fbpx
Beranda / Bacaan Doa / Doa Mohon Kesolehan Doa Nabi Ibrahim Ketika Selesai Membangun Kabah Bersama Ismail

Doa Mohon Kesolehan Doa Nabi Ibrahim Ketika Selesai Membangun Kabah Bersama Ismail

Doa Nabi Ibrahim – Umat muslim di dunia ini siapa yang tidak mengetahui Nabi Ibrahim? Ya Nabi Ibrahim adalah salah satu manusia yang diutus oleh Allah menjadi seorang nabi untuk mendakwahkan ajaran islam kepada masyarakat sekitar babilonia. Nabi Ibrahim memiliki istri bernama Siti Hajar dan dikaruniai seorang putra bernama Ismail. Atas kebesaran Allah SWT pula Nabi Ismail diutus menjadi seorang nabi sama seperti ayahnya.

Doa Mohon Kesolehan Doa Nabi Ibrahim Ketika Selesai Membangun Kabah

Ada beberapa cerita mengenai kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang dikenal umat muslim. Salah satu cerita yang paling populer yaitu Nabi Brahim dan Nabi Ismail berhasil membangun ka’bah. Selain itu Nabi Ibrahim juga melafalkan doa mohon kesolehan doa nabi Ibrahim ketika selesai membangun kabah bersama ismail. Penasaran? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Mengetahui Doa Mohon Kesolehan Doa Nabi Ibrahim Ketika Selesai Membangun Kabah Bersama Ismail

Seperti yang telah diutarakan diatas bahwa dibawah ini akan disampaikan doa mohon kesolehan yang dilafalkan oleh Nabi Ibrahim setelah selesai membangun Ka’bah. Lets check it!

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ

وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ

وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا

إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ 

 Artinya :

“Ya Tuhan Kami terimalah daripada Kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”. Ya Tuhan Kami, Jadikanlah Kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu Kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada Kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji Kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah : 127-128)

Sejarah atau kisah awal mula Nabi Ibrahim membangun ka’bah yaitu pada jaman Nabi Nuh seperti yang anda ketahui kota Mekkah dan sekitarnya terkena musibah banjir bandang sesuai yang telah diprediksikan oleh Nabi Nuh. Terjadilah banjir bandang dan kota Mekkah dan ka’bah luluhlantah. Ka’bah di kota Mekkah rusak dan tampak tidak layak lagi untuk menjadi pilar umat muslim diseluruh dunia.

Maka dari itu Allah SWT mengutus Nabi Ibrahim untuk memeperbaiki ka’bah seperti semula. Nah pada saat ka’bah selesai dibangun Nabi Ibrahim melafalkan doa diatas yang tentunya atas wahyu yang diturunkan dari Allah SWT. Ada beberapa versi bahwa Nabi Ibrahim dibantu oleh Nabi Ismail dalam merenovasi Ka’bah. Namun versi lain juga menyebutkan bahwa pada saat Nabi Ibrahim memperbaiki Ka’bah Allah SWT mengutus Siti Hajar dan Ismail pergi ke padang pasir melalui Nabi Ibrahim. Allahualam

Terjemahan dari doa ketika Nabi Ibrahim selesai membangun ka’bah memiliki arti yang sangat indah yaitu berisi permohonan kepada Allah SWT untuk selalu menerima segala permohonan yang diajukan oleh umatnya. Tidak hanya itu terjemahan diatas juga menjelaskan permohonan agar setiap umat muslim didunia selalu tunduk dan menyembah Allah SWT bukan yang lainnya.

Doa diatas terdapat di dalam Al Quran lebih tepatnya pada Surah Al Baqoroh ayat 127-128. Selain itu doa ini juga dapat dilafalkan ketika anda selesai menunaikan sholat 5 waktu setiap harinya.

Nah bagaimana penjelasan mengenai doa mohon kesolehan doa nabi Ibrahim ketika selesai membangun kabah bersama ismail sudah jelas bukan? Semoga uraian diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca dimanapun anda berada.

Tinggalkan komentar