Doa Setelah Tasyahud Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sebenarnya, tidak ada doa yang secara khusus harus dibaca setelah tasyahud akhir sebelum salam. Doa berikut ini hukumnya adalah sunnah. Imam Nawawi dalam Alazkar mengatakan bahwa doa setelah tasyahud akhir adalah syariat yang tidak diperselisihkan oleh para ulama.

Doa Setelah Tasyahud Akhir Sebelum Salam

Doa Setelah Tasyahud Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab Latin dan Artinya

Diakhir shalat sebelum salam adalah waktu makbulnya doa, sebagaimana di jelaskan Rasulullah

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi, 3499)

Oleh karena itu, disunahkan bagi kita untuk memanjangkan doa untuk kebaikan di dunia dan akhirat. Ataupun bisa dengan doa lainnya yang diajarkan sesuai dengan syariat dalam islam.

Hadits mengenai Mujarabnya Doa

Seperti disebutkan dalam hadist:ا

Apabila salah seorang di antara kalian shalat maka hendaklah ia memulai dengan memuji Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi SAW kemudian berdoalah setelah itu dengan doa yang ia kehendaki“. (HR. At-Tirmidzi).

Rasulullah ﷺ menganjurkan kepada para sabahat untuk berdoa dan berlindung dari empat hal sebelum salam, empat fitnah yang membahayakan. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu mengatakan, Rasulullah ﷺ bersabda: Apabila diantara kalian telah tasyahud akhir, maka berlindunglah kepada Allah dari empat hal, beliau mengucapkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ

وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

(رواه مسلم)

“Allahumma Inni A’udzubika Min ‘Adzabi Jahannam, Wa Min ‘Adzabilqabri, Wa Min Fitnatilmahya Walmamati, Wa Min Syarri Fitnatil Masihiddajjal.”

Artinya:

Ya Allah aku berlindung kepadamu dari siksa Jahannam, siksa kubur, dari fitnahnya kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnahnya Al Masih Ad-Dajjal.” (HR. Muslim, N0. 588)

Seperti itulah kiranya doa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Selain dari doa tersebut tentu saja kita masih di perkenankan untuk memanjatkan doa lain. Doa setelah tasyahud akhir ini memang bukan doa yang wajib dan juga bukan termasuk didalam rukun shalat. Namun, terdapat banyak hadits yang menganjurkan untuk kita banyak berdoa setelah membaca tasyahud, karena seperti sudah disebutkan dalam hadits diatas bahwa diakhir shalat sebelum salam adalah waktu makbulnya doa.

Dengan demikian, tidak ada salahnya jika kita membaca doa setelah tasyahud sebelum salam. Setelah mengetahui keutamaan doa tersebut, apakah saudara muslim sekalian akan mulai mengamalkannya?

Sebuah doa yang agung, yang apabila kita membacanya kita mendapatkan perlindungan dari Allah SAW. Oleh karena itu marilah kita berusaha untuk menghafalkan doa ini, dan berusaha membacanya ketika kita bertasyahud. Semoga Allah SAW memberikan kemudahan kepada kita untuk mengamalkannya.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang doa setelah tasyahud akhir sebelum salam lengkap arab latin dan artinya yang dapat kami paparkan. Semoga sedikit penjelasan ini dapat membantu saudara muslim sekalian.

Tags: