Shalat Witir Tata Cara, Niat, Doa, Dan Keutamaan Lengkap Terbaru

Shalat Witir – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang kembali di website doaseharihari, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi pembahasan mengenai berbagai macam doa yang sering kita baca dan panjatkan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari kita.

shalat witir witir

Dan dalam kesempatan kali ini,saya akan membahas mengenai shalat witir, yang di dalamnya juga akan saya bahaskan mengenai tata cara shalat witir, niat sholat witir, doa sholat witir, keutamaan shalat witir, waktu shalat witir, bolehkah sholat tahajud setelah shalat witir, dan dzikir shalat witir.

Shalat Witir

Sholat witir adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki keistimewan. Mulai dari jumlah rakaatnya, paling beda sekali dengan sholat sunnah yang lainnya. Sholat witir juga tentunya memiliki banyak keistimewaan.

Baca Juga : Niat Sholat Jumat

Saking istimewanya sholat witir, Nabi Muhammad SAW tekah mewasiatkan kepada para Sahabat beliau agar selalu mengerjakannya dan jangan sampai meninggalkannya. Sholat witir ini pula lah yang merupakan penutup dari semua sholat malam.

Tata Cara Sholat Witir

Sholat sunnah witir merupakan sholat sunnah muakkad, atau sangat di anjurkan oleh agama. Sholat ini disebut dengan witir karena jumlah rakaatnya ganjil. Ada pendapat dari Abu Hanifah bahwa sholat witir ini wajib, akan tetapi pendapat ini tidak kuat.

1.Waktu Sholat Witir

Untuk waktu pelaksanaannya adalah saat setelah sholat isya sampai terbit nya fajar. Sebagaimana hadits dari Rasulullah SAW.

Imam Ahmad meriwayatkan, kapankah Rasulullah SAW melaksanakan sholat witir:

cara melaksanakan shalat witir
Sumber : http://bersamadakwah.net/

Nabi Muhammad SAW sering mengerjakan sholat witir pada akhir malam.

Sayyid sabiq pernah menjelaskan bahwa disunnahkan untuk melaksanakan sholat witir pada saat permulaan malam, untuk oang yang tidak bisa bangu atau sulit bangun pada saat akhir malam.

Akan tetapi yang palin utama tentunya hadits yang telah diriwayatkan oleh Jabir RA:

tata cara shalat witir setelah tarawih

2.Jumlah Rakaat

Sesuai dengan namanya, sholat witir ini memang sholat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil. Untuk jumlah minimalnya adalah 1 rakaat saja, lalu bisa 3 rakaat, 5 rakaat, atau pun 7 rakaat.

Saad bin Abi Waqash salah satu sahabat nabi pernah ditanya mengapa ia hanya sholat witir 1 rakaat saja dan tidak menambahkannya. Saad pun menjawab karena ia pernah mendengar sabda dari Rasulullah SAW:

tuntunan shalat witir

3.Tata Cara

Dalam pengerjaan sholat witir, di perbolehkan untuk mengerjakan dua-dua rakaat terlebih dahulu lalu diakhiri dengan satu rakaat yang masing-masing dengan satu tasyahud dan dengan satu kali salam, akan tetapi boleh juga untuk melakukan sampi 5 rakaat sekaligus.

Untuk 3 rakaat atau lebih dengan sekali salam, boleh dengan dua tasyahud lalu sekali salam, akan tetapi boleh juga dengan satu tasyahud pada rakaat yang terakhir saja. Sebagaimana hadits yang telah diriwayatkan oleh Ummu salamah:

tata cara sholat witir hadits

Aisyah ra juga meriwayatkan hadits berikut ini:

shalat witir

4.Surat Yang Di Baca

Setelah membaca surah Al Fatihah, boleh untuk membaca surat apa saja yang ada di dalam Al Quran. Namun Apabila mengerjakan sholat witir 3 rakaat, sangat di anjurkan untuk membaca surat Al ‘ala pada rakaat pertama, untuk rakaat kedua di anjurkan untuk membaca surat Al Kafiruun.

Lalu untuk rakaat yang ketiga membaca surat Al Ikhlas, Al falaq, dan juga An Nas. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud dan An Nasai dalam hadits.

Niat Sholat Witir

Semua orang bersepakat bahwa yang namanya niat adalah di dalam hati. Untuk melafalkan niat bukan suatu syarat, hal ini berrti bahwa kita tidak di haruskan untuk melaflkan niat.

Menurut Syaikh Wazhab Az Zuhaili, yang namanya unuk melafalkan niat itu sebenarnya untuk menguatkan hati saat berniat, sedangkan menurut madzhab maliki, di anjurkan untuk tidak melafalkan niat saja, karena tidak ada contoh dari Nabi Muhammad SAW.

Lafadz niat sholat witir satu rakaat adalah sebagai berikut ini:

niat sholat witir 1 rakaat

Lafadz niat sholat witir dua rakaat adalah sebagai berikut ini:

niat sholat witir 2 rakaat

Lafadz niat sholat witir tiga rakaat adalah sebagai berikut ini:

niat sholat witir 3 rakaat

Video Lafadz Sholat Witir

Doa Sholat Witir

Setelah kita mengerjakan sholat witir, maka kita disunnahkan untuk membaca sebanyak 3 kali:

doa sesudah witir

Abu Daud dan An nasai lah yang telah meriwayatkan dzikir di atas tersebut.

Setelah itu membaca doa sholat witir sebagai berikut:

doa setelah sholat witir arab

doa setelah sholat witir arab latin dan artinya

Doa sholat witir di atas merupakan doa yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasai, dan juga Ibnu Majah.

Video Doa Setelah Sholat Witir

Keutamaan Sholat Witir

Ada banyak sekali keutamaan yang dapat kita peroleh apabila rajin dalam mengamalkan sholat witir, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Amal yaumilah yang sering dilakukan atau di kerjakan oleh Nabi Muhammad SAW.
  2. Allah SWT sangat mencintai sholat witir, begitu pula dengan orang yang melaksanakan sholat witir.
  3. Amalan para ahli Al Quran. Para penghafal Al Quran di kalangan sahabat Rasulullah SAW memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk mengerjakan sholat witir. Dan para sahabat inilah yang merupakan sahabat yang paling utama. Amalan ini tentunya sudah di perintahkan oleh Rasulullah SAW agar semakin dicintai oleh Allah SWT.
  4. Sangat ditekankan oleh Rasulullah SAW. Sholat ini sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga ketika beliau mengerjakannya, maka akan beliau lanjutkan penyebutannya.
  5. Diwasiatkan untuk di kerjakan setiap hari. Karena memang solat witir telah di wasiatkan oleh Nabi Muhammad SAW, selain puasa tiga hari setiap bulan dan sholat dhuha dua rakaat.

Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Witir?

Nabi Muhammad SAW selalu mengerjakan sholat sunnah setelah beliau mengerjakan sholat witir. Maka hal ini tentunya memperbolehkan dilaksanankanya sholat tahajud setelah witir, akan tetapi sebelum sholat tahajud, alangkah baiknya apabila kita tidur terlebih dahulu, karena hal ini lebih di utamakan.

Dzikir Setelah Sholat Witir

Berikut ini adalah beberapa dzikir yang bisa anda baca setelah melaksanakan sholat witir:

  1. Yang pertama adalahdzikir tasbih, dzikir ini berisi kalimat Subhanalloh yang artinya Maha suci Allah.
  2. Llau yang kedua dengan membaca Tahmid,yaitu Alhamdulillah yang artinya Segala Puji Bagi Allah.
  3. Membaca dzikir Tahlil, yaitu Lailahaillalloh, memiliki arti Tiada Tuhan Selain Allah.
  4. Dzikir takbir, yaitu kalimat Allohu Akbar, yang artinya adalah Alloh Maha Besar.
  5. Membaca kalimat Istighfar, yang berisi kalimat permohonan maaf dari Allah SWT.
  6. Membaca Sholawat Nabi, yang berisi kalima Allohumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad…..

Demikianlah pembahasan saya mengenai shalat witir,yang di dalamnya juga saya bahsakan mengenai tata cara shalat witir, niat sholat witir, doa sholat witir, keutamaan shalat witir, waktu shalat witir, bolehkah sholat tahajud setelah shalat witir, dan dzikir shalat witir.

Baca Juga : Doa Masuk Masjid

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari tahu mengenai sholat witir, dan semoga setelah ini anda dapat mengamalkannya dengan lebih baik lagi.

Dan saya berpesan kepada anda agar selalu mampir ke website doaseharihari, apabila anda sedang mencari tahu mengenai penjelasan doa apa pun yang sering kta baca dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: