✅ Lafadz Doa Niat Mandi Wajib Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya

2 min read

Doa Niat Mandi Wajib – Jika Anda berada pada keadaan hadas besar seperti setelah berhubungan suami istri, setelah menyutubuhi istri atau setelah keluar mani, maka tentunya anda diwajibkan untuk menyucikan diri. Caranya yaitu dengan melakukan mandi wajib atau mandi junub. Mandi wajib dilakukan supaya tubuh, pikiran hati kembali bersih. Mandi wajib atau mandi junub diperuntukan bagi kaum muslimin setelah berada pada kondisi junub.

Mandi wajib dilakukan dengan tujuan membersihkan diri dari supaya dapat melakukan aktivitas dan beribadah. Bagi kamu muslim yang berada pada kondis junub, tidak boleh melakukan ibadah sholat, puasa, membaca Al-Qur’an dan memegang mushaf. Sedangkan bagi mandi wajib sudah diperbolehkan melakukan ibadah seperti seperti sholat, puasa, membaca Al-Qur’an, memegang mushaf, berdiam diri dalam masjid bahkan haji dan umrah.

Mandi wajib memiliki niat doa mandi wajib dan tata cara tersendiri dalam melaksanakannya. Supaya mandi wajib anda menjadi sempurna, maka anda harus tahu bagaimana caranya dan niat doa yang harus diucapakn. Berikut ini lafadz doa niat mandi wajib lengkap bahasa arab latin dan artinya

Lafadz Doa Niat Mandi Wajib Lengkap Arab Latin dan Artinya

Mandi merupakan suatu kegiatan untuk membersihkan diri dari kotoran. Untuk mandi wajib tidak hanya membersihkan diri dari kotoran atau hadast besar, tetapi juga untuk menyucikan diri. Hal ini supaya kaum muslimin dapat melakukan ibadah seperti biasanya sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam agama. Agar mandi wajib anda menjadi sempury, tentunya dilakukan dengan mambaca doa niat mandi wajib.  Oleh sebab itu, mari  simak lafadz doa niat mandi wajib lengkap dengan bahasa arab latin dan  artinya berikut ini.

Keutamaan Doa Niat Mandi Wajib

Jika hadast kecil bisa disucikan dengan berwudhu, lain halnya dengan hadast besar yang mensucikannya dilakukan dengan mandi. Mandi wajib merupakan mandi yang wajib dilakukan kaum muslimin baik wanita maupun lelaki setelah mengalami beberapa keadaan. Mandi wajib berbeda dengan mandi pada umumnya. Mandi wajib dilakukan dengan tata cara khusus dan diwajibkan dengan membaca doa niat mandi wajib. Hal tersebut untuk menyempurnakan mandi wajib anda dan supaya dinilai ibadah oleh Allah SWT.

Doa Niat Mandi Wajib

Mandi wajib merupakan mandi yang harus dilakukan oleh kaum muslim dalam beberapa keadaan. Keadaan tersebut yaitu keluarnya mani pada kamu pria, bertemunya organ intim walaupun air mani tidak keluar, saat darah haid dan nifas berhenti, saat orang kafir masuk Islam, dan saat kematian. Supaya mandi wajib menjadi sempurna, maka disertakan dengan niat dan darinya. Berikut ini lafadz doa niat mandi wajib lengkap bahasa Arab latin dan artinya secara umum.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbarii FardhalLillahi Ta’aala”

Doa Mandi Wajib / Junub Bahasa Indonesia

saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.

Doa Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri Bahasa ArabDoa Mandi Junub Setelah Berhubungan Suami Istri Bahasa Arab

Tata Cara Mandi Wajib

Setelah mengetahui doa niat mandi wajib, sebaiknya juga mengetahui tata cara mandi wajib yang benar dan urut. Mandi wajib di awali dengan memebaca niat menghilangkan hadast besar. Selanjutnya membersihkan kedua tangan sebanyak tiga kal. Dengan tangan kiri, kemudian membersihkan kemaluan serta kotoran di sekitarnya dan cuci kedua tangan kembali. Melakukan wudhu dengan tata cara dan urutan yang sempurna. Kemudian, ambil air dan menyiramkannya ke kepala sebanya tiga kali dimulai dari bagian kanan. Rambut kemudian di sela-sela dengan jari. Langkah selanjutnya yaitu mengguyur pada seluruh tubuh dimulai dari sisi kanan kemudian sisi kiri. Jangan lupa juga membersihkan area badan yang susah dijangkau.

Itulah lafadz doa niat mandi wajib lengkap bahasa Arab Latin dan artinya. Lakukanlah mandi wajib sesuai dengan rukun dan syarat yang telah ditetapkan. Jangan lupa pula sertakan niat doa mandi wajib.

Bacaan Niat Tayammum, dan Tata Cara Bertayammum yang Benar

Tayamum adalah cara bersuci selain mandi dan wudlu. Tujuan Tayamum untuk meringankan seseorang dalam bersuci sebab tidak bisa menggunakan air karena berbagai halangan. Bersuci dengan...
Ani Wahyuni
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *