✔ Doa Untuk Pengantin Baru Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan merupakan suatu ibadah. Menghadiri pernikahan tentunya akan membuat pasangan merasa bahagia,apalagi jika itu adalah saudara atau sahabat Anda. Kita tentunya akan memanjatkan doa untuk pengantin baru lengkap bahasa arab latin dan artinya. Doa tersebut bisa ditujukan kepada mempelai atau doa ucapan terimakasih akan jamuan resepsi tersebut.

Doa Untuk Pengantin Baru

Doa Untuk Pengantin Baru Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya

Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, “Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya:Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Doa untuk pengantin baru tersebut dapat dialamatkan kepada teman kita yang tengah mengalami hari bahagianya. Bagi yang belum mendapatkan pasangan jangan merasa kecil hati dan merasa tersaingi atas pernikahan tersebut.

Doa untuk pasangan pengantin sama seperti yang tercantum pada poin pertama. Namun selain doa tersebut, kamu dapat membacakan doa lainnya yang memohon rahmat serta keberkahan untuk mempelai berbahagia.

Ketika Sedang Menyantap Hidangan di Resepsi Pernikahan

Ada beberapa doa yang dapat kamu panjatkan ketika sedang menyantap hidangan di resepsi pernikahan, seperti berikut.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad)

Atau terakhir, dapat dengan lafaz sebagai berikut.

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ

وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ

وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: “Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian.”

Ketika Minum di Pernikahan

Ada pula doa lainnya dengan lafaz sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ

وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: “Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.”

Doa Agar Pengantin Selalu Dikaruniai Kebaikan

Doa lainnya, dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : “Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” (HR. Muslim).

Banyak dari kalangan pemuda yang merasa resah jika belum menikah, rasa panik dan takut ketinggalan harus dihilangkan. Tanamkan di kepalamu, bahwa menikah dan membangun sebuah keluarga itu bukanlah sebuah kompetisi. Tidak ada yang memberikan penilaian apabila kamu menikah sekarang atau 5 tahun mendatang. Jadi, tidak perlu lagi merasa diburu-buru atau panik karena kamu akan tertinggal. Sungguh, menikah bukanlah pencapaian.

Itulah beberapa Doa untuk pengantin baru lengkap bahasa arab latin dan artinya yang dapat kamu panjatkan pada saudara atau teman menikah, atau pada mereka yang sedang mempersiapkan pernikahan. Sejatinya sebagai seorang Muslim yang baik, sudah seharusnya mendoakan sesama dalam berbagai hal, dan salah satunya ketika menikah. Doa yang baik akan mendatangkan keberkahan untuk yang didoakan, dan orang yang mendoakan kebahagian tersebut.

Tags: