Doa Ziarah Kubur Tata Cara, Adab, Hukum Hikmah Terlengkap

Doa Ziarah Kubur– Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang kembali di doaseharihari, yang merupakan sebuah website yang di dalamnye berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam doa dan sholat yang seing kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

doa ziarah kubur

Dan dalam kesempatan kali ini ,saya akan membahas mengenai doa ziarah kubur, yang di dalamnya juga berisi mengenai tata cara ziarah kubur, doa kubur, doa ziarah, doa untuk ahli kubur, doa masuk kuburan atau doa masuk makam, bacaan ziarah kubur bahasa arab, bacaan ziarah kubur singkat, ziarah kubur dalam islam, doa ziarah kubur, doa ziarah kubur singkat, doa ziarah kubur lengkap, doa ziarah kubur sesuai sunnah, doa ziarah kubur orang tua, doa ziarah kubur orang tua kita, doa ziarah kubur pdf, bacaan doa ziarah kubur, doa ziarah kubur menurut muhammadiyah, download doa ziarah kubur, doa doa ziarah kubur, tata cara dan doa ziarah kubur.

Ziarah Kubur

Ziarah menurut bahasa artinya adalah menengok, maka dari itu, yang dinamakan ziarah kubur adalah menengok kubur. Ziarah ke makam orang tau artinya tentu saja menengok makam orang tua, ziarah makam wali artinya juga menengok ke makam wali, begitulah seterusnya

Apabila kita melihat menurut agamaislam, maka yang dinamakan ziarah ini bukan hanya sekedar untuk menengok ke makam, atau hanya untuk mencari tahu dimana seseorang telah dikuburkan atau bukan juga untuk hanya ingin mengetahui bagaimana kondisi kuburan saja, akan tetapi yang dimaksudkan dengan ziarah kubur disini adalah berziarah dengan mendoakan orang yang di kubur atau yang telah di makamkan dan juga untuk mengirimkan doa dengan pahala yang akan di dapat dari pembacaan ayat Al Quran, pembacaan kalimat thoyibah seperti halnya tasbih, tahmid, tahlil, atau pun sholawat nabi dan lainnya.

Dan perlu diperhatikan bahwa ziarah ini bukanlah meminta kepada orang yang telah dikubur, melainkan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dan juga untuk mengirimkan pahala dari bacaan thoyyibah yang di baca. Maka dari itu, menurut syariat agama islam, ziarah kubur ini termasuk dalam amal yang baik.

Doa Ziarah Kubur

Pertama : Ketika akan memasuki area kuburan harus mengucapkan salam sebagai berikut ini:

salam Ziarah Kubur
Sumber : https://thegorbalsla.com/

Atau anda juga dapat membaca doa yang diajarkan Ali bin Abi Thalib sebagai berikut ini:

salam ziarah kubur ali bin abi thalib

Kedua : Membaca surat dan ayat yang ada di dalam Al Quran, seperti:

  • Surat Al Qadar sebanyak 7 kali.
  • Surat Al Fatihah sebanyak 3 kali.
  • Surat Al Falaq sebanyak 3 kali.
  • Surat An Nas sebanyk 3 kali.
  • Surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali.
  • Ayat kursi 3 kali

Ketiga: Membaca doa di bawah ini sebanyak 3 kali:

doa ziarah kubur 3 kali

Keempat : Meletakkan tangan di kuburan orang yang di ziarahi, sambil membaca doa di bawah ini:

doa ziarah kubur meletakkan tangan di atas kubur

Baca JugaDoa Untuk Orang Tua Yang Sakit Dan Sudah Meninggal Beserta Artinya Lengkap

Doa Ziarah Kubur Menurut Muhammadiyah

Masyarakat saat ini banyak sekali beranggapan bahwa Muhammadiyah itu melarang yang namanya ziarah kubur. Bahkan ada juga yang berusaha ntuk menempatka Muhammadiya dalam golongan yang tidak paham akan agama, karena hal ini. Padahal menurut beberapa ulama Muhammadiyah hal ini tidaklah benar, karena yang dilarang oleh Muhammadiya bukanlah ziarah kuburnya, akan tetapi karena seringkali ziarah kubur dijadikan sebagai ajang untuk masyarakat berwashilah kepada orang yang telah mati. Dan tentunya berwashilah kepada orang yang sudah mati bukanlah hal yang di benarkan dalam agama.

Tata Cara Ziarah Kubur

Berikut ini adalah beberapa tata cara ziarah kubur yang perlu anda perhatikan:

1. Membaca salam

Hal ini tentunya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dari dulu dan telah ada juga dalam hadits yang menyatakan tentang hal ini, yaitu ada dalam HR Muslim. Untuk salamnya telah saya sebutkan sebelumnya di atas.

2. Tidak Menduduki Kuburan Dan Jangan Menginjak Kuburan

Kita tidak boleh melakukan hal yang semena-mena terhadap kuburan karena tetu saja kita harus menghormatinya, dan jangan juga untuk meminta apa pun dari kuburan, karena hal ini tentunya adalah perbuatan yang syirik yang merupakan salah satu dosa yang sangat besar.

3. Tidak Thawaf Di Kuburan

Hal ini dapat kita temui dalam surat Al Hajj ayat 29, bahwa thawaf hanya boleh dilakukan di ka’bah dan tidak boleh di lakukan di kuburan. Karena hal ini tentunya tidak akan mendapatkan apa pun dari Allah SWT.

4. Tidak Membaca Al Quran Di Kuburan

Agama islam melarang adanya pembacaan Al Quran di kuburan karena hal ini tidak sesuai dengan syariat agama dan tentunya tidak shahih. Kuburan ini merupakan tempat untuk mendoakan orang yang sudah mati saja, dan juga untuk sebagai pengingat kematian bagi kita.

5. Tidak Meminta Pertolongan Atau Bantuan Kepada Orang Yang Telah Meninggal

Adab Melakukan Ziarah Kubur

Berikut ini adalah beberapa adab yang perlu kita perhatikan saat berziarah kubur dalam agama islam:

1. Memahmi apa itu tujuan dari ziarah kubur. Tujuan yang pasti dari ziarah kubur ini tentunya adalah agar kita menjadi ibgat akankenatian dan tidak menjadi terlena dengan kehidupan dunia yang hanya sementara.

2. Mengucapkan salam ketika masuk pemakaman. Ini tentunya di lakukan untuk menghormati semua orang yang telah dimakamkan di pemakaman.

3. Tidak duduk dan tidak dan menginjak kuburan.

4. Mendoakan mayit. Mendoakan mayit tentunya bukanlah hal yang dilarang oleh agama, malahan ini sangat dianjurkan oleh agama. Karena berisi pengharapan mengenai ampunan dosa kepada mayit selama masih hidup di dunia ini.

 5. Tidak berbicara bahasa yang kasar atau mengatakan hal yang bathil. Hal ini tentunya agar bisa menghormati para peziarah yang lain dan juga menghormati semua mayit yang telah dikuburkan di pemakaman.

6. Tidak boleh menangis sambil meratapi mayit. Menangis sebenaqrnya adalah hal yang sangat normal apabila sedang kehilangan orang yang dikiasihinya. Akan tetapi tidak di perbolehkan untuk menangis secara histeris atau keras karena dapat mengganggu peziarah yang lain.

Hukum Ziarah Kubur dalam Islam

Hukum ziarah kubur di agamaislam sendiri adalah mubah atau artinya diperbolehkan , jadi tidak di wajibkan untuk di kerjakan , akan tetapi kita akan memperoleh manfaat apabila melaksanakannya dan tidak akan mendapatkan dosa apabila tidak melaksanakannya. Untuk pelaksanaanny juga dengan dengan mesing-masing personal. Hal ini menyesuaikan dengan waktu saat anda berziarah.

Allah sangat menganjurkan kita untuk berziarah kubur 8untuk menginghatkan diri kita kepada Allah SWT dan menghindarkan diri dari rasa terlalu cinta dunia. Serta tak lupa sebagai pengingat untuk mempersiapkan diri dengan segala amal kebaikan.

Akan tetapi jangan pernah untuk meminta kepada mayit, karena tentunya ibi merupakan hal yang musyrik yang merupakan dosa yang sangat besar. Maka dri itu kita harus mengingat bahwa hanya ada satu tempat untuk meminta yaitu hanya kepada Allah. Seperti dalam surat Al Ikhlas sebagai berikut ini:

doa doa ziarah kubur al ikhlas

Hikmah Ziarah Kubur

Berikut ini beberapa hikmah berziarah kubur yang dapat anda peroleh:

  • Sebagai pengingat akan kematian.
  • Sebagai pengingat bahwa di hari nanti akan diminta pertanggung jawaban dari senua perbuatan yang telah dilakukan di dunia.
  • Sebagai pengingat untuk selalu mengumpulkan amal baik.
  • Untuk mengingatkan agar tidak terlenas dngan kehidupan dunia.
  • Akan meningkatkan iman dan juga memperkuatnya.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai doa ziarah kubur yang di dalamnya juga berisi mengenai tata cara ziarah kubur, doa kubur, doa ziarah, doa untuk ahli kubur, doa masuk kuburan atau doa masuk makam, bacaan ziarah kubur bahasa arab, bacaan ziarah kubur singkat, ziarah kubur dalam islam, ziarah kubur, ziarah kubur singkat, ziarah kubur lengkap, ziarah kubur sesuai sunnah, ziarah kubur orang tua, ziarah kubur orang tua kita, ziarah kubur pdf, bacaan ziarah kubur, ziarah kubur menurut muhammadiyah, download ziarah kubur, ziarah kubur, tata cara dan ziarah kubur.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai doa ini dan saya berharap kepada anda semua agar menziarahi kubur keluarga anda yang telah meninggal dan mendoakannya agar di ampuni dari segala dosanya.

Dan saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu mapier ke website doaseharihari apabila sedang mencari pengetahuian mengenai doa apa pun yangsering doi baca dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatul;lahi Wabarakatuh.

Tags: