Teks Bacaan Surat Al-Ashr  (Masa) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahanya

Teks Bacaan Surat Al-Ashr – Allah SWT menurunkan Al-Qur’an secara berangsur-angsur, tida turun secara sekaligus. Al-qur’an diturunan sebagai jawaban atas pertanyaan para sahabat Rasulullah SAW, atau pertanyaan orang kafir yang dilontarkan kepada Rasulullah SAW, serta untuk membenarkan tindakan RAsulullah SAW, atau berisi mengenai kisah-kisah umat terdahulu. Selalu ada masud dan tujuan diturunkanya setiap surat di dalam AL-Qur’an. Surat Al-Ashr merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran, ada sebab kenapa surat ini diturunkan oleh Allah SWT. Berikut Asbabun Nuzul atau sebab turunya surat Al-Ashr.

Teks Bacaan Surat Al-Ashr (Masa) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahanya

Asbabun Nuzul Surat Al-Ashr

Surat ini merupakan surat ke 103 di dalam Al-Quran, surat ini terdiri dari tiga ayat serta termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Sebab turunya surat ini berkaitan dengan kebiasaan orang Arab pada saat itu. Pada saat itu orang Arab memiliki kebiasaan berkumpul pada waktu sore, mereka berkumpul untuk sekadar bercakap-cakap menegani semua hal yang berusuran dengan kehidupan seharai-hari, banyak juga yang membanggakan nenek moyangnya, membicarakan soal kedudukan dan harta benda.

Akibat dari hal tersebut sering terjadi pertengkaran, serat rasa iri satu dengan yang lainya yang mengakibatan permusuhan. Melihat kenyataan yang begitu, banyak dari mereka yang mengutuk waktu asar, mereka beranggapan waktu asar adalah waktu yang celaka karena banyak bahaya yang terjadi watu asar.

Berkenaan dengan hal tersebutlah Allah SWT menurunkan Surat Al-Ashr. Surat ini sebagai penegasan bahwa tidak ada yang salah terhadap waktu asar, semua kesalahan itu disebabkan oleh manusia yang menggunakan waktu asar tersebut untuk hal-hal yang ada manfaatnya.

Fadhilah Surat Al-Ashr

Berikut ini adalah beberapa fadhilah dari surat Al-Ashr

  • Menjaga waktu

Islam sangat menghargai waktu, waktu jelas tida akan dapat diulang kembali. Waktu lebih mahal dari emas atau bahkan berlian. Dalam surat Al-Ashr mengajarkan agar selalu menghargai waktu, dengan cara menggunakan waktu sebaik mungkin, jangan menggunaan waktu untuk hal-hal yang ada manfaatnya. Maka anda sebagai umat muslim harus dapat menggunakan waktu sebaik mungkin, jangan melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya.

  • Menjaga Kesabaran

Disebutkan di dalam surat Al-Ashr bahwa manusia itu berada di dalam kerugian, keculai orang-orang beriman dan menasehati unut kebenaran dan kesabaran. Dengan membaca surat Al-Ashr ini diharapkan agar setiap umat muslim untuk selalu bersabar. Sabra itu dengan menjaga lisan, dan serta anggota tubuh lainya dari segala perbuatan yang dapat mendatangkan murka Allah SWT.

  • Pengingat Agar Tidak Menjadi Orang yang merugi

Biasanya surat Al-Ashr akan selalau dibacakan ketika telah selesai menghadiri majelis, atau surat yang selalu di baca di sekolah-seolah ketika telah selesai waktu belajar di sekolah. Sanagt dianjurkan memang membaca surat ini ketika akan meninggalkan majelis, hal ini dikarenakan dengan membaca surat Al-Ashr diharapkan agar orang-orang dapat selalu menghargai waktu.

  • Mengingatkan Agar Selalu Beramal Saleh

dengan memabaca surat ini, anda juga diharapkan agar selalu beramal saleh, dan selalu mempunyai waktu untuk beribadah kepada Allah SWT serta selalu saling menasehati dalam hal kebenaran. Semua hal itu dilakukan agar anda bukan termasuk golongan orang yang merugi.

Itulah beberapa fadhilah dari surat Al-Ashr, surat ini mengajarkan umat muslim untuk menghargai setiap detik waktu yang diberikan oleh Allah SWT. Jangan sampai ada penyesalan kerana telah menggunkan waktu untuk hal yang buruk, selalu ingat bahwa waktu itu tidak dapat diulang.

Teks Bacaan Surat Al-Ashr Beserta Arti dan Terjemahannya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالْعَصْرِۙ – ١

Demi masa,

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ – ٢

sungguh, manusia berada dalam kerugian,

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا

وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ

وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ࣖ – ٣

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Tafsir Surat Al-Ashr Menurut Tafsir Al-Jalalain

01. (Demi masa) atau zaman atau waktu yang dimulai dari tergelincirnya matahari hingga terbenamnya; maksudnya adalah waktu salat Asar.

02. (Sesungguhnya manusia itu) yang dimaksud adalah jenis manusia (benar-benar berada dalam kerugian) di dalam perniagaannya.

03. (Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh) mereka tidak termasuk orang-orang yang merugi di dalam perniagaannya (dan nasihat-menasihati) artinya sebagian di antara mereka menasihati sebagian yang lainnya (supaya menaati kebenaran) yaitu iman (dan nasihat-menasihati dengan kesabaran) yaitu di dalam menjalankan amal ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.