Lafadz Menjawab Adzan Sholat Waktu Jawaban Sholat

Menjawab Adzan Sholat Waktu Jawaban Sholat – Jika Anda seorang muslim, maka tentunya anda akan merasa terpanggil ketika mendengar suara adzan. Setiap lima waktu yaitu Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya adzan selalu dikumandangkan. Ketika adzan terdengar maka waktunya Anda untuk segera melakukan ibadah sholat sesuai dengan apa yang telah diajarkan.

Supaya anda mendapatkan syafaat, semakin dekat dengan Allah, dan tidak merasa malas melaksanakan ibadah maka anda juga disunnahkan untuk menjawab adzan. Bagaimana cara menjawabnya? Berikut ini lafadz menjawab adzan sholat waktu jawaban sholat yang wajib anda ketahui.

Doa Jawaban Adzan Sholat

Lafadz Menjawab Adzan Sholat Waktu Jawaban Sholat

Adzan Sholat merupakan suatu seruan dari Allah yang dikumandangkan oleh muadzin untuk segera mendekat kepadaNya dan menunaikan ibadah sholat bagi anda seorang muslim. Hal ini tentunya supaya anda mendapatkan kebahagiaan dan kemenangan sesuai yang telah dijanjikan oleh Nya. Agar hal tersebut dapat anda raih, maka lakukanlah adab saat mendengar adzan yaitu dengan menjawabnya. Oleh sebab itu, mari simak ulasan lafadz menjawa adzan sholat waktu jawaban sholat berikut.

Cara Menjawab Adzan Sholat

Jika anda mendengar adzan, maka segeralah menghentikan segala bentuk aktivitas. Kemudian jawablah adzan sholat yang dikumandangkan oleh muadzin. Berikut ini akan diulas bagaimana lafadz menjawab adzan sholat waktu jawaban sholat. Cara menjawab adzan yang dengan membaca bacaan yang sama dengan bacaan adzan itu sendiri. Misalnya yaitu muadzin mengucapkan  اَللهُ اَكْبَر

“Allahu Akbar” yang berarti Allah Maha Besar, maka dijawab dengan jawaban  اَللهُ اَكْبَر .

Hal tersebut berlaku untuk semua bacaan adzan sholat, kecuali dua bacaan yang dijawab dengan lafadz yang berbeda, yaitu:

Ketika Muadzin Membaca

(حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ)  dan  (حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ)

“Hayya‘alashshalaah” dan “Hayya‘alalfalaah” yang berarti Marilah Sholat dan Marilah menuju kemenangan.

Maka dijawab dengan bacaan:

لاحول ولاقوّة الاّ بالله

“Laa haula walaa quwwata illa billahi.”

Artinya : Tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah”

Ketika Adzan Shubuh

Adzan Shubuh memiliki bacaan yang sedikit berbeda. Saat muadzin mengucapkan:

الصّلاة خير من النّوم

“As shalaatu khairum minan naumi.”

Maka bagi anda yang mendengarnya, menjawab dengan bacaan berikut:

صدقت وبررت وانا على ذلك من الشّاهدين

“Shadaqta wabararta wa anaa ‘alaa dzaalika minasy syaahidiina.”

Artinya : benar dan baguslah ucapanmu itu dan akupun atas yang demikian termasuk orang-orang yang menyaksikan.

Cara Menjawab Iqomah

Selain menjawab adzan, kita juga disunnah untuk menjawab Iqomah saat dikumandangkan. Caranya yaitu dengan menjawab sama persis seperti yang diucapkan muadzin. Kecuali pada kalimat “Qad Qaamatish Shalaah” yang dijawab dengan bacaan:

أقامها الله وادامها وجعلني من صالحى أهلها

“Aqaamahallahu wa adaamahaa waja’alani min shaalihi ahliha.”

Artinya : “Semoga Allah mendirikan shalat itu dengan kekalnya, dan semoga Allah menjadikan aku ini, darigolongan orang-orang yang sebaik-baiknya ahli shalat.”

Dan setelah iqomah selesai, kita menjawabnya dengan bacaan berikut:

الّلهمّ ربّ هذه الدّعوة التّامّة

والصّلاة القائمة

صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد

واته سؤله يوم القيامة

“Allaahumma rabba hadzihid da’watit taammati wash-shalaatil qaa-imati, shalli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa aatihi su’lahu yaumal qiyaamati.”

Artinya : “Ya allah Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna, dan memiliki shalat yang ditegakkan, curahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, dan berilah/kabulkan segala permohonannya pada hari kiamat.”

Itulah lafadz menjawab adzan sholat waktu jawaban sholat. Mari kita terapkan bacaan tersebut ketika mendengar adzan sholat. Dan semoga kita semua mendapatkan syafaat dari Allah SWT.

Tags: