Doa Setelah Tadarus Al Quran Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Doa Setelah Tadarus Al Quran – Kita dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum dan setelah melakukan sesuatu hal. Begitu pula dengan doa setelah tadarus Al Quran. Doa ini sebenarnya bukan doa yang secara khusus harus dibaca setelah membaca Al Quran. Namun bila kita hendak membacanya juga tidak apa-apa, selama tidak menjadikannya keharusan.

Doa Setelah Tadarus Al Quran

Doa Setelah Tadarus Al Quran Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Berikut adalah doa setelah tadarus Al Quran dan artinya:

للّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ

وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً

اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ

وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ

وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ

آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ

وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Karena sebenarnya tidak ada Doa setelah tadarus Al Quran lengkap arab latin dan artinya yang secara khusus harus dibaca. Tetapi sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu pernah mengumpulkan keluarga dan anaknya ketika khatam Al Quran, lalu Anas berdoa untuk kebaikan mereka. Riwayat ini ada dalam Thabrani dan Ad Darimi.

Sebelum membaca Al Quran tentunya kita diharuskan dalam keadaan suci, yaitu jika berhadas kecil di wajibkan untuk berwudhu, dan jika berhadas bersar kita di wajibkan untuk mandi junub.

Hal tersebut dikarenakan membaca Al Quran merupakan suatu ibadah yang istimewah, dimana setiap ayat yang kita baca akan memberikan suatu kebaikan dan akan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan, hal tersebut berdasarkan hadist.

Hadits Membaca Al-Quran dan Keutamaannya

عَنْ عَبْدُ اللّٰهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِىَ الله عَنْهُ

يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللّٰهِ

فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌع

Artinya:

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )

Dengan memanjatkan doa tentunya kita sebagai seorang muslim berharap kita bisa mendapatkan kebaikan dari doa doa yang kita panjatkan tersebut. Semoga dengan sedikit uraian diatas kita bisa lebih memaknai doa yang kita panjatkan. Karena dengan semakin baiknya pemaknaan yang kita pahami, maka akan semakin baik pula kesungguhan kita dalam berdoa.

Salah satu doa yang mustajab adalah doa yang kita panjatkan setelah melakukan amal shaleh, karena disaat itu kita sedang dekat dengan Allah. Membaca Al Quran merupakan salah satu amal shaleh yang dapat kita lakukan, sehingga setelah membaca Al Quran kita bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memohon sesuatu kepada Allah.

Demikian penjelasan mengenai doa setelah tadarus Al Quran lengkap arab latin dan artinya yang dapat kami uraikan. Semoga dapat membantu saudara saudara muslim yang membutuhkan.