Doa Niat Untuk Mandi saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

1 min read

Doa Niat Untuk Mandi saat Hari Raya – Momen idul fitri maupun idul adha merupakan ibadah yang cukup besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan selain  dirayakan oleh seluruh kalangan umat Islam, momen ini juga menjadi sebuah amalan ibadah yang memiliki pahala yang cukup tinggi jika dilaksanakan. Solat idul fitri dilaksanakan pada saat satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa id bulan ramadhan sedangkan solat idul adha dilaksanakan pada tanggal 10 dhulhijjah yang bertepatan juga dengan ibadah haji.

Doa Niat Untuk Mandi saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Biasanya untuk ekdua hari raya tersebut selalu diawali dengan solat ied yang dilaksanakan pada pagi hari dan disunnahkan juga unutk mandi sebelum melaksanakan ibadah solat ied. Dalam melakukan mandi tersebut juga terdapat doa niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha, mungkin hal ini baru bagi adna semua. Namun terlepas dari itu semua, doa niat tersebut bertujuan agar segala ibadah yang akan dilakukan kedepannya akan mendapat ridho dari Allah SWT. Maka dari itu kami akan membagikan doa niat mandi sebelum solat ied dilaksanakan hanya untuk anda.

Doa Niat Mandi Sebelum Solat Ied Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Dalam sebiah hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad, Rasululluah SAW bersabda :

عَنْ الفَا كِهِ بْنِ سَعْدٍ

أَنَّ النَّبِّىَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ

وَيَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ

Artinya : “Dari Fakih bin Sa’ad, Bahwa sanya Nabi Saw, mandi pada hari Jum’at, hari Arafah, hari raya Fitri dan pada hari raya Haji.” ( H.R Abdullah bin Ahmad )

Sabda Rasulullah SAW tersebut menjelaskan bahwa sebelum melaksanakan ibadah solat ied hari raya, dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Mandi tersebut memilki tujuan memberi kenyamanan serta ketentraman saat melakukan ibadah solat ied hari raya. Sementara tata cara mandi tersebut hampir sama seperti mandi pada umumnya namun sebelum itu anda harusn melakukan doa niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha agar diridhoi oleh Allah SWT. Untuk membaca doa niat tersebut akan kami bagikan di bahasan di bawah ini :

Doa Niat Mandi Solat Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiedil fithri sunnatan lillaahi ta’ala

Artinya : “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta’ala”

Doa niat mandi solat idul adha

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiedil adhaa sunnatan lillaahi ta’alaa

Artinya : “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala”

Demikian ulasan singkat dari kami tentang doa niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha untuk anda. Semoga segala ibadah yang akan dilakukan oleh anda akan mendapat ridho dari Allah SWT dan ulasan ini semoga bisa menjadi panduan anda dalam melakukan ibadah solat idul fitri maupun solat idul adha. Apabila anda merasa belum puas dengan ulasan dari kami ini, anda bisa menjadi sumber referensi lain dari internet atau buku yang bisa anda cari di perpustakaan.

Bacaan Niat Tayammum, dan Tata Cara Bertayammum yang Benar

Tayamum adalah cara bersuci selain mandi dan wudlu. Tujuan Tayamum untuk meringankan seseorang dalam bersuci sebab tidak bisa menggunakan air karena berbagai halangan. Bersuci dengan...
Ani Wahyuni
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *