Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) dan Doa Memohon Ampunan Kedua Orang Tua Lengkap Beserta Arab, Latin Dan Terjemahnya

Do’a Untuk Kedua Orang Tua – Orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka lah yang merawat kita sejak dari lahir hingga tumbuh dewasa, memberikan cinta, dan kasih sayang yang tulus, rela berkorban tanpa mengharap imbal jasa sedikitpun dari kita.

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua
Berbakti Kepada Orang Tua

Oleh karenanya janganlah kita membuat marah atau mengecewakan kedua orang tua kita, karena keridhoan Allah Swt, tergantung pada keridhoan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua, maka sayangi dan hormatilah mereka.

Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

1. Berbakti kepada Orang Tua adalah Amal yang Paling Utama

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu :

سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: اَلصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا، قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: بِرُّالْوَالِدَيْنِ، قَالَ: قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: الْجِهَادُ فِي سَبِيْلِ اللهِ

Artinya :

“Aku bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling utama?’ Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya).’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ Nabi menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Aku bertanya lagi: ‘Kemudian apa?’ Nabi menjawab, ‘Jihad di jalan Allah

2. Berbakti Kepada Orang Tua adalah jalan untuk mendapat Ridlo Allah

Dari Amr bin ‘Ash radhiyallaahu Berkata bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda :

رِضَا الرَّبِّ فِي رِضَا الْوَالِدِ، وَسُخْطُ الرَّبِّ فِي سُخْطِ الْوَالِدِ

Artinya:

“Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua”  (H.R Tabrani)

Sudah kewajiban kita sebagai anak untuk menghormati, menyayangi dan mencintai kedua orang tua, walaupun semua yang kita berikan tak akan mampu membalas jasa-jasa dan kasih saying yang selama ini telah mereka curahkan kepada kita. Salah satu kewajiban seorang anak kepada orang tuanya ialah mendoakan mereka, baik yang masih ada maupun yang sudah tiada (meninggal dunia).

Doa untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Arab  

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Bacaan Latin

“Allahummaghfirlii waliwaalidayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.”

Artinya 

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.”

Doa Memohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Arab  

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Bacaan Latin

”Allahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.”

Artinya 

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu”.

Itulah bacaan Doa untuk kedua orang tua dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua. Sebagai seorang anak, kita mempunyai kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua, berikut adalah hal-hal yang perlu kita lakukan dalam berbakti kepada orang tua.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

1. Yang Masih Hidup :
  • Bersikap sopan dan hormat kepada kedua orang tua.
  • Mematuhi perintah kedua orang tua selama tidak bertentangan dengan ajaran agama.
  • Bertutur kata yang lembut, tidak boleh membentak atau bahkan berkata kasar kepada mereka.
  • Mengikuti nasihat kedua orang tua.
  • Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dalam kegiatan sehari-hari.
  • Menjaga dan merawat kedua orang tua apalagi jika sudah tua dan renta.
2. Yang Sudah Meninggal :
  • Meshalatkan dan Mengantarkan Jenazah Orang Tua ke Kubur
  • Membayarkan Hutang-Hutangnya selama masih Hidup
  • Melaksanakan Wasiat Sesuai Syariat yang Berlaku
  • Melaksanakan nasihat kedua orang tua yang diberikan pada waktu masih hidup.
  • Menjaga nama baik kedua orang tua.
  • Mendoakan mereka agar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah SWT.
  • Menyambung Silaturahim kepada Orang dekat dengan orang tua.

Video Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua

Demikianlah mengenai bacaan doa untuk kedua orang tua yaitu ibu dan bapak, dan beberapa hal yang harus kita lakukan sebagai wujud bakti kita kepada mereka. Dengan kita mendoakan kedua orang tua semoga Allah melindungi, mengasihi, dan memberikan umur panjang kepada orang tua kita. Apabila mereka sudah meninggal dunia semoga dosa-dosa mereka diampuni dan ditempatkan dalam tempat yang terbaik di akhirat. Aamiin ya rabbal’alamin.