayat suci Al-quran. Berikut ini doa secara lengkapnya :

Doa dalam Al-quran

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ

وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ

وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Artinya

“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (QS. Al-Naml: 19).

Doa mensyukuri nikmat Allah lengkap arab dan artinya di atas, pernah digunakan oleh nabi Sulaiman sebagai rasa syukur terhadap limpahan nikmat yang diberikan kepada dirinya. Allah satu-satunya maha pemberi nikmat yang sesungguhnya dan tidak akan pernah mengecewakan makhluknya. Jadi, apabila Anda merasa bahwa hidup Anda masih serba kekurangan, ingatlah bahwa di luar sana masih banyak orang yang lebih menderita dari Anda sehingga harus banyak-banyak bersyukur niscaya Allah aka menambah nikmat tersebut.

Doa Mensyukuri Nikmat

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ

الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى

وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحً

ا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي

إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku, dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta berilah kebaikan kepadaku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada-Mu, dan sungguh aku adalah termasuk golongan orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaaf. 15).

Ucapan syukur kepada Allah SWT. bisa menggunakan doa di atas. Doa di atas juga pernah digunakan oleh sahabat Nabi yaitu Abu Bakar Assyidik sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah kepada keluarganya.

Mengucapkan Alhamdulillah

Jika doa-doa sebelumnya Anda anggap terlalu panjang, maka ada doa bersyukur  singkat dan sering digunakan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. Dengan membiasakan mengucapkan kata Alhamdulillah, Anda telah melakukan hal yang sangat baik yaitu selalu mensyukuri apapun yang diberikan oleh Allah kepada Anda. Ditambah dengan sujud syukur dan yakin di dalam hati bahwa hanya Allah SWT yag mampu memberikan kenikmatan kepada seluruh hamba-Nya.

Itulah tadi beberapa macam Doa mensyukuri nikmat Allah lengkap arab dan artinya yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari perilaku kufur yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Semoga kita semua tetap berada dalam jalan yang diridhoi Allah dan tetap menjadi hamba-Nya yang selalu bersyukur dengan apapun kondisi yang telah oleh takdirkan kepada kita, aamiin.

Tags: