Praktek Dokter Penyakit Dalam Di Jogja

Posted on

Praktek Dokter Penyakit Dalam Di Jogja

Profil Dr. Penyakit Dalam di Jogja

Profesi dokter penyakit dalam adalah salah satu profesi medis yang cukup vital dalam bidang kesehatan. Dokter penyakit dalam bertanggung jawab untuk mendiagnosis dan merawat berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ dalam manusia. Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki cukup banyak dokter penyakit dalam yang berkualitas dan terpercaya. Berikut adalah profil beberapa dokter penyakit dalam di Jogja yang bisa diandalkan.

1. Dr. Rifki Ismail, Sp.PD, FINASIM

Dr. Rifki Ismail, Sp.PD, FINASIM merupakan dokter penyakit dalam yang sudah berpengalaman di bidangnya selama lebih dari 7 tahun. Beliau menamatkan studinya di Universitas Gadjah Mada dan menyelesaikan fellowship di National University Hospital Singapore. Selain itu, beliau juga aktif menjadi anggota dari beberapa organisasi medis seperti Perhimpunan Penyakit Dalam Indonesia, Indonesian Nephrology Association, dan Indonesian Society of Internal Medicine.

Dr. Rifki Ismail, Sp.PD, FINASIM saat ini bekerja di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta dan menjadi salah satu dokter penyakit dalam dengan reputasi yang baik di kota Jogja. Beliau berfokus pada pengobatan penyakit ginjal dan hipertensi, serta memiliki spesialisasi dalam bidang hemodialisis dan transplantasi ginjal. Dr. Rifki Ismail, Sp.PD, FINASIM juga terkenal dengan pelayanannya yang ramah, teliti, dan cermat dalam melakukan diagnosis dan penanganan penyakit.

2. Dr. Tri Nur Kristina, Sp.PD-KGH

Dr. Tri Nur Kristina, Sp.PD-KGH adalah salah satu dokter penyakit dalam di Yogyakarta yang sudah berpengalaman selama lebih dari 21 tahun. Beliau menamatkan studinya di Universitas Gadjah Mada dan menyelesaikan fellowship di Seoul National University Hospital, Korea. Selain itu, beliau juga memiliki sertifikasi dari beberapa organisasi medis seperti Perhimpunan Penyakit Dalam Indonesia dan Indonesian Society of Intensive Care Medicine.

Dr. Tri Nur Kristina, Sp.PD-KGH saat ini bekerja di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta dan memiliki spesialisasi dalam bidang kehamilan dengan masalah medis tertentu atau disebut juga sebagai high risk pregnancy. Beliau juga melayani pasien dengan berbagai penyakit dalam, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit ginjal.

3. Dr. Bambang Sigit Riyadi, Sp.PD-KPTI

Dr. Bambang Sigit Riyadi, Sp.PD-KPTI adalah dokter penyakit dalam di Yogyakarta yang memiliki pengalaman selama lebih dari 30 tahun. Beliau menyelesaikan studinya di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dan melakukan pendidikan lanjutan di National University Hospital, Singapura. Beliau juga memiliki sertifikasi dari beberapa organisasi medis seperti Perhimpunan Penyakit Dalam Indonesia.

Saat ini, Dr. Bambang Sigit Riyadi, Sp.PD-KPTI bekerja di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan terkenal dengan pelayanan yang terbaik dan ramah kepada pasien. Beliau memiliki spesialisasi dalam bidang penyakit ginjal, diabetes, dan kanker.

Dari ketiga profil dokter penyakit dalam di atas, terlihat bahwa para dokter tersebut memiliki pengalaman dan spesialisasi yang berbeda-beda. Namun, yang menjadi kesamaan dari ketiganya adalah komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan sebisa mungkin membantu pasien dalam mengatasi penyakit yang mereka alami. Semoga informasi ini dapat membantu masyarakat Jogja dalam memilih dokter penyakit dalam yang tepat untuk mendapatkan penanganan yang optimal untuk penyakit yang mereka alami.

dokter penyakit dalam

Spesialisasi Penyakit Dalam

Jogja memiliki beragam dokter spesialis penyakit dalam yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Penyakit dalam, juga dikenal sebagai internis, adalah cabang kedokteran yang berkaitan dengan penyakit yang mempengaruhi organ-organ dalam tubuh. Ini adalah spesialisasi yang luas dan mencakup diagnosis, pengobatan, dan pencegahan berbagai kondisi kesehatan.

Dokter Penyakit Dalam

Beberapa Spesialisasi Penyakit Dalam Di Jogja

Ada berbagai spesialisasi yang dilakukan dokter penyakit dalam, dan beberapa di antaranya termasuk:

1. Kardiologi

Kardiologi adalah spesialisasi dalam penyakit jantung dan pembuluh darah. Dokter spesialis kardiologi dapat menangani berbagai masalah jantung, seperti serangan jantung, aritmia, dan penyakit jantung bawaan. Mereka juga dapat melakukan prosedur medis, seperti kateterisasi jantung dan pemasangan ring stenosis.

2. Gastroenterologi

Gastroenterologi adalah spesialisasi dalam penyakit saluran pencernaan, termasuk di antaranya lambung, usus, esofagus, dan hati. Dokter spesialis gastroenterologi dapat menangani berbagai masalah seperti GERD (refluks asam), ulkus peptik, hepatitis, dan kanker usus. Mereka juga dapat melakukan prosedur diagnostik dan prosedur medis seperti kolonoskopi dan gastroskopi.

3. Endokrinologi

Endokrinologi adalah spesialisasi dalam penyakit kelenjar endokrin, seperti kelenjar tiroid, pankreas, paratiroid, dan adrenal. Dokter spesialis endokrinologi dapat menangani berbagai masalah, seperti hipotiroidisme, hipertiroidisme, diabetes, dan osteoporosis. Mereka juga dapat melakukan prosedur diagnostik, seperti tes hormon.

4. Hematologi

Hematologi adalah spesialisasi dalam penyakit darah dan kanker darah, seperti leukemia dan limfoma. Dokter spesialis hematologi dapat menangani berbagai masalah, seperti anemia, penyakit sel sabit, dan penggumpalan darah. Mereka juga dapat melakukan prosedur medis, seperti transfusi darah dan biopsi sumsum tulang.

5. Nefrologi

Nefrologi adalah spesialisasi dalam penyakit ginjal. Dokter spesialis nefrologi dapat menangani berbagai masalah ginjal, seperti penyakit ginjal kronis, gagal ginjal, dan sindrom nefrotik. Mereka juga dapat melakukan prosedur medis, seperti dialisis dan transplantasi ginjal.

6. Reumatologi

Reumatologi adalah spesialisasi dalam penyakit sendi dan jaringan ikat, seperti lupus dan arthritis. Dokter spesialis reumatologi dapat menangani berbagai masalah tulang dan sendi, seperti osteoarthritis, arthritis reumatoid, dan osteoporosis. Mereka juga dapat melakukan prosedur medis, seperti injeksi steroid dan infus obat.

Dokter penyakit dalam di Jogja akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai macam penyakit yang bisa timbul di dalam tubuh. Konsultasi rutin dan pemeriksaan kesehatan rutin sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Layanan dan Pemeriksaan yang Tersedia

Dokter penyakit dalam atau internis adalah dokter spesialis yang mendiagnosis, mengobati, dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan organ dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru, perut, ginjal, dan lain-lain.

Ada berbagai jenis layanan dan pemeriksaan yang tersedia di klinik dokter penyakit dalam Jogja, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Pemeriksaan Kesehatan Secara Umum

Pemeriksaan kesehatan secara umum dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Pemeriksaan kesehatan umum biasanya meliputi pemeriksaan tekanan darah, detak jantung, serta pemeriksaan organ dalam seperti paru-paru dan perut. Dokter akan memberikan saran dan rekomendasi untuk menjaga kesehatan secara umum.

Pemeriksaan Kesehatan Secara Umum

2. Pemeriksaan Organ Tertentu

Pemeriksaan organ tertentu dilakukan ketika ada keluhan atau dugaan gangguan pada organ tertentu, seperti gangguan pada perut atau ginjal. Dokter penyakit dalam akan melakukan pemeriksaan organ melalui berbagai tes seperti tes urine dan tes darah. Hasil pemeriksaan organ tertentu akan membantu dokter dalam memberikan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Pemeriksaan Organ Tertentu

3. Pemeriksaan Kesehatan Terkait Penyakit Tertentu

Pemeriksaan kesehatan terkait penyakit tertentu dilakukan ketika seseorang menderita penyakit tertentu atau memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit tersebut. Misalnya, pemeriksaan kadar gula darah pada seseorang yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau pemeriksaan kadar kolesterol pada seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau kondisi seseorang dan mencegah munculnya penyakit atau komplikasi akibat penyakit tersebut.

Pemeriksaan Kesehatan Terkait Penyakit Tertentu

4. Pemeriksaan Fisik Lanjutan

Pemeriksaan fisik lanjutan dilakukan ketika pemeriksaan kesehatan umum atau pemeriksaan organ tertentu menunjukkan adanya kelainan atau dugaan adanya penyakit tertentu. Pemeriksaan fisik lanjutan meliputi pemeriksaan lebih detail terhadap organ atau sistem tubuh tertentu, misalnya pemeriksaan lebih detail terhadap jantung atau paru-paru.

Pemeriksaan Fisik Lanjutan

5. Konsultasi Gizi

Konsultasi gizi dilakukan ketika seseorang membutuhkan nasihat untuk mengatur pola makan dan gaya hidup sehat. Konsultasi gizi dapat membantu seseorang mengurangi resiko terkena penyakit tertentu atau membantu penanganan penyakit yang sudah ada seperti diabetes atau penyakit jantung.

Konsultasi Gizi

Jadi, klinik dokter penyakit dalam Jogja menyediakan berbagai layanan dan pemeriksaan untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah munculnya penyakit atau komplikasi akibat penyakit tertentu. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, pastikan selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari resiko terkena penyakit.

Tips Kesehatan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Di tengah pandemi COVID-19 ini, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan lebih serius. Selain dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan secara teratur, kita juga dapat melakukan beberapa tips kesehatan di rumah. Berikut adalah beberapa tips kesehatan yang dapat dilakukan di rumah untuk menjaga kesehatan kita selama pandemi.

1. Olahraga di rumah


olahraga di rumah

Saat harus menerapkan social distancing yang ketat, olahraga di rumah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tetap menjaga kesehatan. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah antara lain: senam, yoga, atau berjalan-jalan di tempat. Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Makan makanan sehat


makan makanan sehat

Makan makanan sehat sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Upayakan untuk mengonsumsi makanan yang beragam dan seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, daging, telur, susu, dan kacang-kacangan. Selain itu, hindari atau batasi mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau minuman bersoda, karena dapat menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya.

3. Tidur cukup


tidur cukup

Tidur cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kurangnya tidur dapat menyebabkan kondisi yang memburuk seperti stres, perilaku buruk, dan kurang fokus saat bekerja. Batasi perangkat elektronik di kamar tidur dan usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam sehari agar tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

4. Mengelola stres dengan baik


mengelola stres dengan baik

Pandemi COVID-19 ini dapat menyebabkan stres bagi banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik agar dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain: berbicara dengan teman atau keluarga, melakukan aktivitas yang membuat kita bahagia, atau mencoba meditasi dan relaksasi.

Jika kita merasa kesulitan untuk mengelola stres, dokter penyakit dalam di Jogja dapat memberikan saran dan bantuan. Terlebih lagi, jika kita mengalami gejala-gejala yang mengkhawatirkan, seperti demam, batuk, atau sesak napas, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Mencuci tangan secara teratur


mencuci tangan secara teratur

Terakhir, tetap mencuci tangan secara teratur untuk menghindari penyebaran virus. Gunakan sabun dan air yang mengalir, dan cuci tangan setidaknya selama 20 detik atau lebih. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol setidaknya 60% asalkan digunakan dengan benar.

Dengan melakukan tips kesehatan di rumah ini, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan diri kita agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 ini.

Konsultasi Online dengan Dr. Penyakit Dalam di Jogja

Di era digital seperti sekarang, konsultasi online memang sudah menjadi kebutuhan yang semakin banyak dibutuhkan, terlebih dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan konsultasi kesehatan secara online adalah dengan menghubungi dokter penyakit dalam di Jogja.

Melalui layanan konsultasi online ini, Anda bisa mendapatkan pelayanan medis tanpa harus keluar rumah. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari risiko penularan COVID-19 yang bisa terjadi jika Anda pergi ke fasilitas kesehatan secara langsung.

Bagi Anda yang tinggal di Jogja atau sekitarnya, ada beberapa dokter penyakit dalam yang menyediakan layanan konsultasi online, diantaranya:

1. Dr. Fajar Junita, Sp.PD

Foto Dr. Fajar Junita

Dr. Fajar Junita, Sp.PD merupakan salah satu dokter penyakit dalam di Jogja yang menyediakan layanan konsultasi online. Anda bisa menghubungi beliau melalui aplikasi kesehatan Halodoc atau dengan mengunjungi website resmi rumah sakit tempat beliau bekerja.

2. Dr. Rahmadi Dewi, Sp.PD

Foto Dr. Rahmadi Dewi

Dr. Rahmadi Dewi, Sp.PD juga merupakan dokter penyakit dalam di Jogja yang bisa Anda konsultasikan secara online. Anda bisa menghubungi beliau melalui aplikasi kesehatan KlikDokter atau dengan mengunjungi website resmi rumah sakit tempat beliau bekerja.

3. Dr. Herryanto Taslim, Sp.PD

Foto Dr. Herryanto Taslim

Jika Anda mencari dokter penyakit dalam di Jogja yang menyediakan layanan konsultasi online, maka Dr. Herryanto Taslim, Sp.PD bisa menjadi salah satu pilihan. Anda bisa menghubungi beliau melalui aplikasi kesehatan Alodokter atau dengan mengunjungi website resmi rumah sakit tempat beliau bekerja.

4. Dr. Bambang Nurjaya, Sp.PD

Foto Dr. Bambang Nurjaya

Dr. Bambang Nurjaya, Sp.PD juga merupakan salah satu dokter penyakit dalam di Jogja yang bisa Anda konsultasikan secara online. Anda bisa menghubungi beliau melalui aplikasi kesehatan SehatQ atau dengan mengunjungi website resmi rumah sakit tempat beliau bekerja.

5. Dr. Lilik Sukarmin, Sp.PD

Foto Dr. Lilik Sukarmin

Dr. Lilik Sukarmin, Sp.PD adalah dokter penyakit dalam di Jogja yang mengembangkan fitur konsultasi online di aplikasi K-lik. Beliau juga bisa Anda konsultasikan secara online melalui aplikasi kesehatan Alodokter atau dengan mengunjungi website resmi rumah sakit tempat beliau bekerja.

Itulah beberapa dokter penyakit dalam di Jogja yang menyediakan layanan konsultasi online. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi dokter umum atau dokter spesialis lainnya yang ada di Jogja untuk mendapatkan konsultasi online terkait dengan kondisi kesehatan Anda.

Namun, meskipun konsultasi dilakukan secara online, tetaplah berhati-hati dalam memilih layanan konsultasi. Pastikan Anda menghubungi dokter yang terpercaya dan memiliki kompetensi yang memadai.

Terakhir, pastikan juga untuk memberikan informasi yang akurat dan jelas terkait dengan keluhan kesehatan yang Anda alami ketika melakukan konsultasi online dengan dokter penyakit dalam di Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *