fbpx
Beranda / Al-Qur'an / Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas – Allah SWT menurunkan kitab-kitabnya untuk dijadikan pedoman hidup umat manusia. Begitu pula dengan kitab Al-qur’an yang diturunkan oleh Allah SWT, sebagai pedoman hidup umat muslim. Kibat Al-qur’an adalah kitab yang selalu dijaga keaslianya oleh Allah SWT. Setiap surat dalam Al-qur’an memiliki Asbabun Nuzulnya masing-masing. Tidak terkucuali surat Al-Iklas. Surat yang berisi poko-pokok tauhid ini, juga memilki fadillah yang bisa anda ambil manfaatnya.

Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya
Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah) Arab Latin Indonesia dan Arti Terjemahannya

Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlas

Surat ini turun di kota Mekkah, sehingga surat ini termasuk golongan surat makkiyah. Surat ini hanya terdiri dari empat ayat. Surat ini berisi mengenai ajaran pokok-pokok tauhid. Ada beberapa hadist yang menjelaskan mengenai Asbabun Nuzul dari surat Al-Ikhlas. Salah satu haditsnya adalah hadits riwayat Abusy Syaiikh dalam kitab AL-‘Azgamah dari Aban, bersumber dari Anas, di dalam hadist tersebut meriwayatkan bahwa Yuhid Khaibar menghadap Nabi Muhammad SAW, Yuhid Kaibar meminta kepada nabi Muhammad SAW untuk menerangkan mengenai Allah SWT.

Tapi Rasulullah pada saat itu tidak dapat menjawab permintaan tersebut, sehingga pada saat itu juga malaikat Jibril turun untuk menyampaikan wahyu, yaitu berupa surat Al-Ikhlas kepada Nabi Muhammad SAW. Surat Al-Ikhlas berisi mengenai sifat –sifat Allah SWT, diturunkanya surat ini adalah sebgai jawaban atas permintaan kaum musryikin yang meminta kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjelaskan mengenai Allah SWT.

Fadillah Surat Al-Ikhlas

Jika anda rajin membaca surat Al-Iklas, maka anda akan mendapatkan menfaat dari surat Al-Ikhlas sesuai dengan Fadillah Surat Al-Iklas. Berikut ini adalah fadillah dari Surat Al-Ikhlas.

  • Berlimpah Pahala

Surat Al-Ikhlas surat yang pendek, dan mungkin juga surat ini adalah salah satu surat yang anda baca di setiap menjalankan salat. Meskipun surat ini pendek, bukan berarti membaca surat ini hanya akan mendatangkan pahala yang sedikit. Ada berbagai pendapat mengenai surat Al-Iklas. salah satu nya adalah pendapat bahwa membaca surat Al-Iklas, pahalanya sama seperti membaca sepertiga Al-qur’an. Dalam hadist riwayat Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah, mengatakan bahwa keistimewaan surat ini adalah kedudukanya sama dengan sepertiga Al-qur’an.

  • Akan Masuk Surga

Jika anda selalu membaca surat Al-Ikhlas sebanyak lima puluh kali dalam satu hari, maka Insya Allah anda akan dapat masuk ke dalam surga. salah satu riwayat yang disampaiakn Jabir bin Abdullah, dalam riwayat tersebut menjelaskan bahwa ketika seseorang rajin membaca surat Al-Ikhlas setiap hari sebanyak lima puluh kali, maka saat hari kiamat orang tersebut akan dibangunkan dari kuburnya dan akan diijinkan untuk masuk ke dalam surga.

  • Membangun Istana di Surga

Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak sepuluk kali berturut-turun, maka itu sama saja dengan membangun satu istana di surga. berlaku juga untuk setiap kelipatanya, itu berarti jika mampu membaca surat Al-Ikhlas sebanyak dua puluh kali berturut-turu, maka dia yang membaca berhak mendapatkan dua istana di surga.

  • Akan Dijaga Dari segala keburukan

Waktu terbaik untuk Membaca surta Al-Ikhlas adalah saat pagi dan petang, serta membaca surat  Al-Ikhlas bersama dengan surat Al-Falaq dan surat An-Nas, masing-masing dibaca sebanyak tiga kali, maka Insya Allah akan selalu dijaga dari segala sesuatu yang buruk. Untuk itu agar selalu terhindar dari segala sesuatu yang buruk, anda dapat membaca ketiga surat tersebut sebanyak masing-masing tiga kali.

Itulah beberapa fadillah dari surat Al-Iklas. Segala Fadillah dari surat Al-Ikhlas akan bisa anda rasakan, jika anda iklas membaca hanya karena Allah SWT. Melakukan segala sesuatu tanpa rasa iklas tentunya akan sia-sia saja.

Teks Bacaan Surat Al-Ikhlas beserta Arti terjemahannya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ – ١

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ – ٢

Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ – ٣

(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ – ٤

Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

 

Tafsir Surat Al-Ikhlas Jalalain

001. (Katakanlah, “Dialah Allah Yang Maha Esa”) lafal Allah adalah Khabar dari lafal Huwa, sedangkan lafal Ahadun adalah Badal dari lafal Allah, atau Khabar kedua dari lafal Huwa.

002. (Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu) lafal ayat ini terdiri dari Mubtada dan Khabar; artinya Dia adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu untuk selama-lamanya.

003. (Dia tiada beranak) karena tiada yang menyamai-Nya (dan tiada pula diperanakkan) karena mustahil hal ini terjadi bagi- Nya.

004. (Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia) atau yang sebanding dengan-Nya, lafal Lahu berta’alluq kepada lafal Kufuwan. Lafal Lahu ini didahulukan karena dialah yang menjadi subjek penafian; kemudian lafal Ahadun diakhirkan letaknya padahal ia sebagai isim dari lafal Yakun, sedangkan Khabar yang seharusnya berada di akhir mendahuluinya; demikian itu karena demi menjaga Fashilah atau kesamaan bunyi pada akhir ayat.

Tinggalkan komentar