Bacaan Do’a Setelah Membaca Al-Qur’an Beserta Latin dan Terjemahannya

Salah satu Rukun Iman yang harus kita yakini adalah Iman kepada Kitab Suci termasuk Kitab Al-Qur’an. Selain itu, kita juga wajib membaca, memahami arti dan mengamalkannya. Kitab Al quran adalah petunjuk bagi manusia hidup di dunia ini. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari. Tapi tahukah Anda, bahwa setelah membaca Alquran kita disunahkan untuk membaca doa ?
Daftar Isi

Dalil Membaca Alquran

Rasulullah SAW bersabda : “Bacalah olehmu Alqur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”

عَنْ عَبْدُ اللّٰهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِىَ الله عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللّٰهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌع

Artinya:

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )

Dari hadist diatas diterangkan hahwa setiap muslim yang membaca Al-Qur’an baik paham maupun tidak paham, maka dia akan mendapat pahala sebagaimana yang dijanjikan.

Sebelum membaca Al-Qur’an dan Sesudah membaca Al-Qur’an juga dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Karena do’a adalah senjata seorang Muslim. Dalam setiap aktivitas, diajurkan untuk mengawalinya dengan do’a dan mengakhirinya dengan do’a pula. Jika sebelum membaca al-Quran do’anya dengan isti’adzah dan basmalah, Kemudian jika kita selesai membaca Al-Qur’an dianjurkan untuk mengucapkan Shadaqallahul ‘azhim lalu membaca doa setelah membaca Al-Qur’an dibawah ini.

Bacaan Doa Setelah Membaca Alquran

doa setelah membaca al quran sesuai sunnah
doa setelah membaca al quran sesuai sunnah

Bacaan Latin Doa Setelah Membaca Alquran

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Arti Terjemahan Doa Setelah Membaca Alquran

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Video Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

 

Demikian Artikel mengenai Bacaan Do’a Setelah Membaca Alqur’an Beserta Latin dan Terjemahannya. Jika ingin menambah pahala, silahkan klik bagikan artikel ini kepada teman, saudara dan keluarga melalui sosial media. Semoga bermanfaat untuk kelancaran ibadah para pembaca.

Tags: