[Lengkap] Doa Ulang Tahun Islami Bahasa Arab, Latin dan Artinya

1 min read

Ulang tahun menjadi momen yang spesial untuk semua orang. Tidak jarang, orang yang berulang tahun akan mendapatkan banyak ucapan selamat dari rekan, anggota keluarga atau orang spesial. Pada dasarnya ucapan atau doa ulang tahun yaitu memohon agar diberi kesehatan, keselamatan, kesejahteraan, panjang umur serta kemuliaan yang secara umum dikalangan masyarakat kita pengucapannya dalam bahasa indonesia, misalnya; “Selamat Ulang Tahun, Semoga Panjang Umur, Sejahtera dan Sehat Selalu”

Doa Ulang Tahun Islami Beserta Artinya

Selain dalam bahasa Indonesia, ucapan ulang tahun yang cukup popler biasanya diucapkan dalam bahasa inggris seperti “Happy birthday, May God give you a better year for you”. Selain ucapan, tentunya banyak doa-doa yang dipanjatkan agar mendapat kesejahtarahan dan mendapat berkah dihari ulang tahun. Berikut doan ulang tahun dalam bahasa arab yang bisa Anda ucapkan saat moment ulang tahun Anda.

Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa yang pertama kali dipanjatkan ketika berulang tahun adalah doa memohon panjang umur. Dalam Islam mengajarkan sebuah doa untuk memohon panjang umur yaitu:

Lafadz Doa Memohon Panjang Umur

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Doa Memohon Panjang Umur Latin

Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Arti Doa Memohon Panjang Umur

Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Orang yang sedang ulang tahun tentu akan memanjatkan doa memohon kesejahteraan dan keselamatan. Kesejahteraan dan keselamatan yang dimohonkan bisa berupa keberkahan rezeki, ampunan dari dosa-dosa yang pernah diperbuat, dan berkah ilmu yang selama ini sudah di dapatkan. Doa ulang tahun memohon kesejahteraan dan keselamatan dalam Islam yaitu:

Doa Memohon Kesejahteraan dan Keselamatan

Lafadz Doa Memohon Kesejahteraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Doa Memohon Kesejahteraan Latin

“Allahuma inna nasaluka selamatan fid daini wa ‘afiyata dil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa baraktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan indalmauti wa maghfirtan ba’dal mauti.”

Arti Terjemahan Doa Memohon Kesejahteraan

“Arti dari doa ini adalah Ya Allah kami mohonkan kepada Mu keselamatan agama, kesejahteraan tubuh, penambahan ilmu, rezeki yang berkah, bertaubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan pengampunan setelah kematian.”

Doa ini menggambarkan bahwa Anda memohon kepada Allah untuk selalu diberikan kesejahteraan dan pengampunan terhadap dosa-dosa yang sudah pernah dilakukannya.

Adapun bagi Anda yang ingin mengucapkan selamat ulang tahun pada teman Anda dalam bahasa arab, Anda bisa mengucapkan “Barakallah fii umrik”. Ucapan tersebut bukan hanya sekedar ucapan selamat namun juga mengandung doa baik bagi rekan yang sedang berulang tahun.

Sholawat Mabruuk Alfa Mabruuk Beserta Artinya

Jika kita mendoakan dengan doa insyaalah kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah atau semoga diberkahi Allah. Karena sebaik – baiknya ucapan Ucapan adalah doa.

Banyak orang yang beranggapan bahwa hari lahir (milad) adalah hari istimewa. Hari yang perlu dirayakan, mungkin dengan pesta atau mentraktir keluarga atau rekan kerja. Namun perlu anda ketahui, ketika umur seseorang bertambah bukan berarti saatnya untuk bersenang-senang. Melainkan kita harus bermuhasabah, bukan malah kita mengadakan pesta hura – hura dengan biaya yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *