✅ Doa Mohon Kekuatan Iman Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Doa Mohon Kekuatan Iman – Sebagai seorang muslim sudah sepantasnya untuk memiliki iman di dalam hati. Apa itu iman ? Iman diartikan sebagai pembenaran hati atau penerimaan dalam hati akan Allah dan semua ajaran Rasul shallallahu ‘alahi wa sallam. Prinsip iman yaitu dimana hati, ucapan, dan perbuatan kita selaras, sejalan, dan memiliki keyakinan yang sama. Dimana itu semua harus dimulai dari hati yang yakin, maka semua nya akan mengikuti. Keimanan tentunya dapat bertambah dan berkurang tergantung kepada keyakinan dalam hatinya. Sehingga kita perlu memanjatkan doa mohon kekuatan iman lengkap arab latin dan artinya.

Doa Mohon Kekuatan Iman Lengkap

Dalil Mengenai Iman yang Dapat Bertambah

Berikut bukti bahwa iman dapat bertambah dan berkurang dalam Surat Al-Fath Ayat 4, berikut:

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya:

(Dialah yang telah menurunkan ketenangan) yakni ketenteraman (ke dalam kalbu orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka) kepada syariat-syariat agama, yaitu sewaktu turun salah satu daripadanya mereka langsung beriman antara lain ialah syariat berjihad. (Dan kepunyaan Allahlah tentara langit dan bumi) jika Dia menghendaki untuk menolong agama-Nya tanpa kalian, niscaya Dia dapat melakukannya (dan adalah Allah Maha Mengetahui) semua makhluk-Nya (lagi Maha Bijaksana) di dalam perbuatan-Nya, yakni Dia terus-menerus bersifat demikian.

Doa Mohon Kekuatan Iman Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Golongan orang yang beriman ialah dia yang memiliki kayakinan hati dan bergetar ketika dibacakan ayat-ayat Al-Quran. Dan mereka senantiasa menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Seperti pada firman Allah SWT berikut:

نَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتۡ قُلُوبُہُمۡ وَإِذَا تُلِيَتۡ عَلَيۡہِمۡ ءَايَـٰتُهُ ۥ زَادَتۡہُمۡ إِيمَـٰنً۬ا وَعَلَىٰ رَبِّهِمۡ يَتَوَكَّلُونَ (٢) ٱلَّذِينَ يُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقۡنَـٰهُمۡ يُنفِقُونَ (٣)أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ حَقًّ۬ا‌ۚ لَّهُمۡ دَرَجَـٰتٌ عِندَ رَبِّهِمۡ وَمَغۡفِرَةٌ۬ وَرِزۡقٌ۬ ڪَرِيمٌ۬ (٤)

Artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia. (QS. Al-Anfaal : 2-4)

Iman dapat berkurang dan bertambah, maka perlu berdoamohon kekuatan iman lengkap arab latin dan artinya.Berikut doa yang dapat dipanjatkan:

اَللهُمَّ اَعْطِنِىْ اِيْمَانًاصَادِقًا وَيَقِيْنًا لَيْسَ بَعْدَهُ كُفْرٌ وَرَحْمَةً اَنَالُ بِهَاشَرَفَ كَرَامَتِكَ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Alloohumma A’thinii Iimaanan Shoodiqon Wa Yaqiinan Laisa Ba’dahuu Kufrun Wa Rohmatan Anaalu Bihaa Syarofa Karoomatika Fid Dun Yaa Wal Aakhiroti

Artinya :

Ya Allah, berikanlah aku keimanan yang sejati dan keyakinan yang tidak disusuli oleh kekufuran, dan berilah aku rahmat untuk memperoleh kemuliaan karomah-Mu di dunia dan di akhirat.

Doa mohon kekuatan iman lengkap arab latin dan artinyaini dapat diamalkan setiap saat, baik setlah shalat fardhu, sunah, atau ketika senggang. InsyaAllah setelah membaca doa ini akan meningkatkan iman kita terhadap Allah dan Rasul-Nya. Balasan bagi orang-orang yang beriman yaitu akan diberikannya bertolongan, seperti firman Allah berikut:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ رُسُلًا إِلَىٰ قَوْمِهِمْ فَجَاءُوهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَانْتَقَمْنَا مِنَ الَّذِينَ أَجْرَمُوا ۖ وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ

“… Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar-Ruum: 47).

Maka dari itu bacalah  doa untuk mohon kekuatan iman setiap waktu ketika merasa iman berkurang. Namun bisa juga di bacakan untuk meningkatkan dan mempertebal iman. Setelah itu, seringlah mendatangi kajian-kajian agar ilmu keimanan kita terus bertambah. Demikian pembahasan tentang iman dan doa mohon kekuatan iman lengkap arab latin dan artinya.Semoga kita semua dapat memiliki iman yang kuat dan tidak mudah goyah tentunya.