Doa Ngapati: Doa 4 Bulan Kehamilan Lengkap Bahasa Arab Latin dan Terjemahannya

Doa Ngapati – Sesuai ajaran Islam di Indonesia, biasanya ibu hamil ketika memasuki fase 4 bulan akan diadakan doa bersama. Adapun maksud dari doa bersama tersebut yakni untuk meminta keridhoan Allah atas anak yang dikandungnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Allah akan menentukan rezeki, jodoh, maut hingga meniupkan ruh ke janin yang dikandung seorang ibu hamil pada usia kehamilan empat bulan. Maka banyak pasangan suami isteri yang mengamalkan doa ngapati doa empat bulan kehamilan lengkap bahasa Arab latin dan terjemahannya seperti yang akan dibahas berikut ini.

doa ngapati

Surat Al Quran Untuk 4 Bulan Kehamilan

Kehamilan merupakan tahapan yang paling dinanti oleh pasangan suami isteri, karena mellaui tahapan ini mereka akan diakruniai seorang keturunan. Dalam Islam diketahui bahwa ruh akan ditiupkan ke janin pada masa kehamilan berusia 4 bulan. Tidak hanya itu saja, pada usia kehamilan tersebut ketentuan lain yang mengikat si janin juga turut Allah tentukan seperti jodoh, rezeki dan juga takdir kematiannya. Maka tidak heran jika seorang ibu hamil biasanya akan melakukan doa bersama sekaligus syukuran untuk meminta keridhoan Allah terhadap sang jabang bayi.

Dalam bahasa Jawa ritual seperti yang disebutkan sebelumnya disebut dengan ngupati. Ketupat (kupat) yang dijadikan sebagai makanan yang akan disedekahkan merupakan dasar penamaan ritual tersebut yakni ngupati. Dimaksudkan sebagai wujud syukur serta memohon doa agar dimudahkan dan dilancarkan selama masa kehamilan. Maka dalam pelaksanaannya diiringi dengan doa dan bacaan surat-surat di Al-Quran. Adapun surat dalam Al Quran yang sering dibaca dalam acara ini diawali dengan pembacaan Surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan surat lainnya, seperti QS Al Mu’minun, QS Al Baqarah, QS Luqman, QS Al Ahqaf, QS Maryam, QS Yusuf dengan beberapa ayat pilihan.

Surat-surat di dalam Al Quran tersebut dipilih karena mengandung makna yang baik untuk si jabang bayi. Setelah membaca surat tersebut biasanya dilanjutkan dengan membaca doa ngapati doa empat bulan kehamilan lengkap bahasa Arab latin dan terjemahannya seperti yang akan dibahas pada penjelasan selanjutnya.

Doa Walimatul Hamli 4 Bulan

Selepas membaca surat dalam Al Quran seperti yang disebutkan sebelumnya, selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa ngupati seperti berikut ini.

Doa Arab

Doa Hamil 4 Bulan

Doa Latin

Allahummahfazd waladii maadaama fii bathnika wasyfihi anta syaafil laa syifaa illa syofaauka syifaa allaa yughaadiru saqama. Allahumma showwirhu hasanata watabbit qalbahu iimaanambika wabi rasuulika. Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlaw watasliimaa. Allahummaj’alhu shohiihan kaamilaw wa’aaqilan hadziqon ‘aliman ‘aamilaa. Allahumma thowwil ‘umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu ‘alaihi wa sallam. walhamdulillahi robbil ‘aalamiin

Artinya

Ya Allah, peliharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa menyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun. Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaknya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Alquran dan Alhadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam”.

Itu dia penjelasan mengenai doa ngapati doa empat bulan kehamilan lengkap bahasa arab latin dan terjemahannya. Terdapat satu hal yang harus Anda pegang teguh yakni niatkan acara tersebut untuk meminta keridhoan Allah, jangan sampai ada niat riya’ (sombong) ya. Semoga bermanfaat.