Lafadz Doa Masuk Wc Dan Doa Keluar Wc Lengkap Arab Latin Dan Terjemahannya

Lafadz Doa Masuk Wc Dan Doa Keluar Wc – Kita tentu paham kamar mandi, jamban, atau WC adalah tempat untuk membuang hajat, baik itu hajat kecil maupun hajat besar. Islam menanjurkan kita untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum masuk dan keluar kamar mandi. Lafadz Doa ini sangat singkat dan mudah dipraktekkan untuk sehari-hari.

Doa Masuk WC dan Keluar WC

Lafadz Doa Masuk WC Dan Doa Keluar WC Lengkap Arab Latin Dan Terjemahannya

Berdoa sebelum masuk dan keluar kamar mandi bertujuan agar kita terhindar dari godaan setan, baik setan laki-laki maupun setan perempuan. Berikut ini bacaan doa beserta latin dan artinya, serta adab yang diperlukan ketika berada di kamar mandi.

Doa Masuk WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii A’uudzubika Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa Keluar WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufroonakal Hamdu Lillaahil Ladzii Adzhaba ‘Annil Adzaa Wa ‘Aafaanii

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Berdoa sebelum masuk dan keluar kamar mandi bertujuan agar kita terhindar dari godaan setan, baik setan laki-laki maupun setan perempuan. Berikut ini bacaan doa beserta latin dan artinya, serta adab yang diperlukan ketika berada di kamar mandi.

Setan akan melakukan berbagai macam cara agar manusia melakukan kesalahan. Di mana pun keberadaan kita, tidak akan luput dari godaannya. Termasuk di kamar mandi. Setan juga akan melancarkan aksinya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW  menjelaskan bahwa Iblis ingin memiliki tempat tinggal, layaknya Adam as yang tinggal di bumi.

‘‘Ya Allah, adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),’’ (HR. Bukhari).

Kondisi ini tentu saja membuat Iblis tidak akan tinggal diam ketika kediamannya dimasuki oleh manusia yang menjadi target utama kesesatan mereka. Itulah kenapa Anda diharuskan untuk membaca Doa ini.Banyak diantara Anda yang mungkin lama saat berada di kamar mandi. Hal ini merupakan bentuk salah satu godaan yang dilakukan setan. Para ulama menyarankan agar Anda cepat keluar dari kamar mandi karena tempat ini adalah basecampnya setan.

WC dan semisalnya merupakan tempat kotor yang dihuni oleh syetan, maka sepantasnya seorang hamba meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar ia tidak ditimpa oleh kejelekan makhluk tersebut.

Jika Anda selama ini tidak pernah membaca Lafadz doa masuk wc dan doa keluar wc lengkap arab latin dan terjemahannya, maka sebaiknya Anda subah kebiasaan tersebut. Dengan tidak berdoa terlebih dahulu, maka setan akan mudah melakukan bujuk rayu, padahal dengan Bismillah pandangan setan akan tertutupi. Rasulullah ﷺ mengajarkan doa saat akan masuk ke kamar mandi, diriwayatkan dari Anas, dia berkata, “Ketika masuk kamar kecil (WC) Rasulullah ﷺ membaca doa (yang artinya), ‘Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan’.”