Do’a Sebelum dan Sesudah Belajar dalam Bahasa Arab, Latin Lengkap dengan Arti Terjemahannya

Do’a Sebelum dan Sesudah Belajar–  menjadi suatu hal yang wajib bagi kita, dari yang awalnya kita tidak tahu menjadi tahu, belajar tak mengenal batasan usia, belajar adalah  usaha yang kita lakukan untuk memahami suatu ilmu dan membutuhkan proses agar ilmu tersebut bisa kita kuasai dan bisa kita pahami dengan cepat dan mudah. Dengan berdo’a terlebih dahulu insyaAllah atas izinNya semua ilmu yang kita pelajari dapat kita pahami dengan cepat dan mudah, yuk do’a dulu sebelum belajar.

Bacaan Do’a Sebelum Belajar

LafadzArab

Lafadz Do’a Sebelum Belajar
Lafadz Do’a Sebelum Belajar

Latin

 “Rodliitu billahirobba, wabil islaamidiina, wabimuhammadin nabiyawwarasuula, rabbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa.”

Terjemahan / Arti

Kami ridlo Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Dengan berdo’a terlebih dahulu sebelum belajar, maka akan banyak sekali hikmah yang kita diterima.

Bacaan Do’a Sesudah Belajar

Lafadz Arab

Lafadz Do’a Sesudah Belajar
Lafadz Do’a Sesudah Belajar

Latin

“Allahumma Inni Istawdiuka Maa ‘allamtaniihi fardudhu ilayya inda khajati walaa tansaniihi ya rabbal ‘Alamin”

Terjemahan / Artinya

Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan Pemelihara Alam

Keutamaan Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar / Menuntut Ilmu

1. Ilmu menjadi berkah

Mencari ilmu hukumnya wajib bagi seorang muslim baik yang laki-laki maupun perempuan. Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Al baihaqi yang artinya:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

“Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (H.R. Al-Baihaqi)

Dengan berdoa, membuat ilmu yang kita pelajari menjadi lebih berkah. Karena, kita melibatkan Allah dalam proses pencarian ilmu tersebut, sehingga Allah akan ridlo dan memberikan banyak berkah dan pahala kepada mereka yang memulai belajar dengan berdoa terlebih dahulu.

2. Dimudahkan Dalam Belajar 

Dalam menuntut ilmu dan belajar, pasti akan ada banyak rintangan yang akan menghampiri mulai dari rasa malas, mengantuk, bosan dan banyak lagi yang lainnya.
Dengan membaca do’a sebelum belajar, maka Allah akan memudahkan kita dalam menerima ilmu yang dipelajari. Dengan begitu ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang disekitar. Seperti yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya.

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (Al Mukmin: 60)”

3. Mendapat Pahala

Do’a merupakan bagian dari ibadah. Makin banyak do’a diamalkan maka makin banyak imbalan atau pahala yang akan didapatkan.

Video Do’a Sebelum dan Sesudah Belajar

Demikian Artikel mengenai Do’a Sebelum dan Sesudah Belajar Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya. Jika ingin menambah pahala, silahkan klik bagikan artikel ini kepada teman, saudara dan keluarga melalui sosial media. Semoga bermanfaat untuk kelancaran ibadah para pembaca.