Lafadz Doa Sebelum Tidur dan Doa Setelah Bangun Tidur Bahasa Arab Latin Dan Artinya

Doa Sebelum Tidur dan Doa Setelah Bangun Tidur – Saat Anda masih kecil, tentunya anda telah diajarkan bacaan doa sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Bahkan mungkin saat kecil, anda tidak pernah melewatkan doa tersebut. Namun seiring dengan bertambahnya umur dan aktivitas, seseorang seringkali tidur dan bangun tidur tanpa membaca doa yang pernah diajarkan tersebut.

Terdapat banyak faktor yang membuat anda lupa untuk membaca doa. Seperti karena terlalu lelah, sehingga anda langsung tidur atau mungkin kebiasaan membaca doa sudah tidak melekat lagi. Oleh sebab itu, untuk membangun kebiasaan baik anda sebelum dan setelah tidur maka ada baiknya untuk diingatkan bagaimana doanya.

Doa Sebelum Tidur dan Doa Setelah Bangun Tidur

Doa Sebelum Tidur dan Doa Setelah Bangun Tidur

Tidur merupakan kegiatan istirahat dari aktifitas yang telah dikerjakan sebelumnya. Tidur juga kondisi saat dimana orang seperti meninggal dan menjadi sangat lemah. Sedangkan bangun tidur merupakan pertanda bahwa seseorang masih diberikan umur panjang. Agar selama tidur anda selalu dalam lindungan Allah SWT maka wajib untuk membaca doa sebelum tidur. Dan ketika bangun tidur juga membaca doa sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diperoleh. Oleh sebab itu, simak lafadz doa sebelum tidur dan doa seteleh bangun tidur bahasa Arab latin dan artinyadi bawah ini.

Doa Sebelum Tidur

Jika anda hendak tidur, maka bacalah doa sebelum tidur. Karena saat tidur, kita tidak mampu menguasai diri sendiri, tidak bisa mengendalikan semua tubuh, bahkan jenis mimpi saat tidurpun tidak bisa ditentukan sendiri. Bacaan doa ini mungkin tidak asing lagi bagi anda.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Doa Setelah Bangun Tidur

Selain doa sebelum tidur, setelah bangun tidur juga memiliki bacaan doanya sendiri. Langsung saja, mari kita simak Doa setelah bangun tidur.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdu Lil-laahil-ladzii ahyaanaa ba’da maka aamaatanaa wa ilaihi nusyuur.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.” (HR. Bukhari)

Manfaat Membaca Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur

Akan sangat baik jika anda selalu ingat doa di atas. Tidur merupakan mati kecil sehingga sebelum tidur kita harus membaca doa untuk memohon perlindungan dari Allah dari segala macam bahaya. Selama tidur, anda adalah makhluk yang sangat lemah. Anda tidak memiliki kekuatan untuk melindungi diri sendiri. Bahkan saat tidur, sering menjadi incaran bagi setan dan jin untuk diganggu. Sehingga tidur menjadi tidak nyaman dan mengalami mimpi buruk.

Doa setelah bangun tidur juga harus diucapkan bagi seorang muslim. Hal ini sebagai bentuk untuk mengingat Allah SWT dan rasa Syakur karena telah dibangunkan dari tidur untuk diberi umur panjang. Selain juga mendapat pahala, anda juga merasa tentram dan nyaman. Bahkan aktifitas yang akan Anda jalani sehari ke depan menjadi lebih semangat dan mendekatkan pada hal-hal kebaikan.

Itulah lafadz doa sebelum tidur dan doa setelah bangun tidur bahasa Arab latin dan artinya. Doa tersebut sudah diajarkan sejak kecil, namun ketika dewasa kita selalu melupakan untuk membacanya selalu. Semoga kita selalu diingatkan untuk membaca doa tersebut, dan semoga kita semua termasuk hamba yang selalu dilindungi oleh Allah dari hal-hal buruk.

Tags: