Doa Nabi Zakaria AS Untuk Meminta Keturunan Anak Paling Mujarab!

Doa Nabi Zakaria AS – Sudah sepantasnya jika sepasang pasangan suami isteri menginginkan hadirnya sang buah hati. Kehadirannya mampu memberikan warna tersendiri dalam kehidupan pernikahan mereka. Anak memang titipan Allah SWT yang wajib kita jaga dan kita didik dengan sepenuh hati. Namun, bagaimana jika selama kehidupan pernikahan berjalan belum juga muncul tanda-tanda kehadirannya.

Tak jarang pasangan suami isteri yang belum mempunyai anak akan melakukan segala cara, baik dengan melalui bayi tabung, program kehamilan dan lain sebagainya. Tahukah Anda bahwa ternyata program kehamilan pun sebenarnya pernah dilakukan oleh Nabi kita terdahulu. Meski program kehamilan tersebut tentu berbeda teknik, menyesuaikan pada zamannya. Namun, berkat doa yang beliau panjatkan untuk meminta anak, beliau dianugerahi oleh Allah keturunan di usianya yang sudah tidak muda lagi. Lantas, bagaimana doa Nabi Zakaria as untuk meminta anak tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Doa Nabi Zakaria AS

Kisah Nabi Zakaria Meminta Keturunan

Diantara kisah-kisah rasul Allah SWT yang wajib kita imani, terdapat kisah yang sudah tidak asing lagi bagi kita kaum muslimin. Kisah Nabi Ibrahim as dan Kisah Nabi Zakariya as perihal permohonan untuk meminta keturunan kepada Allah SWT adalah salah satu kisah yang akan dijelaskan dalam pembahasan kali ini. Seperti dikisahkan dalam Al Quran, Nabi Ibrahim dan Nabi Zakariya memang belum juga dikaruniai seorang putra, padahal usia keduanya kala itu sudah terbilang senja. Meski kedua kisah tersebut memiliki inti sari yang sama, artikel ini hanya akan membahas salah satu diantaranya saja yakni Nabi Zakaria as.

Kala itu, Nabi Zakaria as sudah memiliki umur yang tidak muda lagi. Istri beliau mandul, sehingga tidak memungkinkan untuk memiliki seorang putra. Sedangkan beliau berharap dapat memiliki seorang putra agar garis keturunan kenabian tidak terputus, sehingga masih bisa berdakwah sembari membumikan ajaran Islam dan ajakan untuk menyembah Allah SWT.

Dikisahkan pada suatu masa, Nabi Zakaria mendatangi mihrab Siti Maryam. Beliau kaget melihat banyak sekali makanan di sisi Maryam. Hal tersebut terjadi berulang kali, hingga Nabi Zakaria bertanya pada Maryam. Maryam hanya menjawab “itu dari Allah”. Sejak saat itu, di mihrab Siti Maryam beliau berdoa kepada Allah untuk dikaruniai seorang keturunan. Adapun doa Nabi Zakaria as untuk meminta anak adalah sebagai berikut.

Doa Nabi Zakaria Al Imran Ayat 38

Doa Nabi Zakariya Mendapatkan Keturunan Anak Al Imran Ayat 38
Doa Nabi Zakariya Mendapatkan Keturunan Anak Al Imran Ayat 38

Robbi hablii miladunka dzuriyyatan thoyyibatan innaka samii’uddu’aa

Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa” (Q.S Ali-Imran: 38)

Jawaban Allah Atas Doa Nabi Zakaria

Ketika beliau sholat, malaikat Jibril datang membawa jabar gembira bahwasanya beliau akan mendapat keturunan bernama Yahya. Sebelumnya Allah belum pernah menciptakan seperti dia, dan kelak dia akan menjadi seorang nabi juga seperti beliau. Mendengar kabar tersebut, beliau masih tidak percaya bahwa di usianya yang sudah senja akan mendapatkan seorang keturunan. Terlebih beliau pun tahu bahwa isterinya mandul, meski demikian Nabi Zakaria sangat bersuka cita mendengar doa beliau diijabah oleh Allah SWT.

Adapun hikmah dari kisah tersebut yakni selalu yakin pada doa yang kita panjatkan karena Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Disamping itu, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah atas segala hal karena beliaulah pemilik alam semesta beserta apa yang ada didalamnya. Wallahua’lam bishowab.

Itu dia penjelasan singkat mengenai doa Nabi Zakaria as untuk meminta anak. Setelah menyimak penjelasan tersebut, semoga iman kita bisa semakin bertambah dan dapat menjadikan kita semua sebagai hamba Allah yang penuh dengan syukur. Semoga artikel tersebut bermanfaat.