Doa Orang Tua dan Doa Anak Sholeh adalah Doa Mustajab beserta Hadits yang Mendukungnya

Doa Orang Tua dan Doa Anak Sholeh – Hubungan orang tua dan anak adalah salah satu hubungan yang dapat dikatakan kekal, atau tidak akan terputus, apa pun yang terjadi di antara keduanya. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari fakta bahwa anak adalah karunia terbesar yang bisa didapat oleh orang tua. Anak adalah titipan dari Allah SWT. kepada orang tua untuk dilahirkan, dibesarkan, dan dibimbing agar menjadi pribadi yang bertaqwa kepada Tuhannya.

Hubungan kuat di antara orang tua dan anak ini menciptakan kekuatan yang membuat doa di antara keduanya menjadi mustajab. Untuk itulah penting bagi orang tua mendoakan anaknya segala sesuatu yang baik, dan anak pun perlu mendoakan segala yang baik untuk orang tuanya. Tercatat, beberapa kali Nabi Muhammad SAW melalui hadits-haditsnya menjelaskan bagaimana doa orang tua dan doa anak sholeh adalah doa mustajab.

Hadits Mengenai Doa Orang Tua dan Doa Anak Sholeh adalah Doa Mustajab

Hadits Doa Orang Tua

Hadits Doa Orang Tua tidak Akan Tertolak

Ada banyak hadits dari Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan bagaimana doa orang tua dan doa anak sholeh adalah doa mustajab. Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

Artinya: “Tiga doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797).

Berdasarkan hadits tersebut, dapat kita pahami bahwa doa yang dipanjatkan oleh orang tua untuk anaknya adalah doa yang tidak tertolak, atau mustajab. Karenanya, sangat penting bagi orang tua untuk senantiasa mendoakan anaknya segala sesuatu yang baik, agar sang anak dapat menjadi apa yang diharapkan, dan menghindari doa-doa yang buruk.

Hadits Doa Orang Tua adalah Doa Mustajab

Hadits lain yang menerangkan bagaimana doa orang tua dan doa anak sholeh adalah doa mustajab diriwayatkan oleh Abu Hurairahradhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Artinya: “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Riwayat ini menyebutkan bahwa doa baik orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab.

Hadits Doa Anak Kepada Orang Tua

Hadits Doa Anak Sholeh

Sebaliknya, doa anak sholeh yang dipanjatkan untuk kedua orang tuanya juga merupakan doa yang mustajab. Hal ini didasarkan pada haditsAbu Hurairahradhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Apabila manusia mati maka amalnya terputus kecuali karena tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakan orang tuanya”. (HR. Ahmad 9079, Muslim 4310, Abu Daud 2882 dan yang lainnya).

Hadits di atas secara gamblang menjelaskan bagaimana anak sholeh memiliki keistimewaan yang membuat doa-doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Karenanya, penting untuk diingat bahwa sebagai anak, kita wajib untuk mendoakan kedua orang tua kita dengan semua yang baik, sebagai bukti kebaktian kita kepada mereka.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai doa orang tua dan doa anak sholeh adalah doa mustajab dan hadits-hadits yang menerangkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda.