Bacaan Doa Untuk Pengantin Sesuai Sunnah Beserta Artinya Lengkap Terbaru

Doa Untuk Pengantin – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang kembali di website doaseharihari, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam doa yang sering kita panjatkan dalam kehidupan sehari-hari.

doa untuk pengantin

Dan dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai doa untuk pengantin, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari doa untuk pengantin baru, doa untuk pengantin sesuai sunnah, koleksi doa untuk pengantin, doa untuk pengantin baru sesuai sunnah, doa untuk pengantin dalam bahasa arab, doa untuk pengantin baru dalam islam, doa untuk pengantin barakallah, doa pengantin kepada dirinya, doa pengantin sebelum jima’ atau bersetubuh, doa apabila tertimpa sesuatu yang tidak disenangi, dan doa untuk orang yang berbuat kebaikan.

Doa Untuk Pengantin Muslim

Pernikahan merupakan suatu ibadah yang sangat suci dan mulia, di dalam islam, pernikahan itu digambarkan sebagai mitsaqol ghalia atau yang bisa di artikan sebagai janji yang sangat agung.

Pernikahan bukan hanya untuk menyatukan antara seorang laki-laki dan perempuan saja, akan tetapi juga untuk mempersatukan kedua belah keluarga dari masing-masing pengantin. Maka dari itu, restu dari kedua orang tua sangatlah harus di patuhi dan di perhatikan.

Dan doa yang dari wali masing-masingpengantin merupakan doa yang paling penting agar kedua mempelai dapat memperolah berkh dari pernikahan yang akan di jalani. Semoga Allah SWT selalau memberikan ahmat-Nya kepada kita semua.

Baca Juga : Doa Sehari-hari

Sebaik-baiknya doa, adalah doa yang telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW pada zaman dahulu, dan barangkali kita kan mendoakan pengantin, juga ada baiknya dengan menggunakan doa yang juga telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW di dalam hadits.

Meskipun saat mengucapkan kalimat untuk pernikahan memang sudah mengandung doa di dalamnya, tapi memang masih manjadi kebiasaan banyak orang untuk memberikan ucapan dengan bahasa Indonesia atau pun dengan menggunakan bahasa inggris.

Hal ini pun sebenarnya tidak disalahkan juga, akan tetapi ada hal yang lebih baik yang bisa di lakukan. Dan hal yang lebih baik inilah yang harusnya kita lakukan, yaitu dengan memberi ucapan pada pengantin dengan menggunakan doa untuk pengantin yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Untuk Pengantin Menurut Sunnah

Dahulu kala, saat masih ada masa kenabian dari Nabi Muhammad SAW, ada sebuah doa yang digunakan untuk mendoakan pengantin yang isinya baik akan tetapi juga tidk di anjurkan. Doa ini memiliki arti “Semoga bahagia dan memiliki banyak anak”, ternyata doa ini sama sekali tidak di setujui oleh Nabi Muhammad SAW.

Dan doa yang lebih baik yang dapat digunakan sebagai doa untuk pengantin adalah doa yang ada di dalam hadits yang telah di riwayatkan oleh A bu Hurairah, sebagai berikut ini:

bacaan doa untuk pengantin baru

Doa di ataslah yang merupakan doa yang telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat beliau. Kenapa kita harus mendoakan keberkahan pada pengantin? Karena berkah yang di maksud disini adalah berkah untuk tetap berada di jalur yang benar dalam keadaan sesulit apa pun nantinya.

Berkah itu sendiri bukan berarti susah atau pun senangnya, akan tetapi bagaimana caranya agar tetap sabar dan bersyukur kepada Allah SWT, bukan juga bagaimana nantinya miskin ataukah kayanya, akan tetapi bagaimana jihad dan shadaqahnya nanti, begitulah seterusnya nanti.

Doa Pengantin Kepada Dirinya

Alangkah baiknya untuk para pengantin yang baru menikah untuk mendoakan dirinya sendiri agar dapat memperoleh kebaikan dari pernikahannya. Berikut ini ada;ah doa untuk pengantin kepada dirinya sendiri yang di riwayatkan di dalam hadits oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah beserta artinya:

Doa Pengantin Kepada Dirinya
Sumber : https://temanshalih.com/

Doa Pengantin Sebelum Jima’ Atau Bersetubuh

Kegiatan berjima’ atau bersetubuh memang sudah di halalkan untuk pengantin yang sudah sah, dan apabila akan memulai untuk berjima’, alangkah baiknya lagi agar berdoa terlebih dahulu untuk menghindari dari semua gangguan, termasuk gangguan yang ddi sebabkan oleh setan yang terkutuk. Berikut ini adalah doa untuk pengantin yang akan berjima’ atau bersetubuh yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam hadits beserta artinya:

Doa Pengantin Sebelum Jima’ Atau Bersetubuh

Doa Apabila Tertimpa Sesuatu yang Tidak Disenangi

Apabila saat menjalani bahtera rumah tangga, pastinya sudah lazim untuk mendapati suatu hal yang tidak menyenangkan, dan alangkah baiknya untuk tidak mengatakan sesuatu yang buruk apalagi sampai mengumpat. Dan apabila terkena sesuatu yang kurang menyenangkan atau tidak disenangi, alangkah baiknya untuk membaca doa yang ada dalam hadits yang telah di riwayatkan oleh HR. Muslim, berikut ini lafadz doanya beserta artinya:

Doa Apabila Tertimpa Sesuatu yang Tidak Disenangi

Doa Untuk Orang yang Berbuat Kebaikan

Saat kita di berikan kebaikan oleh seseorang, kita memang tidak di haruskan untuk memberikan balik sebuah kebaikan untuk mereka, maka dari itu akan lebih baik apabila kita mendoakan mereka dengan doa yang baik-baik. Dan berikut ini adalah doa untuk orang yang berbuat baik kepada kita yang juga dapat anda temukan dalam Hadits Hassan (Darussalam) : Jami’ At Tirmidzi No. 2035, beserta artinya sebagai berikut ini:

Doa Untuk Orang yang Berbuat Kebaikan

Video Doa Untuk Pengantin

Demikianlah pembahasan saya mengenai doa untuk pengantin yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari doa pengantin baru, doa pengantin sesuai sunnah, koleksi doa pengantin, doa pengantin baru sesuai sunnah, doa pengantin dalam bahasa arab, doa pengantin baru dalam islam, doa pengantin barakallah, doa pengantin kepada dirinya, doa pengantin sebelum jima’ atau bersetubuh, doa apabila tertimpa sesuatu yang tidak disenangi, dan doa untuk orang yang berbuat kebaikan.

Baca Juga : Doa Sholat Jenazah

Semoga dapat memberikan pengetahuan yang lebih banyak lagi untuk anda semua, dan saya berharap kepada anda untuk selalu mengamalkan doa di atas apabila menemui keadaan yang seperti diatas, agar orang yang anda doakan dapat memperoleh berkah dari doa yang anda bacakan kepada mereka.

Dan saya berpesan kepada anda untuk sering-seringlah mampir ke website doaseharihari apabila sedang mencari tahu mengenai doa-doa apa pun yang sering anda baca dalam kehidupan sehari-hari atau pun doa yang belum anda ketahui atau belum anda hafal.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: