Doa Naik Kendaraan Darat Laut Dan Udara Lengkap Terbaru 2019

Doa Naik Kendaraan – Assalamu’alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang kembali di doaseharihari, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam doa yang sering kita baca dan panjatkan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehrai-hari.

doa naik kendaraan laut

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai doa naik kendaraan yang di dalamnya ada pembahasan mengenai doa naik kendaraan darat, doa naik kendaraan laut, dan doa naik kendaraan udara.

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada kita tentang berbagai macam ilmu ketauhidan dan juga selalu menganjurkan kita untuk selalu berdoa dengan mengingat hanya kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan agar selalu membaca doa ketika sedang naik kendaraan saat sedang melakukan suatu perjalanan. Hal ini tentunya sebagai bentuk permohonan kita kepada Allah SWT agar selalu di berikan perlindungan dan juga penjagaan dari segala macam mara bahaya.

Baca Juga : Doa Sholat Tahajud

Dalam beberapa hadits, ada rieayat bahwa nabi Muhammad SAW selalu membaca doa di bawah ini apabila sedang melakukan suatu perjalanan, berikut iniadalah doa yang selalu beliau panjatkan saat akan menaiki kendaraannya.

Doa ini tentunya sangat baik sebagai doa kendaraan darat, kendaraan laut dan kendaraan udara.

Doa ini ada dalam hadits shahih Riwayat Imam Muslim: 2392, Ibnu Huzaimah:2340, dan yang lainnya juga mengatakan bahwa doa inilah yang memang di baca oleh Nabi Muhammad SAW ketika beliau menaiki kendaraan. Berikut adalah doa naik kendaraan darat, laut maupun udara beserta artinya:

doa naik kendaraan dalam al quran dan hadits
Sumber : https://alquranmulia.wordpress.com/

Doa Berkendara Darat

doa naik kendaraan mobilBerikut adalah doa untuk naik kendaraan darat yang sebenarnya tidak berbeda jauh denngan doa untuk naik kendaraan umum yang lainnya. Berikut ini adalah doa naik kendaraan darat beserta artinya:

doa naik kendaraan darat
Sumber : http://www.blogkhususdoa.com

Doa Naik Kendaraan Udara

doa naik kendaraan udara
Sumber : https://me4world.wordpress.com

Bacalah doa di atas saat nai kendaraan udara, doa diatas asalnya merupakan dari Al Quran, tepatnya dalam surat Huud ayat 41. Sebenarnya pada zaman Rasulullah SAW, doa ini hanya di baca saat akan melakukan perjalanan lewat laut saja.

Namu setelah adanya kapal terbang, doa ini pun bisa di baca saat kita akan menaiki pawat terbang, jadi sebenarnya memang doa untuk naik kendaraan laut mau pun naik kendaraan udara itu sama saja.

Sebelum membaca do di atas, ada baiknya apabila kita membaca basmalah terlebih dahulu, baru setelah itu bacalah do di atas dengan penuh kekhusyukan untuk meminta perlindungan kepada Allah SW agar dapat selamta selama perjalanan tanpa adanya gangguan apa pun yang dapat mengancam diri.

Apabila anda belumhafal doa di atas, akan tetapi akan melakukan perjalanan dengan kendaraan, maka anda bisa menggantinya dengan doa yang lain, misalnya dengan membaca surat Al Fatihah dan surat Al Falaq.

Pembacaan surat Al Fatihah adalah bertujuan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, karena memang isi dari Surat Al Fatihah adalah kumpulan dari beberapa ayat yang ada di bagian dalam Al Quran, yang merupakan kitab suci bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Sedangkan pembacaan surat Al Falaq adalah agar kita dapat terhindat dari berbagai macam gangguan yang mungkin saja bukan dari faktor manusia atau alam, melainkan gangguan yang berasal dar jin atau setan yang dapat membuat diri kita celaka.

Adab Naik Kendaraan Dalam Islam

Agama islam merupakan satu-satunya agama yang memiliki adab dalam segala hal yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari bangun pagi sampai dengan kita akan tidur. Salah satunya adalah adab saat kita akan menaiki kendaraan.

Selain membaca doa kendaraan, nabi Muhammad SAW juga telah mengajarkan bagaimana adab yang harus kita perhatikan saat naik kendaraan bagi seorang yang beragama islam. Dan berikut ini adalah beberapa adab yang harus selalu kita perhatikan saat nebaiki kendaraa:

  • Sebelumnya berniatlah dan bertujuan yang baik untuk berkendara.
  • Selama perjalanan, sangat dianjurkan untuk selalu berdzikir dengan selalu mengingat hanya kepada Allah SWT saja.
  • Pilihlah jenis kendaraan yang akan naiki, dan perhatikanlah bahwa kendaraan yang telah anda pilih benar-benar dalam keadaan yang bagus dan masih layak untukdi naiki sebagai kendaraan anda.
  • Kita harus selalu taat danmenghormati segala peraturan yang ada di dalam kendaraan yang kita naiki.
  • Berdzikirlah ketika menemui jalan yang kurang bagus atau pun yang mendaki dan menurun.

Video Doa Naik Kendaraan

Berikut ini adalah beberapa video yang berhubungan dengan doa berkendara yang mungkin dapat membantu anda dalam segi pelafalan untuk doa naik kendaraan. Ya, pelafalan memanglah hal yang sangat penting dan haruslah kita perhatikan dalam membaca semua doa, karena apabila pelafalan yang kita lakukan salah, bisa terjadi kemungkinan terjadinya kesalahan arti.

Demikianlah pembahsan yang dapat saya lakukan mengenai doa dalam berkendara, yang di dalamnya juga berisi pembahasan mengenai doa naik kendaraan darat, doa naik kendaraan laut, dan doa naik kendaraan udara.

Baca Juga : Doa Sholat Dhuha

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai doa naik kendaraan, dan semoga anda dapat mengamalkannya saat anda akan melakukan perjalanan yang mengharuskan anda untuk menaiki kendaraan.

Dan saya berpesan kepada anda agar sering-seringlah untuk mampir di website doa sehari hari apabila anda sedang mencari tahu mengenai doa apa pun yang sering kita baca dan panjatkan kepada Allah SWT dalam berbagai kesempatan.

Terima kasih telah membaca. Semoga dapat memberi banyak manfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan. Wassalamu’alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: