Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Orang Lain Dan Milik Sendiri

Berkurban saat hari raya idul ad’ha merupakan sunnah muakad yang sangat dianjurkan dan mendapat pahala yang besar di sisi Allah SWT. Dalam agama Islam, menyembelih kurban juga tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus ada doa menyembelih hewan kurban milik orang lain dan milik sendiri. Ada syarat syah tertentu untuk melakukan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan ole umat islam. Oleh karena itu, syarat syah tersebut harus diperhatikan dan dil;akukan dengan baik dan benar.

Doa menyembelih hewan kurban milik orang lain dan milik sendiri ada bermacam-macam doanya dan harus Anda ketahui jika ingin melakukah penyembelihan hewan kurban.  Hewan kurban bisa berupa kambing, domba, sapi, kerbau dan lain-lain. Cara penyembelihannya juga hampir sama dan tidak jauh berbeda antar satu hewan dengan hewan yang lainnya. Syarat dan ketentuan penyembelihan masing-masing hewan berbeda, hal ini harus Anda pelajari agar sesuai dengan ketentuan dari syari’at agama islam.

Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Orang Lain Dan Milik Sendiri

Beberapa Doa Menyembelih Hewan Kurban

Melakukan penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan untuk diri sendiri maupun diwakikan untuk orang lain. Bacaan doanya pun berbeda antara penyembelihan untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Berikut ini kumpulan beberapa doa menyembelih qurban untuk orang lain dan untuk diri sendiri secara lengkap arab beserta artinya :

Doa Menyembelih Kurban Milik Sendiri

يعَنِّ هَذَا وَلَكَ، مِنْكَ هَذَا اَللَّهُمَّ أَكْبَرُ وَاللَّهُ اللَّه بِسْمِ

Artinya :

“Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.”

Doa menyembelih qurban ini dibacakan apabila Anda ingin melakukan penyembelihan hewan kurban milik sendiri dan tidak diwakilkan kepada orang lain. Jika Anda memiliki niat untuk melakukan penyembelihan sendiri dan tidak ingin diwakilkan, maka sebaiknya Anda menghafalkan doa tersebut agar sesuai dengan syarat wajib penyembelihan qurban.

Doa Menyembelih Qurban Mewakili Orang Lain

Berikut doa lengkap secara aran dan terjemaha bahasa indonesianya :

فُلَانٍ عَنْ هَذَا وَلَكَ، مِنْكَ هَذَا اَللَّهُمَّ أَكْبَرُ للَّهُ وَاللَّه بِسْمِ

Artinya :

Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.

Doa menyembelih hewan kurban milik orang lain dan milik sendiri memang berbeda karena niatnya juga berbeda. Doa ini dibacakan jika Anda merupakan perwakilan dari orang yang memiliki hewan qurban. Karena doanya berbeda, maka Anda harus paham dan mengetahui masing-masing doanya. Jangan sampai salah doa karena ini menyangkut dengan syarat syah berqurban.

Doa Singkat Untuk Semua Orang

Jika ada seseorang yang berkurban dan mewakilkan penyembelihannya lewat Anda, maka bisa menambahkan doa sebagai berikut ini :

فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ مِنْ تَقَبَّلْ اَللَّهُمَّ

Artinya :

“Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan,” (dengan menyebut namanya.”

Tambahkan bacaan doa ini dan sebut nama seseorang yang telah berkurban saat proses penyembelihan dengan nama lengkap beserta walinya. Jangan lupa juga sebelum melakukan proses penyembelihan, ucapkan bissmillahirahmannirrahim. Karena untuk mengawali semua kegiatan sehari-hari termasuk berkurban, sangat dianjurkan untuk mengucapkan bismillah agar Allah selalu meridhoi apa yang kita kerjakan.

Di atas ada beberapa doa menyembelih hewan kurban milik orang lain dan milik sendiri yang harus Anda ketahui dan hafalkan karena ini sangat penting untuk diamalkan. Jangan lupa juga untuk selalu mengamalkan ilmu yang dimiliki kepada orang lain agar ilmu tersebut dapat menjadi amal jariyah untuk Anda.