Doa Setelah Memberikan Zakat Dan Sedekah Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Doa Setelah Zakat dan Sedekah – Zakat merupakan kewajiban umat muslim ketika hari raya tiba, sedangkan bersedah adalah sebuah kegiatan untuk memberikan harta kepada seseorang yang lebih membutuhkan. Kedua hal ini mempunyai Doa setelah memberikan zakat dan sedekah lengkap arab dan artinya yang umumnya dibacakan. Amalan-amalan ini bila dilakukan dengan ikhlas, maka Allah akan mengganti dengan rezeki yang ebih banyak dan melimpah.

Doa Setelah Zakat dan Sedekah

Zakat berasal dari kata zaka- yuzkaa- zakaan yang artinya tumbuh dan berkembang. Setelah itu kata zakat yang memiliki artinya pensuci. Dengan kata lain, memberikan zakat diharapkan dapat menjadi pensuci bagi dirinya atau keluarganya terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Zakat adalah salah satu rukun islam yang wajib untuk dilakukan oleh umat islam. Zakat dilakukan dengan cara kita memberikan beras yang memiliki ketentuan berat 2,5 kilogram atau dalam satuan liter sebanyak 4,5 liter.

Pengetahuan Mengenai Zakat

Sebagai umat islam, kita diwajibkan untuk mengetahui syarat zakat, orang-orang yang wajib memberikan zakat, orang-orang yang berhak menerima zakat, manafaat zakat dan sedekah dan doa setelah memberikan zakat dan sedekah lengkap arab latin dan artinya. Berikut beberapa informasi tentang zakat dan sedekah.

  1. Syarat-Syarat Zakat dan Sedekah

Adapun orang-orang yang memberikan zakat dan sedekah haruslah memiliki syarat agar zakat yang dia berikan akan dikatakan sah. Syarat-syaratnya sebagai berikut,

  • Beragama islam
  • Hartanya lebih dari keperluan untuk diri sendiri dan keluarga serta orang-orang yang ditanggungnya.
  1. Orang-orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat dan Sedekah

Jika sudah memenuhi syarat-syarat zakat di atas, orang yang memberikan zakat sudah memenuhi syarat untuk berzakat baik itu anak kecil, remaja maupun orang yang sudah berumur.

  1. Besarnya Zakat Maupun Sedekah

Zakat yang harus dikeluarkan yaitu barang berupa makanan pokok. Jika kita tinggal di Indonesia kita haruslah berzakat beras. Barang bisa ditentukan sendiri sesuai dengan jenis makanan pokok tiap-tiap tempat. Untuk beratnya ketentuannya yaitu sebanyak 2,5 kilogram atau 4,5 liter.

  1. Orang-Orang Yang Berhak Mendapatkan Zakat Dan Sedekah

Mengenai siapa saja orang-orang yang berhak mendapatkan zakan maupun sedekah hal ini telah dijelaskan oleh Allah dalam surat At-Taubah ayat 60, orang-orang tersebut ialah,

  • Orang fakir dan miskin
  • Pengurus zakat maupun amil
  • Oang yang terlilit hutang
  • Mualaf
  • Budak
  • Orang yang berjuang di jalan Allah
  • Musafir, orang yang sedang melakukan perjalanan jauh.

Orang-orang di atas berhak mendapatkan zakat dan sedekah. Dalam memberikannya diperbolehkan untuk memberikannya secara langung kepada si-penerimanya.

Manfaat Memberikan Zakat dan Sedekah

Zakat dan sedekah merupakan salah satu ibadah yang sangat bermanfaat bagi kita maupun orang lain. Untuk diri sendiri kita mendapatkan pahala dan di sisi lain yang menerima zakat beban hidup terasa ringan. Selain itu ada beberapa manfaat zakat dan sedekah antara lain,

  1. Bentuk Ketaatan

Memberikan zakat merupakan bukti ketaatan kita terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah :43).

  1. Dapat Menghapus Dosa

Manusia merupakan makhluk yang jauh dari kesempurnaan dan sering kali melakukan dosa. Oleh sebab itu, zakat ataupun sedekah dapat dijadikan sebagai sarana untuk menghapus dosa, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam

bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi)

  1. Berzakat Ataupun Bersedekah Tidak Akan Mengurangi Harta

Dalam hal ini zakat dan sedekah tidak akan mengurangi jumlah harta bagi si penberi namun akan menambah jumlah hartanya. Dengan kata lain, zakat dans sedekah dapat mendatangkan rezeki lebih banyak dari yang kita berikan.

Doa setelah memberikan zakat dan sedekah lengkap arab latin dan artinya bisa Anda bacakan dalam hati ataupun secara perlahan dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT. Ada beberapa doa yang biasa digunakan ketika selesai menunaikan zakat dan sedekah, doa tersebut dibacakan agar kita senantiasa merasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Jika senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah, maka rezeki akan terus ditambahkan tanpa disangka-sangka.

Bacaan Doa Setelah Zakat Dan Sedekah

Bagi Anda yang penasaran bagaimana bunyi doa untuk orang yang bersedekah kepada seseorang? Ada bacaan doa tersendiri yang umumnya digunakan oleh seseorang ketika telah selesai menunaikan sedekah dan zakat. Doa ini bermakna agar Anda senantiasa rendah hati dan tidak sombong atas nikmat yang telah diterima. Doa-doa yang bisa Anda gunakan antara lain :

Bacaan Doa Setelah Memberikan Zakat dan Sedekah

Doa setelah memberikan zakat dan sedekah lengkap arab latin dan artinyabisa Anda baca pada tulisan berikut. Akan lebih baik jika Anda langsung menghafalkan dan mempraktekkan doa ini agar Allah langsung mencatat amal kebaikan yang Anda lakukan. Dengan adanya doa ini, sang pemberi zakat dan sedekah berharap kepada Allah agar amal dan ibadahnya diterima disisi-Nya. Amalan baik dari sedekah dan zakat supaya diterima, sebaiknya membaca doa yang tertera di bawah ini :

الْعَلِيْمُ السَّمِيْعُ اَنْتَ

اِنَّكَ مِنَّا رَبَّنَاتَقَبَّلْ

ROBBANAA TAQOBBAL MINNAA INNAKA ANGTASS SAMII’UL ‘ALIIMU

Artinya :
Wahai Tuhan kami, terimalah dari kami sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa Ketika Menerima Zakat Atau Sedekah

Doa menerima sedekah dan zakat bisa Anda baca pada ulasan berikut. Ketika ada seseorang yang memberikan sedekah atau zakat kepada Anda, maka ada doa yang baik untuknya agar Allah senantiasa membalas kebaikan orang tersebut. mendoakan orang lain merupakan amal yang paling disukai oleh Allah, karena bisa jadi doa tersebut kembali kepada Anda. Oleh sebab itu, doakan orang-orang yang telah membantu Anda dengan doa yang baik. sebagai contoh doanya adalah :

طَهُوْرًا لَكَ وَجَعَلَهُ اَبْقَيْتَ فِيْمَا

وَبَارَكَ اَعْطَيْتَ

فِيْمَا اللهُ آجَرَكَ

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya:

Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

Keutamaan Sedekah dan Zakat

Zakat berbeda konteks dengan sedekah, karena zakat merupakan rukun islam yang harus ditunaikan dan wajib bagi umat muslim serta terdapat waktu tertentu untuk berzakat yaitu ketika sebelum sholat idul fitri. Sedangkan sedekah adalah suatu kegiatan membelanjakan harta ke jalan Allah yaitu dengan memberikan harta tersebut kepada orang yang lebih membutuhkan. Sedekah ini bisa dilakukan kapan saja, selama Anda ingin memberikannya dengan ikhlas.

Anda bisa gunakan doa setelah memberikan zakat dan sedekah lengkap arab latin dan artinya di atas sebagai suatu informasi penting dan dihafalkan. Doa ini juga akan berbalik kepada Anda atas semua kebaikan yang telah dilakukan.