Tata Cara Sholat Tasbih Niat Doa Jenis Dalil Manfaat Keutamaan Terlengkap

Sholat Tasbih – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang kembali di doaseharihari yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari bernagai macam doa atau shola yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

tata cara sholat tasbih dan bacaannya

Dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai doa sebelum tidur, yang di dalamnya juga berisi mengenai pembahasan dari tata cara sholat tasbih, cara sholat tasbih, doa sholat tasbih, waktu sholat tasbih, doa setelah sholat tasbih, niat sholat tasbih, cara sholat yg benar, keajaiban sholat tasbih, keutamaan sholat , bacaan tasbih, manfaat tasbih, tasbih nu, dzikir setelahtasbih, tata cara tasbih dan doanya, cara melakukan tasbih, doa sesudah tasbih, tata cara tasbih dan manfaatnya, tata cara tasbih yang benar.

Sholat Tasbih

Shalat tasbih mungkin masih tergolong jenis sholat yang kurang populer di kalanagn masyarakat, karena memang masih banyak sekali orang yang belum pernah mengerjakan sholat ini. Apabila orang-orang ditanya mengenai sholat ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai sholat ini. Maka dari itu, sebagai umat muslim haruslah menambah ilmu mengenai sholat ini karena hal ini sama sekali tidak ada salahnya.

Sholat ini merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang memiliki keutamaannya sendiri. Yaitu untuk berdzikir dan bertasbih kepada Allah SWT. Sesuai dengan namanya, sholat ini memang digunakan untuk memperbanyak tasbih kita kepada Allah SWT akan tetapi dengan menggunakan cara yang khusus.

Untuk hukum sholat ini sebenarnya sunnah. Sunnah sendiri tentunya adalah sesuatu hal yang apabila kita mengerjakannya akan mendapatkan pahala, dan apabila kita tidak mengerjakannya maka tidak akan mendapatkan dosa. Akan tetapi tentunya tidak merupakan sebuah kesalahan apabila kita mengerjakan sholat ini satu kali seumur hidup kita untuk memperbanyak pahala yang dapat kita jadikan sebagai bekal di akhirat nanti.

Pelaksanaan Shalat Tasbih

Sholat ini sangatlah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah pernah mengatakan bahwa sholat ini dapat dilakukan setiap malam, namun apabila kita tidak mampu bisa saja dilakukan setiap minggu, apabila tidak dapat seminggu sekali bisa sebulan sekali, apabila tidak dapat melakukannya setahun sekali, dan apabila masih belum bisa melakukannya setahun sekali masih dapat melakukannya hanya satu kali seumur hidup. Sungguh keringanan yang sangat besar.

Memang begitulah islam yang tidak pernah memaksakan kehendak setiap umatnya dalam melaksanakan ibadah. Sebab keikhlasan dan ketulusan hati saat melaksanakan ibadahlah yang paling penting, sehingga paksaan dalam islam sangat tidak di benarkan.

Sholat ini telah diriwayatkan bahwa dilakukan dengan 4 rakaat, tentunya dengan memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Apabila dilakukan pada siang hari, lakkanlah 4 rakaat sekaligus dengan satu kali salam.
  • Apabila dilakukan di malam hai, maka bisa untuk melakukannya dengan membagi menjadi 2 salam atau masing-masing 2 rakaat dulu.
  • Untuk tasbih pada setiap rakaatnya berjumlah 75 kali untuksetiap rakaatnya. Apabila kia menjumlahkan keempat rakaatnya, maka kita dapat menemukan jumlah 300 rakaat pada setiap sholat ini.
  • Lebih baik apabila dilakukan setelah melaksanakan sholat hajat.

Macam Atau Jenis Shola Tasbih

Sholat ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu dua rakaat yang dilakukan pada malam hari dan sholat pada malam hari dengan 4 rakaat. Hal yang membedakan jumlah rakaat adalah waktu pelaksanaan sholat ini.

Niat Sholat Tasbih

Salah satu hal yang tidak diperbolehkan untuk dilupakan saat melaksanakan sholat adalah membaca niat. Tentunya untuk niat sholat yang dua rakaat atau pun yang 4 rakaat tentunya memiliki perbedaan. Berikut ini niatnya:

Niat sholat tasbih dua rakaat dan Niat empat rakaat beserta artinya:

niat sholat tasbih
Sumber : https://dalamislam.com/

Dalil Atau Hadist Sholat Tasbih

Sholat ini tentunya memiliki hadits shahih yang menyebutkan pelaksanaan sholat ini. Hadits ini telah diriwayatkan oleh Abu Dawud:

hadits sholat tasbih

hadits melaksanakan sholat tasbih
Sumber : https://muslim.or.id/

Bacaan Yang Dibaca Saat Shalat Tasbih

Sebenarnya shalat tasbih ini tentunya sama saja pengerjaanyya dengan sholat sunnah yang lain. Akan tetapi yang membedakan tentunya adalah pembacaan tasbih. Berikut ini bacaan tasbih yang di baca saat mengerjakan sholat ini:

sholat tasbih siang hari

Tata Cara Sholat Tasbih

Berikut ini tata cara melaksanakan sholat ini yang baik dan benar:

  • Niat. Tentunya niat merupakan salah satu yang wajib.
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Membaca Surat Al Kafirun. Akan lebih baik lagi apabila membaca surat Al-Hadid, Al-Hasyr atau ash shaff.
  • Membaca kalimat tasbih sebanyak 15 kali.
  • Ruku’. Pada gerakan ruku’ ini, doa yang pertama di baca adalah sholawat sebanyak 15 kali. Seteleh itu bacalah doa ruku’ yang biasanya. Setelah itu baru membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali.
  • I’tidal. Bacalah doa i’tidal seperti biasanya, akan tetapi setelah itu membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali.
  • Sujud. Pada gerakan sujud ini juga dilakukan seperti biasa dan dengan membaca doa sujudyang biasanya, tentunya setelah membaca doa sujud harus membaca lagi tasbih sebanyak 10 kali.
  • Duduk diantara dua sujud. Baca juga doa diantara dua sujud seperti biasa dan diikuti dengan membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali.
  • Sujud kembali. Baca doa sujud biasa lalu baca lagi 10 kali kalimat tasbih itu.
  • Melaksanakan rakaat kedua. Apabila baru melaksanakan rakaat yang pertama, maka bisa langsung melnjutkan untuk melaksanakan rakaa yang kedua. Tata caranya sama saja dengan yang dilakukan pada rakaat yang pertama. Saat akan melaksanakan rakaat yang kedua dapat membaca lagi tasbih dengan jumlah 10 kali bacaan.
  • Salam. Baca juga tasbih sebanyak 10 kali sebelum salam atau setelah kita membaca doa tahiyat akhir.
  • Membaca doa sehabis salam. Doanya adalah sebagai berikut ini beserta artinya:

doa setelah salam sholat tasbih

Video Tata Cara Sholat Tasbih

Untuk menambahkag gambaran kepada anda, berikut ini video mengenai tata cara shalat tasbih yang benar:

Doa Setelah Sholat Tasbih

Setelah melaksanakan semua rakaat sholatnya. Maka langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan membaca doa setelah sholatnya sebagai berikut ini:

doa setelah sholat tasbih latin

Keutamaan Shalat Tasbih

Sholat ini tentunya memiliki beberapa keutamaan yang dapat kita peroleh apabila dapat mengerjakannya dengan hati yang ikhlas dan tulus hanya kepada Allah SWT. Dan berikut ini adalah beberapa keutamaan yang dapat kita peroleh:

  • Sholat yang isi kalimatnya telah dipilihkan sendiri oleh Allah SWT.
  • Timbangan amal akan diberatkan.
  • Penghapus dari segala dosa.
  • Akan diberi perkebunan kurma di surga nanti.
  • Menghindarkan dari segala kesedihan dan dihindarkan juga dari segala mara bahaya dan penyakit.
  • Sholat ini bisa dipakai sebagai senjata untuk menghadapi persoalan yang besar.
  • Dapat dijadikan juga sebagai senjata saat menghadapi krisi makanan pada saat dajjal keluar.

Manfaat Sholat Tasbih

Selain keutamaan, tentunya sholat ini juga memiliki bebrapa menfaat, antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Menentramkan batin. Didalam sholat ini tentunya kita akan lebih banyak lagi mengucapkan nama Allah sehingga akan menjadi lebih tentram hatinya.
  • Terhapusnya dosa. Orang yang melaksanakan sholat ini akan diampuni segala dosanya. Walaupun itu banyanya seluas lautan.
  • Mendatangkan pahala. Amalan sunnah memang tidak akan mendapatkan dosa apabila kita tidak melaksanakannya, akan tetapi tentunya menjadi lebih baik apabila kita melaksanakannya untuk sebagai tabungan pahala di akhirat nanti.

Demikianlah pembahsan yang dapat saya lakukan mengenai shalat tasbih, yang di dalamnya juga berisi mengenai tata cara sholat, cara tasbih, doa tasbih, waktu sholat, doa setelah sholat, niat sholat, cara tasbih yg benar, keajaiban tasbih, keutamaan solat , bacaan tasbih, manfaat tasbih, sholat nu, dzikir setelah sholat, tata cara sholat dan doanya, cara melakukan shalat doa sesudah sholat, tata cara sholat dan manfaatnyatata cara sholat yang benar.

Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai sholat ini, dan saya berharap kepada anda semua agar melaksanakan sholat ini karena akan diampuni segala dosa, tentunya manusia tidak akan lepas dari dosa walaupun sekecil apa pun dosa tersebut.

Dan saya berpesan kepada anda semua agar selalu mampir ke website doaseharihari apabila sedang mencari tahu mengenai doa sehari-hari atau pun dosa sholat yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags: