๐Ÿฝ Ini Dia Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum Lengkap Bahasa Arab Latin dan Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum – Membaca doa sebelum dan sesudah makan minum lengkap bahasa Arab latin dan artinyaadalah hal yang penting dan harus dilakukan setiap melakukan aktivitas makan dan minum. Ketika membaca doa sebelum makan adalah suatu bentuk permohonan kepada Allah SWT agar apa yang kita makan menjadi suatu keberkahan dan permohonan agar makanan dan minuman yang dimakan halal dan tidak ada campur tangan dari setan dan iblis. Lalu membaca doa setelah makan dan minum adalah bentuk rasa syukur atas nikmat makan dan minum yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan Minum Lengkap Bahasa Arab Latin dan Artinya

Berikut dibawah ini adalah doa sebelum dan sesudah makan minum:

Doa Sebelum Makan

Yang pertama adalah doa sebelum makan atau doa mau makan yang akan kita bahas dalam bacaan doa sebelum dan sesudah makan minum lengkap bahasa Arab latin dan artinya

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูููŠู’ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ุชูŽู†ูŽุง ูˆูŽู‚ูู†ูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู

Alloohumma Baarik Lanaa Fiimaa Razaqtanaa Waqinaa ‘Adzaa Bannaar

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa sebelum makan atau doa mau makan ini sangat penting dibaca ketika akan menyantap hidangan. Sebab agar makanan yang kita makan menjadi manfaat dan keberkahan untuk tubuh kita.

Doa Sesudah Makan

Berikutnya ada doa sesudah makan yang ada dalam bacaan doa sebelum dan sesudah makan minum lengkap bahasa Arab latin dan artinya.Berikut ini adalah doanya:

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูู„ู„ู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุงูŽุทู’ุนูŽู…ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุณูŽู‚ูŽุงู†ูŽุง ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽู†ูŽุง ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ

Alhamdulillaahil Ladzii Ath’amanaa Wa Saqoonaa Wa Ja’alanaa Muslimiinย 

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, ย serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Doa sesudah makan dan minum ini penting juga untuk kita baca. Sebab dengan membaca doa sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan berkah makan yang telah kita santap.

Doa Ketika Lupa Membaca Doa Sebelum Makan

Ketika asyik sedang makan atau telah selesai makan kita barusadar sebelumnya kita belum membaca doa maka dari itu kita harus membaca doa ketika makan lupa membaca doa, berikut ini adalah doanya:

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ููู‰ู ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุขุฎูุฑูู‡ู

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkanโ€œBismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Hal tersebut menunjukkan bahwa membaca doa sebelum makan sangat penting sekali.

Doa Sebelum Minum

Sebelum Minum tidak ada doa khusus, hanya saja dianjurkan untuk membaca Bismillahirrahmannirrahim.

Doa Sesudah Minum

Berikutnya adalah doa sesudah makan dan minum, nah beginilah doa sesudah minum yaitu:

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูู„ู„ู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุฌูŽุนูŽู„ูŽู‡ู ุนูŽุฐู’ุจู‹ุง ููุฑูŽุงุชู‹ุง ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ู…ูู„ู’ุญู‹ุง ุงูุฌูŽุงุฌู‹ุง ุจูุฐูู†ููˆู’ุจูู†ูŽุง

Alhamdulillaahil Ladzii Ja’alahuu ‘Adzbam Furootam Birohmatihii Wa Lamyaj’alhu Milhan Ujaajam Bidzunuubinaa

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Itu dia doa sebelum dan sesudah makan minum lengkap bahasa Arab latin dan artinyayang harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Doa-doa diatas sangat penting kita amalkan agar makanan dan minuman yang kita santap menjadi sumber keberkahan yang mengalir dalam tubuh kita.